Thursday, September 24, 2015

Selamat Hari Raya Idul Adha 1436 H / 2015


Selamat hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1436 H / 24 September 2015 ya teman. Mohon maaf atas kesalahan yang pernah saya lakukan. Semoga amal ibadah kita, baik yang sedang menjalankan haji, kemarin berpuasa arafah, dan hari ini menunaikan shalat ied dan berkurban bisa diterima oleh Allah SWT, amin amin amin.

Tahun ini saya tidak menulis post tentang beberapa website online yang mengadakan kurban. Sebenarnya website-website itu masih banyak tersebar di dunia maya, tetapi akhirnya saya pribadi memilih untuk berkurban di musola dekat rumah saja. Ini gegara kejadian tahun lalu (link) beli kurban via online tapi penyelesaiannya kurang memuaskan. Btw, ini zaman udah canggih banget ya,  beli baju sepatu buku online udah biasa, sekarang kurban udah online juga hihi.

Ya kalau ternyata ada yang dekat dengan cara yang mudah dan cepat, plus di sekitar rumah juga masih banyak yang membutuhkan, memang baiknya kita memilih yang dekat dulu saja ya :D

Masih menunggu bisa menulis blog dengan proper nih. Minggu lalu saya tidak punya hari libur. Minggu ini hanya libur di hari ini, yang mana nanti siang saya akan pergi ke rumah saudara juga, jadi kayaknya tidak bisa menulis postingan lain selain tentang Idul Adha ini. Oya, sempet menulis karena tahun ini saya kombo, nggak bisa shalat Idul Fitri dan Idul Adha karena jadwal libur shalatnya telah tiba :P

Baiklah, sampai jumpa di postingan blog selanjutnya, mungkin di minggu depan ya :)

= to be continued =

Saturday, September 12, 2015

Template Post Kebanyakan untuk Blog di 2015

Kesal adalah mau mengganti template blog tapi ternyata ilmu buat ngutak-ngatik template blog nggak ada sama-sekali. Template yang ditaksir sudah ada, tapi ada beberapa yang harus disesuaikan dan saya nggak tahu caranya. Saya sudah mencoba beberapa template dan buat saya masih kurang sreg. Buktinya, lihat aja bagian link list sudah menghilang semua akibat saya iseng coba-coba template.

Paling mendasar adalah ternyata saya baru ngeh banget kalau foto yang saya upload di setiap postingan itu ukurannya berbeda-beda and I am fine with it. Sedangkan di template baru ini, mereka bisa mengeset agar foto yang diupload bisa memiliki ukuran yang sama. Yang terjadi adalah foto-foto lama saya semuanya jadi ter-stretch hingga pecah atau memiliki ukuran super aneh yang membuatnya tidak enak dipandang lagi.

Lalu template post yang hampir sama semua dengan isinya sebagai berikut:

Judul
Foto
Tulisan

Padahal saya lebih suka mengisi postingan dengan urutan:

Judul
Tulisan
Foto
Tulisan

Dan ini semuanya sudah otomatis sehingga saya jadi ngerasa kok ini template semacam ngatur cara saya mau posting sih, hahah.

Pantesan aja sekalinya udah ngerasa nyaman dengan satu template jadi males mau ganti ya. Ada yang pernah berpengalaman dengan ini? :'(

Sesungguhnya sih karena ini hanyalah blog pribadi, nggak segitu pentingnya juga mau mengganti sampai mau mengeluarkan uang. Tapi ya gitu, penasaran aja mau nyobain lalala~

= to be continued =

Thursday, September 10, 2015

10 Years with Widiyong and Lija


Aliyong dan Widiyong.
Tapi nama gw nggak jadi Lizong ya ๐Ÿ˜‚

10 tahun menjalin persahabatan dengan mereka. Dari anak SMA polos yang suka baca komik sampe perempuan dewasa yang sesekali baca novel roman picisan. Dari anak SMA yang tinggal sama orang tua sampe anak kuliah yang bahu membahu mengarungi bahtera kos-kosan. Dari anak SMA yang suka makan Soto Madura sampe perempuan dewasa yang suka makan cheese cake.

Pokoknya banyak metamorfosis yang terjadi tetapi berita baiknya, dari dulu sampe sekarang kita masih bareng ๐Ÿ’—๐Ÿ’—๐Ÿ’—

#BestFriends

Repost dari blognya Liza Farihah (link).

Thank you :)

= to be continued =

Monday, September 7, 2015

Going to Books and Beyond Pacific Place in 160815

Sunday, August 16th 2015, I go to Books and Beyonds in Pacific Place, Jakarta. It was unintentionally, I go there because I have to wait Mas Ndut meeting with his colleagues (yes, he has meeting on SUNDAY! Ha ha). The bookstore is not too big, but it is comfortable. The books they have mostly imported from another country.



This rack of self development books is catching the most of my attention. Maybe it's because I don't know what kind of novel is good for me right now, and this kind of self development books usually match whoever need to motivate their life.


I have seen this series of "Big Ideas Simply Explained" several times in some book stores. The book explain about psychology, economics, philosophy, science, and religion in easy way and a lot of pictures. I would love to have all of the books, but it's pricey so I choose not to buy now, huhu.

Then I arrived to section about adult's coloring books. 


I think this book is perfect for adult who wants to get rid their stress and need to find their inner child enthusiasm to light up their life. The book is so interesting and I almost buy it. Luckily I have a chance to take a sneak peak and realize that the author is making the picture so detailed. I am a little bit worried I become lazy and not doing this book in the future, hahah. Beside the book is quite expensive too. If you want to know what adult's coloring book looks like, you can get it for free in here (link).


In the previous paragraph, I write that I don't have the interest to go to the novel section. Well, the fact is I still have the interest, when I see these Harry Potter book, hahah :'D. I already have one set of 7 Harry Potter books. But seeing this Harry Potter novel with new cover still makes me want to buy them, ckck.


Books and Beyond also have a unique program which called "Blind Date with A Book". They let you buy three books which have the same theme like Children Activity, Sport, Romance, etc, for Rp159.000,00. This program is good for people that likes to judge a book by its cover :P

So, after walking around this tiny but lovely bookstore, I choose to buy this book.


It's called "Q&A a Day for Me". It's a 3 year journal that have 365 daily questions and 3 columns for us to write the answer. Question like,

"Books I couldn't put down.."
"Who is your favourite teacher?"
"What would you do if you have a magic wand?"
Etc.

I think this book has an amazing ideas to light up my everyday routines with ordinary question which sometimes makes me think about how my life is going on. But I have to really focus to keep writing and keep this book to see how much I change through the entire 3 years. Let's see if I can keep this book and patiently writing in it :D

The funny things come in the end when I pay the book. So, Books and Beyond give 17% off for any book you purchase until August 31st 2015. The discount is to commemorate Indonesia independence day. And the amount of price I have to pay is



Rp178.450,00!

I really check to the cashier twice that they are not making this purposely because tomorrow is Indonesia independence day. But no, I just get lucky they said :))

= to be continued =

Friday, September 4, 2015

Template Blog Whimsy Sudah 7 Tahun

Kepikiran untuk mengganti template blog. Template blog yang sekarang ini sudah berjalan selama kira-kira 7 tahun lamanya sejak tahun 2008 (link). Oiya, link yang ada di situ memperlihatkan template blog yang sebelumnya ya. Template blog yang sekarang didapat dari website ini (link). Sayangnya website tersebut sekarang sudah tidak memberikan template blog gratisan, semuanya jadi berbayar.

Template yang sekarang sebenarnya yang ingin diperbaiki adalah lebar kolom tulisan dan ukuran fontnya. Saya masih suka dengan background putih, rasanya bersih dan simpel.

Setelah mencari ke beberapa situs, ternyata tren (kalau boleh dibilang tren ya, hehe) template blog sekarang adalah yang memberikan halaman cukup besar untuk posting foto. Terus itu bikin saya galau karena saya tidak biasa memajang foto besar. Justru di template blog yang sekarang, foto yang ada sering sekali saya resize. Kualitas foto dari handphone yang sekarang juga saya rasa tidak bisa mengimbangi kualitas foto yang sekarang dihasilkan banyak orang.

Tapi hidup harus terus berjalan, kan? :)

Saya apa banget ya galau cuma gegara template blog doang :'D There are so much people having bigger problem. And mine now, is choosing the best template for my blog :'D

Berikut beberapa template blog yang saya taksir beberapa waktu ini. Masih belum tahu sih kapan akan diganti. Soalnya kalau mau ganti itu harus ngurusin sidebarnya juga. Coba bisa sekalian dicopas ya. Saya sering padahal cuma mau coba melihat demonya kalau dicoba ke postingan saya, eh semua sidebarnya hilang. Batal ganti template, tapi tetep mesti ngulik sidebarnya biar balik lagi heuheu.


Personal (link

Sorbet (link)

Ripple (link)

Well, let's see kapan jadinya saya punya kesempatan untuk mengubah tampilan blog ini ya :P

= to be continued =

Thursday, September 3, 2015

Logo Baru Google September 2015

Kemarin saya baru tahu kalau situs pencari nomor 1 di dunia, Google, baru saja meluncurkan logo baru. Logo baru ini muncul setelah 17 tahun Google setia dengan logo yang dia buat pada tahun 1998. Memang sempat ada perubahan dari tahun 1998, tapi perubahan itu hanya seputar kecerahan dan bayangan yang ada di tulisan, sedangkan font dan warna yang dipakai tetap sama.


Logo Google dari masa ke masa
Sumber: Kompas.com (link)

Perubahan logo ini dilakukan agar tampilan lebih sesuai ketika dibuka dengan berbagai macam perangkat. Logo Google sebelumnya memiliki ukuran sebesar 14.000 bytes, hal ini membuat orang-orang yang membuka website Google dengan kecepatan internet lambat memerlukan waktu yang lebih lama. Logo baru Google memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu 305 bytes saja sehingga akan terlihat sama di berbagai perangkat maupun kecepatan.

Perubahan logo ini ternyata berkaitan dengan bergabungnya Google dengan sebuah perusahaan induk baru (holding company) yang bernama Alphabet. Google memiliki banyak produk seperti Android, Google Maps, Blogger, Google+, dll. Alphabet akan menjadi perusahaan induk bagi semuanya, sehingga keputusan ini sebenarnya adalah agar Google bisa fokus dengan tugasnya sebagai mesin pencari, dan perusahaan induk Alphabet yang akan menangani berbagai produk lainnya. Informasi lengkap bisa dibaca di sini (link).

Ada 3 macam logo yang diluncurkan, yaitu:

1. Logo Google versi sans serif yang muncul di home website
2. Logo berbentuk empat titik
3. Logo Google dengan huruf "G" saja yang menjadi icon untuk tab

Ketiga logo yang ada sama-sama menggunakan warna biru, merah, kuning tua, dan hijau. Google memperkenalkan logo barunya lewat video yang tayang setiap kali kita membuka home websitenya. Videonya berupa tangan yang menulis logo baru Google dengan kapur, yang kemudian berubah menjadi logo yang sebenarnya, muncul logo empat titik, logo huruf "G" saja, kembali ke logo Google yang baru. Tak lupa ada tambahan untuk "memiringkan" huruf "E" di akhir kata Google. Hal ini menunjukkan bahwa Google memberikan kesederhanaan (lewat tulisan kapur), tetapi tetap diiringi keistimewaan di luar kebiasaan (dengan huruf "E" yang sengaja dimiringkan).

Video perkenalan logo baru Google bisa dicek di sini:




Sebelum Google, banyak website lainnya yang memberikan fasilitas yang sama, yaitu menjadi mesin pencari. Misalnya adalah ask.com (link), yahoo.com (link), bing.com (link), dll. Tapi saya merasa Google memiliki keunggulan karena tampilannya yang simpel dan bebas dari iklan, bisa mencari berbagai macam hal, bahkan bisa membalik pencarian. Misalnya kita memiliki gambar dan ingin mencari asal gambar tersebut, kita bisa mengunggah gambar tersebut dan keluarlah jawabannya.

Google memiliki fitur pengaturan pencarian yang lengkap. Misalnya kita ingin mencari hanya di lokasi tertentu, atau mencari gambar dengan ukuran tertentu, atau dengan spesifik ingin mencari jurnal, Google menyediakan cara pencarian terbaik. Google juga memiliki beberapa keunikan. Bisa dicari saja ya dengan keyword "Keunikan Google", hehe.

Google rajin mengubah tampilan homenya ketika ada hari peringatan penting terjadi. Misalnya ketika hari kemerdekaan Indonesia dia menampilkan home bernuansa merah putih. Ketika ulang tahun Pacman, Google menyediakan logonya dengan gaya maze Pacman yang juga bisa dimainkan secara langsung. Saat natal Google menampilkan logo bernuansa natal dengan lagu yang sesuai. Untuk lengkapnya bisa dicek di link ini (link).

Tampilan Google saat 17 Agustus 2015
Sumber: bos-ringo.blogspot.com (link)

Beberapa poin yang saya jelaskan saya ambil dari www.dkvdaily.com (link).
= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis