Saturday, December 27, 2014

Tiga Seminar di Akhir Tahun

Gw mau cerita tentang 3 seminar yang gw ikuti dalam 3 bulan ini:


National Seminar and Mega Gathering 2014 yang diadakan bulan Oktober. Ini kayaknya jadi acara seminar pertama yang gw ikuti yang diadakan di luar UI. Harga tiketnya berasa mahal karena di kampus biasa gratisan, haha. Diadakan di Gedung Indosat Jalan Merdeka Barat. Bertema, "Membongkar Rahasia Mendapatkan Milyaran Rupiah dari Berbisnis Online".

Acaranya mulainya ngaret. Pembicaranya cuma hadir 3 dari 4 yang ada di poster. Materi yang diberikan bagus, tapi kurang mendalam. Cukup sih buat gw yang pemula, tapi kalau mau yang lebih spesifik harus di kelas private kali ya. Yang datang banyak, 150 orang mungkin ada. Cerdas yang bikin strategi pricing tiket. Bikin orang forever alone macem gw jadi menyedihkan haha :P

After all, seminar ini membuka mata gw kalau belajar tentang bisnis itu bisa di banyak tempat. Nggak harus lewat kuliah aja. Pembicaranya ada Indra Permana, penulis buku Resign yang Sukses dan pengusaha di bidang herbal. Lalu Hermas Puspito, usahanya menangani website korporasi besar, yang kemudian kini lebih fokus menangani umkm yang umumnya lebih awam tentang per-website-an. Lalu ada Adryan Fitra, orang yang pernah mendapat komisi 1 miliar dari google adsense, dan bercerita saat dia membantu kampanye capres Barack Obama.

----------



Akhirnya kembali lagi ke event UI di bulan November. Acara ACES UI ini diadakan oleh Fakultas Vokasi, bertempat di auditorium FHUI. Bentuknya lebih ke talkshow dengan pembicara Ria Miranda dan Diana Rikasari. Acaranya gratis. Isi talkshownya adalah cerita si dua pembicara ketika membangun bisnis yang mereka geluti. Ria Miranda dengan brand Ria Miranda yang memproduksi baju muslim bertema warna pastel. Diana Rikasari dengan brand Up yang memproduksi wedges.

Gw salah satu pembaca setia blog Diana Rikasari dan dia sangat lovable ya. Caranya menyampaikan pengalaman yang dia jalani ketika membangun brandnya. Semuanya udah dia tulis di blognya sih, tapi mendengarkan langsung bikin audiens mendapatkan rasa yang berbeda :')

Acaranya untuk membangun ekonomi kreatif, tapi yang diundang pembicaranya lebih ke fashion. Oya, moderatornya cantik, tapi nggak terlalu oke menjalankan tugasnya. Gw ngerasa dia dipilih cuma gegara lulusan Vokasi UI dan model. Semoga tahun depan mereka bisa mencari moderator yang lebih baik.

----------


National Inspiring Entrepreneur 2014 diadakan bulan Desember di PSJ UI. Lagi-lagi gratis, alhamdulillah. Acara ini diadakan oleh para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa dari lembaga PKPU. Beasiswa PKPU baru diadakan tahun ini, yang berarti para mahasiswa ini merupakan angkatan pertamanya. Lewat talkshow ini PKPU juga mempromosikan rekrutmen untuk mahasiswa yang berminat untuk mengikuti beasiswa angkatan kedua yang dimulai pendaftarannya pada Januari 2015.

Setelah bulan November disuguhi entrepreneurship di bidang fashion, kali ini entrepreneurshipnya kental sekali di bidang teknik. Prof.Nasikin membuat usaha di bidang kapur, Gibran Chuzaefah mengawalinya dengan tambak ikan, beralih ke kuliner, lalu alat untuk menopang tambak ikan. Bu Ellies mengawali karier dengan bekerja serabutan, kemudian masuk ke korporasi di bidang IT, lalu memutuskan untuk menjadi penulis.

----------

You see, these seminars are all about entrepreneurship because I want to learn to start my own business. And that's one of the reason I don't write much in this blog, because it's still on progress and I don't want to jinx it. Wish me luck, fellas :)

= to be continued =

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis