Friday, August 31, 2012

Tindakan Bodoh untuk Terlihat Pintar

Di fase awal belajar menulis, saya selalu berusaha agar terlihat pintar dalam setiap tulisan saya. Saya akan melakukan segala sesuatu yang akan membuat orang mengira dan percaya bahwa saya pintar: Menggunakan teori-teori rumit yang saya sendiri sebenarnya tidak begitu mengerti, mengutip kalimat-kalimat megah lengkap dengan nama penulisnya yang aneh dan panjang, juga menjejalkan istilah dan konsep-konsep asing yang sebetulnya tidak diperlukan. 

Semakin banyak saya membaca, semakin banyak saya menulis, semakin banyak saya berusaha memahami 'bagaimana dan untuk apa' saya menulis, belakangan saya menyadari betapa bodohnya semua tindakan itu. Saya jadi mengerti, dengan sangat meyakinkan: Semakin kita ingin terlihat pintar, betapa sebenarnya kita sungguh-sungguh sedang bertindak bodoh.

Diambil dari status facebook Fahd Djibran

= to be continued =

No comments: