Friday, May 18, 2012

akhir april - awal mei 2012 part 1

oke, jadi antara akhir april sampai awal mei sempet ada jeda waktu kosong beberapa belas hari. di hari-hari itu sebenernya udah nulis di draft list post yang pengen diposting tapi belum kesampean. nah, sekarang gw akan mencoba merampungkannya :D

well, nggak ada pressure buat nulis itu sih. tapi berhubung sekarang gw udah nggak terlalu ter-attach sama buku diary gw, jadi peristiwa yang terjadi di hidup gw nggak ada recordnya *berasa artis, haha*. so, jadilah ngotot pengen nulis di sini. oh ya, buku harian gw udah baru lagi lho, sekarang udah jilid ke 16 namanya Fruity ^^

----------

Gak ikut ke maker tx 29 yang diadakan di Kalimalang tanggal 28 april 2012 lalu. Gara-garanya adalah dari pagi sampai sore gw ikut Literacy Training di Pascasarjana. wazek banget kan gw ? :P jadi acaranya untuk mahasiswa S1 dan S2 yang lagi mau nyusun skripsi. kita diajarin tentang website apa aja yang bisa dijadikan literatur, gimana cara cepat baca jurnal, ui langganan jurnal apa aja, dll.

jadi untuk tahun ini, pelantikan 29 gw cuma dateng bentar, nggak sempet kenalan juga sama mereka. maker ga dateng. tinggal bukpus aja lah, semoga bisa dateng yoo

testimoni waktu maker tx 27

----------

30 april 2012, gw mengikuti Journalist Days yang bertema "Media and Democracy : The Role and the Implementation of Media in Democratic Era". Journalist Days adalah event terbesar yang dimiliki oleh Badan Otonom Economica, organisasi jurnalistik keilmuan yang berada di FEUI. Rangkaian acaranya terdiri dari seminar, konferensi, training, dan company visit.

Acara yang gw ikuti hanya seminar yang terdiri dari 3 sesi :
  • Sesi 1 : Perkembangan Kebebasan Pers di Indonesia
Atmakusumah Astraadmadja (mantan Ketua Dewan Pers)
Bambang Harymurti (Direktur Utama & Corporate Chief Editor Tempo)
Agus Soedibyo (anggota Dewan Pers)
  • Sesi 2 : Pengaruh Pemberitaan Media terhadap Pemerintahan
Budiarto Shambazy (wartawan Kompas)
Budiman Sudjatmiko (anggota DPR RI Komisi II)
Fadjroel Rachman (pengamat politik dan pemilik Pedoman News)
  • Sesi 3 : Independensi dalam Pemberitaan Media
Suryopratomo (Direktur Pemberitaan MetroTV)
Sudjiwotedjo (pengamat media) Rosiana Silalahi (Media Expert) Arief Suditomo (Pemimpin Redaksi SINDO RCTI)
Moderator : Sandrina Malakiano (jurnalis dan news anchor)

karena seminarnya seharian, gw sempet cabut di sesi 2 karena ada kelas. sesi yang menurut gw paling menarik adalah sesi 3 karena narasumber yang diundang umumnya pernah tampil di televisi sehingga audience merasa familiar dengan mereka. diskusi pun berjalan menarik karena tema yang diusung sebenarnya mengarah kepada fenomena di mana terdapat 2 stasiun tv yang "pemilik"nya ikut terjun ke dunia politik. kemunculan tema ini adalah karena adanya kekhawatiran stasiun tv ini akan memberitakan informasi yang cenderung menguntungkan pihak-pihak tertentu.

komentar dari narasumber yang berbeda membuat pembicaraan semakin seru. Mas Suryopratomo dari MetroTV dan Arief Suditomo di RCTI (MNC) menjelaskan bagaimana sebenarnya stasiun tv tempat mereka bernaung merumuskan informasi yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat. Mbak Rosiana Silalahi menambahkan perspektif contoh kasus stasiun tv di luar negeri yang menambah pengetahuan para peserta. Mas Sudjiwotedjo membahas tentang hubungan acara tv dan rating. Mbak Sandrina Malakiano yang cantik memandu jalannya talkshow dengan pertanyaan-pertanyaan yang memancing pendapat lebih jauh dari para pembicara.




ki-ka : Suryopratomo, Arief Suditomo, Rosiana Silalahi, 
Sudjiwotedjo, dan Sandrina Malakiano



audience yang serius mendengarkan, 
yang pake kerudung ungu baju oranye di kanan cantik deh ;)

enaknya duduk di tengah-tengah, beberapa foto yang diupload panitia di facebook mereka dapat dengan mudah dicari yang ada gwnya, ahahaha :P makasih panitiaa~


= to be continued =

No comments: