Saturday, May 3, 2008

akhirnya, Harry Potter and the Deathly Hallows ! xD

akhirnya menyelesaikan Harry Potter and The Deathly Hallows dalam 5 harii ! xD



senang senang senang rasanya bisa menyelesaikan novel tersebut. teringat akan gw yang mupeng sirik naksir ngiler dari awal bulan bulan lalu pas nglyat temen2 gw ud pada pnya buku harpot edisi English, dah pada baca, dah pada diskusi tentang cerita2 di dalemnya.. uhhh ! akhirnya ke sana ke mari nyari ebooknya.. yang berakhir semuanya adalah ebook palsu !! huhu.. lalu memutuskan untuk menunggu dengan sabar hingga edisi bahasa indonesianya keluar. tapi walopun udah beli, tetep ga bisa baca juga :( soalnya ud tggl beberapa bulan sebelum ujian. walopun yakin gw kl baca itu novel toh ga akan makan waktu lama bgt ( krn taw gw pasti akan sangat penasaran dan ga akan membiarkan membacanya terlalu lama, tancep teruss ! xD ), tapi gw memutuskan spy novel itu bkl jadi hadiah kemenangan bwat gw sendiri nantinya setelah gw selese uan.. niat yang bagus, dan alhamdulillah bisa terlaksanakan :D

ihh, introduksinya kepanjangan amat ! * br sadar mbak ? xP * langsung ke komen gw aja deh

gw salut bgt sama JK Rowling yang bisa mengakhiri serial Harry Potter dengan SANGAT BAGUSS ! kisah Harry Potter di setiap bukunya memang menarik, tapi dengan membuat Harry tidak kembali ke Hogwarts adalah permulaan yang cukup baik. karena dengan begini, para pembaca jadi lebih taw tentang berbagai hal di dunia sihir, tidak hanya terbatas pada Hogwarts saja. jalinan ceritanya juga terus sambung menyambung. tokoh2 yang sebelumnya hadir pada buku 1-6 juga kembali dimunculkan. hal ini membuat gw jg jadi pengen baca buku2 yg sebelumnya, sekedar mengingatkan orang ini ud ngapain aja yaa di cerita sebelumnya, dll. keberanian JK Rowling untuk membunuhi satu per satu karakter yang dibuatnya juga patut diacungi jempol ! apalagi banyak karakter yang dibunuh sebenarnya masi bisa digali lebi dalam, tapi dengan jelas, tetap dia melanjutkan niatnya tersebut. sedih sih, tapi itu jg bagian dari pendewasaan sang tokoh utama sendiri. dan kalo kebanyakan pemeran pembantu, tar mala kiprah si Harry gak kliatan dong di cerita tsb ? ya kan ? hwehehe

penggambaran setting tempat, latar suasana maupun tokoh juga bagus bangett ! khusus tentang poin ini, JK Rowling emg pinter bgt ! walaupun dia menggambarkan tiap2 bagian dengan cukup detil, tetapi imajinasi pembaca juga turut serta dibawa ke dalamnya sehingga pendeskripisian yang tertulis tidak menjadi harga mati yang memang harus begitu adanya, tapi tetep mengajak para pembaca untuk ikut menghayatinya.

khusus penggambaran tokoh, gw suka banget sama penggambaran tokoh utama sang Harry Potter nya sendiri ! tentang seorang anak yang menjadi satu2nya harapan, tumpuan, memiliki beragam keahlian, tapi tetep manusiawi banget. dan tetep emosi anak usia 17 taunnya kerasa lah. ga berasa dibuat2.

ada orang2 yg bilang ke gw kl mereka ga terlalu suka sama tokoh dumbledore di buku ini. rasanya dumbledore dianggep sbg dewa banget gtu. dan walopun dya udah mati, tetep aj dya disebut sama banyaknya pas dya masi idup. tapi gw ga sependapat sama mereka. menurut gw dumbledore pun digambarkan sbg tokoh yang manusiawi. hal itu terbukti saat penceritaan masa lalu dumbledore yang kelam menyangkut kematian adiknya, Ariana, dan pertemanannya dengan Grindelwald. walopun tetep lah yaa, dsana digambarkan bahwa, meski memiliki masa lalu yang kelam, dumbledore tetaplah menjadi seorang yang sangat dihormati karena jasa2nya..

novel ini juga memuat beberapa kalimat yang sebenernya kalo dipikir biasa2 aja, tapi kalo dibaca terus bersama2 cerita lainnya juga bakal bikin kita senyum2 sendiri. kek ocehannya Fred dan George ( huhu, sayang sekali kenapa setelah itu Fred harus mati.. x( ), omongan2nya Ron, dll. hm, kl diperhatikan, karena saia membaca Harry Potter edisi bahasa indonesia, akan terdapat kalimat2 yang berbeda dengan yang benar2 dimaksutkan oleh JK Rowling, yaitu di bagian leluconnya. mungkin langkah tersebut diambil oleh sang penerjemah karena kalo diterjemahin ke bahasa indonesia, lelucon itu jadi ga masuk kali yaa. soalnya leluconnya semacem kek menyalahartikan kata dalam bahasa inggris gtu. kl diterjemahin ke b.indo artinya jd jauhh bgt dan ga bisa disambung2in, makanya diganti. tapi jadi rada aneh sendiri sih pas baca. hahaha.

cuma yang jadi kekurangan di buku ini adalah pada bagian epilognya. rasanya kurang greget aja gtu. setelah berdebar2 membaca lembar demi lembar yang isinya petualangan mencekam ( halahh ), epilognya mala terkesan biasa2 saja. mungkin JK Rowling berpikir para pembaca udah pd capek kali ya disuguhi berbagai petualangan yang menguras imajinasi. jadi yaa, epilognya dbikin yang gampang dicerna aja deh ga usa pake mikir yang aneh2, hahaha

emang rasanya telat banget sih hari genee masi ngereview ttg harry potter yg ketujuh. pdhl ud byk bgt org yg ud selese baca dari kapan taw, ahaha. tapi gw bersyukur koq serial ini berakhir. walopun rada sedih juga.. yah, daripada ujung2nya dipanjang2in kek sinet indo ?! mending diakhiri dengan indah saja kan ? :) hahaha * bwat penggemar sinet indo, sori dori mori yak ! xP *

and also, HARRY POTTER IS THE BEST ADVENTURE BOOK I EVER READ.. !
bwat yang belom baca, nyesel banget dehh ngelewatin buku dengan cerita sebagus inii !

next : Twilight, Supernova : Putri, Ksatria dan Bintang Jatuh, Princess Diaries : Princess on the Brink, Travellers Tale, Teenlit : Marshmallow Coklat, Da Peci Code, Babi Ngesot by Raditya Dika

uhh, jadi ga sabar..
MARI KITA BERPESTA NOVELLLL ! XD

= to be continued =

* alhamdulillah ujian jermannya lancar. untung temen yg jd pasangan gw emg expert bgt dalam hal hapal menghapal :) trus tadi ujian praktek b.indo berbicara. agak2 ga lancar sih emg. dan beberapa ad yg mala kecampur bahasa gaul gtu, huhu. tapi gapapa lah. yang penting itu smua udah lewat.. sekarang waktunya mengkhawatirkan hal yg lain. ujian praktek pelajaran lain yg masi sampe minggu depan, yang setelah itu masi disambung uas, juga hari ultah gw sendiri, hihihiy.. ;)

8 comments:

Rezki said...

Wew..5 hari..buset dah..dsana bhsa asingnya jerman yah?

alia pewe said...
This comment has been removed by the author.
alia pewe said...

@ rezki : temenku mala ad yg baca edisi inggrisnya cm 2 hari rez..
pas kelas 1 n 2 angkatanku belajarnya jepang
tapi pas kelas 3 dganti jerman,,
* huhu, pdhl ud pewe belajar jepang, knapa mesti dgantiii.. T_T *

Arimbi said...

gw dong tamatin deadly hallows 2 hari (hhaha pamer)

gw setuju, epilog nya gak penting banget dan malah ngerusak. tp kayaknya emang ending2nya dibkin harry potter adalah cerita anak2, jd gak gloomy2 bgt (kayak buku2 sebelumnya).

adityap said...

fyi, gw sama adek gw baca yg bhs inggris cukup semalam saja :D

alia pewe said...

@ rezki : tuh kan org yg baca harpot cm dua hari ngaku sendiri di blog alia ( sambil nunjuk2 arimbi, hihiy )

@ arimbi : iya sih
mungkin emg si jk mo ngembaliin ke bentuk asal novel harpot yang mestinya emg novel anak2
tapi ngebaca bagian tsb mala rasanya jd menghilangkan feel yg ud dibangun dari awal cerita..

Sary Day said...

mba belom baca neh..huhuhu..bete deh karena penasaran..

pusing baca lama-lama.. :(

infogue said...

Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

http://www.infogue.com
http://buku.infogue.com/akhirnya_harry_potter_and_deathly

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis