Thursday, September 3, 2015

Logo Baru Google September 2015

Kemarin saya baru tahu kalau situs pencari nomor 1 di dunia, Google, baru saja meluncurkan logo baru. Logo baru ini muncul setelah 17 tahun Google setia dengan logo yang dia buat pada tahun 1998. Memang sempat ada perubahan dari tahun 1998, tapi perubahan itu hanya seputar kecerahan dan bayangan yang ada di tulisan, sedangkan font dan warna yang dipakai tetap sama.


Logo Google dari masa ke masa
Sumber: Kompas.com (link)

Perubahan logo ini dilakukan agar tampilan lebih sesuai ketika dibuka dengan berbagai macam perangkat. Logo Google sebelumnya memiliki ukuran sebesar 14.000 bytes, hal ini membuat orang-orang yang membuka website Google dengan kecepatan internet lambat memerlukan waktu yang lebih lama. Logo baru Google memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu 305 bytes saja sehingga akan terlihat sama di berbagai perangkat maupun kecepatan.

Perubahan logo ini ternyata berkaitan dengan bergabungnya Google dengan sebuah perusahaan induk baru (holding company) yang bernama Alphabet. Google memiliki banyak produk seperti Android, Google Maps, Blogger, Google+, dll. Alphabet akan menjadi perusahaan induk bagi semuanya, sehingga keputusan ini sebenarnya adalah agar Google bisa fokus dengan tugasnya sebagai mesin pencari, dan perusahaan induk Alphabet yang akan menangani berbagai produk lainnya. Informasi lengkap bisa dibaca di sini (link).

Ada 3 macam logo yang diluncurkan, yaitu:

1. Logo Google versi sans serif yang muncul di home website
2. Logo berbentuk empat titik
3. Logo Google dengan huruf "G" saja yang menjadi icon untuk tab

Ketiga logo yang ada sama-sama menggunakan warna biru, merah, kuning tua, dan hijau. Google memperkenalkan logo barunya lewat video yang tayang setiap kali kita membuka home websitenya. Videonya berupa tangan yang menulis logo baru Google dengan kapur, yang kemudian berubah menjadi logo yang sebenarnya, muncul logo empat titik, logo huruf "G" saja, kembali ke logo Google yang baru. Tak lupa ada tambahan untuk "memiringkan" huruf "E" di akhir kata Google. Hal ini menunjukkan bahwa Google memberikan kesederhanaan (lewat tulisan kapur), tetapi tetap diiringi keistimewaan di luar kebiasaan (dengan huruf "E" yang sengaja dimiringkan).

Video perkenalan logo baru Google bisa dicek di sini:




Sebelum Google, banyak website lainnya yang memberikan fasilitas yang sama, yaitu menjadi mesin pencari. Misalnya adalah ask.com (link), yahoo.com (link), bing.com (link), dll. Tapi saya merasa Google memiliki keunggulan karena tampilannya yang simpel dan bebas dari iklan, bisa mencari berbagai macam hal, bahkan bisa membalik pencarian. Misalnya kita memiliki gambar dan ingin mencari asal gambar tersebut, kita bisa mengunggah gambar tersebut dan keluarlah jawabannya.

Google memiliki fitur pengaturan pencarian yang lengkap. Misalnya kita ingin mencari hanya di lokasi tertentu, atau mencari gambar dengan ukuran tertentu, atau dengan spesifik ingin mencari jurnal, Google menyediakan cara pencarian terbaik. Google juga memiliki beberapa keunikan. Bisa dicari saja ya dengan keyword "Keunikan Google", hehe.

Google rajin mengubah tampilan homenya ketika ada hari peringatan penting terjadi. Misalnya ketika hari kemerdekaan Indonesia dia menampilkan home bernuansa merah putih. Ketika ulang tahun Pacman, Google menyediakan logonya dengan gaya maze Pacman yang juga bisa dimainkan secara langsung. Saat natal Google menampilkan logo bernuansa natal dengan lagu yang sesuai. Untuk lengkapnya bisa dicek di link ini (link).

Tampilan Google saat 17 Agustus 2015
Sumber: bos-ringo.blogspot.com (link)

Beberapa poin yang saya jelaskan saya ambil dari www.dkvdaily.com (link).
= to be continued =

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis