Wednesday, August 29, 2012

Film yang ditonton bulan Juli dan Agustus 2012

Judul : Amazing Spider-Man
Sutradara : Marc Webb
Genre : Heroes, action
Pemain : Andrew Garfield, Emma Stone, Rhys Ifans, Denis Leary
Durasi : 136 menit

Sinopsis :

The Amazing Spider-Man, sebuah spin off yang menggambarkan kembali awal mula Peter Parker menjadi spiderman dengan ditambah beberapa cerita yang sebelumnya tidak diceritakan.

Masih seputar Peter Parker, seorang anak yatim piatu yang tinggal bersama bibi dan pamannya. Di SMA, Peter adalah anak yang tergolong nerd. Peter menyukai Gwen Stacy, salah satu teman sekelasnya yang cantik dan pintar, juga menjadi Kepala Magang di perusahaan Oscorp.

Lalu cerita berkembang, Peter menemukan tas lama ayahnya dan mengetahui bahwa kedua orang tuanya ternyata adalah agen rahasia yang meninggal karena kecelakaan pesawat. Lalu Peter mendatangi Dr. Connor yang merupakan teman ayahnya di masa lalu dan kemudian bekerja sama dengannya pada sebuah penelitian.

Dr. Connor yang memiliki cacat pada satu lengannya bermimpi bisa menumbuhkan lengannya kembali dengan meniru cara kadal yang bisa menumbuhkan lagi ekornya yang putus. Tetapi hasil penelitiannya malah membuatnya menjadi monster. Peter Parker sebagai Spiderman harus berusaha menghentikan keinginannya untuk mengubah seluruh manusia menjadi monster seperti dirinya.

Opini :

Film yang bagus, memberi tahu informasi lainnya seputar Peter Parker pada awal mula dia menjadi spiderman. Gwen Stacy sebagai cinta pertamanya memiliki karakter yang sangat berbeda dengan Mary Jane yang ada di film Spider-Man. Di film ini, Peter Parker dibuat menjadi sosok yang kuat dari awal. Sebelum menjadi spiderman pun Peter tidak segan-segan membela temannya yang dibully walaupun itu menjadikan dia korban bully juga. Berbeda di film Spider-Man di mana Peter Parker baru menjadi sosok kuat setelah mendapat kekuatan sebagai spiderman.


Judul : Ice Age 4 : Continental Drift
Sutradara : Steve Martino dan Mike Thurmeier
Genre : Cartoon, comedy
Pemain : Ray Romano, John Leguizamo, Dnis Leary, Nicki Minaj, Drake, Jennifer Lopez, Queen Latifah
Durasi : 93 menit

Sinopsis :

Sekelompok hewan jaman es, sekeluarga mammoth bernama Manny, Elli (istri Manny), dan Peaches (anak mereka), sloth bernama Sid, macan sabertooth bernama Diego terpisah karena adanya gempat bumi yang menyebabkan daerah yang mereka pijak patah. Elli dan Peaches yang berada di daratan yang lebih luas berjanji akan menunggu Manny, Sid, dan Diego di sebuah tempat yang telah mereka bersama tetapkan. Ternyata patahan ini terjadi salah satunya akibat ulah Scratch, seekor tupai sabertooth, yang dari film pertama sampai keempat ini tak kenal lelah mengejar-ngejar biji acorn.

Dalam perjalanan, Manny, Sid, Diego, dan Granny (nenek Sid yang ditemukan tidur di batang pohon), bertemu dengan sekelompok bajak laut yang dipimpin seekor monyet bernama Captain Gutt. Kelompok Manny berhasil mengambil kapal Captain Gutt dan bergegas menuju tempat perjanjian mereka dengan Elli dan Peaches. Kemudian dimulailah petualangan mereka menemukan daratan yang nantinya akan mereka tinggali bersama.

Opini :

Salah satu film kartun yang gw tunggu-tunggu di tahun ini ! Lebih oke Madagascar sih, tapi Ice Age tetep menjadi salah satu film kartun yang mengajarkan banyak hal terutama tentang sejarah pembentukan bumi ya hahaha. Bakalan ada seri kelimanya nggak ya ? :)





Judul : The Dark Knight Rises
Sutradara : Christopher Nolan
Genre : Heroes, action
Pemain : Christian Bale, Michael Cane, Gary Oldman, Anne Hathaway, Tom Hardy, Marion Cotillard, Joseph Gordon-Levitt, Morgan Freeman
Durasi : 165 menit

Sinopsis :

8 tahun setelah peristiwa di dalam film The Dark Knight, kota Gotham dalam keadaan aman terkendali. Batman dan Bruce Wayne hilang dalam peredaran. Hingga pada kejadian seorang wanita yang menyamar menjadi pelayan di sebuah acara charity di Wayne Manor mencuri sidik jari milik Bruce. Ternyata sidik jari itu digunakan untuk melenyapkan saham milik Bruce di perusahaannya sendiri Wayne Enterprise.

Bruce Wayne yang tadinya kaya raya menjadi jatuh miskin. Dalam keadaannya, muncul teror baru dari penjahat bernama Bane. Bane bukan merupakan orang biasa, dia tumbuh di penjara dan pernah dilatih oleh Ra's Al Ghul di dalam organisasi League of Shadow walaupun kemudian Bane diasingkan dari organisasi tersebut.

Bruce Wayne sebagai batman mencoba menghentikan ulah Bane, tetapi kalah dan diasingkan ke penjara tempat Bane dahulu. Bane ingin Bruce menderita secara fisik lewat luka-luka yang dideritanya dan secara psikis lewat tv yang menayangkan betapa hancurnya kota Gotham tanpa kehadiran batman.

Bruce akhirnya mendapat pelajaran dari penjara tersebut untuk tetap berjuang dan menjaga diri agar tetap hidup untuk menyelamatkan kota Gotham. Dibantu Cat Woman, komisaris Gordon, Blake (seorang polisi yang kemudian diangkat Gordon menjadi detektif), Lucius Fox dan alat-alatnya, juga salah satu pemegang saham di Wayne Enterprise bernama Miranda Tate, Bruce berhasil menghentikan Bane. Namun sebuah bom nuklir sudah terlanjur dinyalakan dan akan segera meledak sehingga Bruce harus mengorbankan dirinya dengan membawa bom tersebut menjauhi kota Gotham memakai sebuah pesawat buatan Lucius Fox yang tidak memiliki sistem autopilot.

Opini :

Penutup yang kereeeeeeeeen untuk serial batman ! Walaupun entah kenapa Christopher Nolan sebagai sutradara itu selalu menyebalkan ya bikin ending selalu nanggung dan seolah akan ada lanjutan cerita dari sana. Adegan terakhir dari The Dark Knight Rises juga oke banget. Spoiler nih ya, ternyata Bruce sudah memperbaiki sistem autopilot di pesawat yang dia pakai sehingga sebenarnya Bruce masih hidup dan menjalaninya bersama Selina Kyle, wuhuuuuuuu




Judul : Lewat Djam Malam
Sutradara : Usmar Ismail
Genre : Drama
Pemain : A.N. Alcaff, Netty Herawati
Durasi : 101 menit

Mengisahkan seorang bekas pejuang bernama Iskandar yang sedang beradaptasi pada kehidupan setelah kemerdekaan. Dari bekas pejuang, dia sempat bekerja di sebuah kantor walaupun hanya bertahan sehari. Setelah itu dia mencoba menemui beberapa temannya seperti Gofur yang sekarang bekerja menjadi pemborong, Puja yang sehari-hari bermain judi, dan Gunawan yang sudah memiliki perusahaan sendiri yang uangnya berasal dari harta rampasan perang.

Norma, tunangan Iskandar, berniat membuat pesta untuk menyambut kepulangan Iskandar. Tetapi Iskandar justru tidak betah di pesta tersebut dan malah mendatangi Gunawan untuk membalas dendam atas harta rampasan yang digunakannya secara pribadi melalui Iskandar yang saat itu adalah bawahan Gunawan. Bayangan akan orang-orang yang dibunuh Iskandar hanya supaya hartanya dapat dirampas menghantui Iskandar dan menambah perasaan bersalah yang dimilikinya. Iskandar kemudian menembah Gunawan, lalu melarikan diri, padahal saat itu sudah diberlakukan jam malam. Iskandar yang berlari dikejar tentara yang sedang berjaga dan ditembak ketika hampir sampai ke rumah Norma.

Opini :

Surprise banget bisa nonton film ini karena waktu itu lagi iseng ke TIM XXI abis briefing RJF. Kayaknya ini kedua kalinya nonton film jadul hitam putihnya Indonesia. Film pertama adalah Tiga Dara ditonton di Kineforum.

Film ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa dulu para pahlawan itu merebut kemerdekaan dengan perjuangan yang luar biasa, sehingga mungkin jika mereka melihat Indonesia sekarang, mereka akan sedih karena seakan kemerdekaan yang mereka raih tidak digunakan sebaik-baiknya. Salah satu yang disinggung adalah masalah korupsi yang sepertinya sulit sekali dihentikan karena kekuatan uang yang seakan bisa membeli segala hal.

Judul : Perahu Kertas
Sutradara : Hanung Bramantyo
Genre : Drama
Pemain : Maudy Ayunda, Adipati Dolken, Reza Rahadian, Elyzia Mulachela, Kimberly Ryder, Sylvia Fully R, Fauzan Smith, Tio Pakusadewo, August Melasz
Durasi : 115 menit

Sinopsis :

Kugy, seorang mahasiswa sastra indonesia di bandung, memiliki geng yang berisi Noni, sahabatnya, Eko, pacar Noni, dan Keenan, sepupu Eko. Kugy dan Keenan diam-diam saling mencintai. Kugy kagum akan bakat melukis Keenan yang ternyata tersendat karena ayah Keenan ingin Keenan kuliah ekonomi agar bisa melanjutkan perusahaan keluarga. Keenan kagum akan bakat mendongeng Kugy yang ternyata terhenti karena karir sebagai pendongeng sulit berkembang di indonesia.

Masalah pertama yang datang adalah Kugy sudah mempunyai pacar bernama Ojos, dan Noni mencoba menjodohkan Keenan dengan sepupunya yang seorang kurator bernama Wanda. Keadaan menjadi tidak nyaman buat Kugy yang kemudian mencoba menghindar dengan mengajar di sekolah Alit. Masalah selanjutnya, Kugy putus dengan Ojos karena lebih mementingkan sekolah Alit, Keenan berhenti kuliah dan kabur dari rumah, memilih untuk tinggal bersama kenalan ibunya di Bali untuk mendalami bidang seni. 

Beberapa tahun berlalu, Kugy telah lulus kuliah dan bekerja di sebuah perusahaan advertising bernama Advocado. Bosnya yang bernama Remi menaruh perhatian padanya dan merekapun berpacaran. Ayah Keenan terkena stroke dan membuat Keenan kembali ke Jakarta dan menggantikan ayahnya memimpin perusahaan.

Keenan dan Kugy bertemu kembali di pernikahan Noni dan Eko.

Opini :

Setelah baca beberapa review, baru gw ketahui ternyata panjang film Perahu Kertas setelah editing adalah 4.5 jam ! Hanung Bramantyo akhirnya memutar cara bagaimana agar film ini tetap dapat tayang secara keseluruhan, dan dibagi dua lah penayangan film ini. Bagian pertama ditayangkan dari tanggal 16 Agustus, dan bagian kedua dijadwalkan akan tayang dua bulan kemudian.

Well, opini jujur dari gw, gw membeli novel Perahu Kertas pada tahun 2009 dan belum membacanya lagi. Jadi sebenernya nggak begitu tahu detil karena agak lupa. Tapi keseluruhan film agak gampang ketebak di bagian dialognya. Bukan karena udah baca novelnya lho ya, tapi pembawaannya nggak ada sesuatu yang membuatnya out of the box atau gimana. Di bioskop jadi sering ketawa cekikikan karena gw udah bisa tahu abis ini pemerannya mau ngomong apa haha.

Selain itu, mungkin gw menaruh harapan terlalu tinggi karena adanya nama Dewi Lestari dan Hanung Bramantyo, tapi buat gw filmnya kayaknya jadi semacam ftv dan lebih cocok ditayangkan di televisi daripada di bioskop.

Biarpun begitu, gw tetap menunggu bagian keduanya lhoo :) Oya, cap jempol banget buat sinematografi yang indah (terutama penampakan lampu malam yang cantik) dan soundtrack yang oke !


= to be continued =

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis