Sunday, December 28, 2008

World Press Photo 2008

- edited. sekarang udah ada fotonya lhoo

World Press Photo
atau Foto Jurnalistik Dunia adalah organisasi non profit yang independen, didirikan pada tahun 1955 di Belanda dengan kantor pusat operasionalnya di Amsterdam.

Setiap tahun, World Press Photo menyelenggarakan lomba foto jurnalistik yang dianggap terbesar dan paling bergengsi di dunia. Karya-karya foto yang menjadi pemenang dipamerkan keliling dunia, yang dikunjungi jutaan penonton di 35 negara setiap tahun. Karya-karya pemenang juga dimasukkan ke dalam Buku Tahunan World Press Photo yang diterbitkan setiap tahun dalam 6 bahasa. Buku tersebut berfungsi sebagai katalog pameran sekaligus dokumentasi.World Press Photo juga menerbitkan newsletter setiap 6 bulan yang memuat isu-isu terakhir yang berkaitan dengan kegiatan organisasi ini.

Kontes Foto Jurnalistik Dunia tersebut terbagi dalam 10 kategori yaitu:

  1. Foto Berita (Spot News)
  2. Berita Umum (General News)
  3. Manusia dalam Berita (Peoples in the News)
  4. Olahraga (Sports Action)
  5. Olahraga (Sports Features)
  6. Kontemporer (Contemporary Issues)
  7. Kehidupan Sehari-hari (Daily Life)
  8. Potret (Portraits)
  9. Seni (Arts and Entertainment)
  10. Alam (Nature)

Setiap kategori dibagi dalam 2 jenis, yaitu Foto Tunggal (Singles) dan Foto Cerita (Stories)

Pada tahun ini saya berkesempatan untuk datang ke pameran World Press Photo di Indonesia. Pameran itu berlangsung dari tanggal 12 - 28 Desember 2008 bertempat di Lantai 1 Pacific Place, Jakarta.

widiya, alia, dan ikhma di pameran world press photo

Ini merupakan pengalaman pertama bagi saya mengunjungi pameran foto internasional. Saya sempat mengikuti tur di dalam pameran itu dan mendengar berbagai penjelasan tentang foto-foto yang dipamerkan. Komentar saya ? Fotonya unik, bagus, dan membuat saya mengetahui berbagai isu khususnya dalam fotografi dan dunia pada umumnya.

Pada awalnya saya mengira foto-foto yang ada di sana adalah hasil yang telah diedit lewat Photoshop. Karena beberapa di antaranya mempunyai style yang unik dan warna-warni yang sangat menarik. Saya mengiranya begitu karena jika saya memotretnya dengan cara biasa menggunakan kamera digital, saya tidak pernah mendapatkan hasil seunik itu. Jika menginginkannya saya harus mengutak-atiknya dengan Photoshop terlebih dahulu.

Tapi ternyata tidak. Pengeditan dengan Photoshop memang diperbolehkan, tapi pengeditan itu tidak boleh mengubah gambaran foto yang sudah diambil. Foto-foto yang unik itu bisa didapat dengan mengakali cahaya, mengakali lensa, mengakali film yang dipakai, dst (jujur saya juga tidak terlalu mengerti :P).

Mau lihat beberapa foto yang dipajang di sana ? :D

World Press Photo of the Year

Seorang prajurit US yang kelelahan setelah berperang dengan militan islam di Afghanistan

General News: 1st Prize Singles

Seorang pria yang menggendong anak laki-laki yang terluka
karena pecahan bom di Afghanistan.

General News: Honorable Mention

Target berupa meja yang dipakai oleh tentara Jerman untuk latihan menembak.
Gambar pada meja sangat kontras dengan keadaan alam yang ada.

Arts and Entertainment: 2nd Prize Stories

Balon udara yang mengambang di atas pintu masuk ke Mirabilandia, Ravenna. Salah satu foto favorit gw karena warnanya yang menyenangkan dan cerah ceria :)

Contemporary Issues: 3rd Prize Stories

Televisi set di sebuah kamar di Hotel Valdemars, Lithuania. Foto ini menyiratkan bahwa televisi telah menjadi sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Lebih dari 1,5 triliun televisi digunakan dan orang-orang menghabiskan lebih dari 50 jam untuk menonton tv setiap minggunya.

Nature: 1st Prize Stories

Lewat mikroskop, kita dapat melihat satu tetes air laut terdiri dari banyak mikroorganisme yang beraneka bentuk

Nature: 2nd Prize Singles

Seekor beruang kutub yang mati karena ditembak. Walaupun pemanasan global telah terjadi dan habitat mereka semakin rusak, para peneliti masih memperdebatkan apakah mereka termasuk hewan yang terancam punah atau tidak

Yang penasaran ingin melihat sendiri galeri foto-foto yang dipamerkan, silakan berkunjung ke http://www.worldpressphoto.org/

Terima kasih :)

= to be continued =

* sumber : http://id.wikipedia.org; http://www.worldpressphoto.org/;

4 comments:

antown said...

iya, besok kalo ada waktu di apdet aja biar fotonya kluar. biar tambah seru...

sukses yak!!!

Bani Biasa said...

fotonya pajang di sini dong!

Brillie said...

Hmm.. saya bukan fotografer... jadi kykna ga bs ikut :D

alia pewe said...

@ antown n bani biasa: tu potonya ud saya tambain :D

@ brillie: iya, salah satu syarat bs ngirim foto ke lomba ini adalah 60% pendapatan si pengirim berasal dari dunia fotografi, weww, koq saya ga kebayang ya bs kek gtu..

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis