Friday, September 26, 2014

Sebentar Lagi Idul Adha 2014 :D

Ga berasa sebentar lagi mau Idul Adha aja lho!

Tapi tepatnya berapa hari lagi masih misteri. Kalo di tanggalan sih katanya hari Minggu tanggal 5 Oktober (super ga seru ga nambah hari libur huks). Tapi denger-denger info dari orang yang bakal naik haji, mereka rencananya akan wukuf di hari Jumat tanggal 3 Oktober, yang berarti di Arab Saudi sana mereka akan merayakan Idul Adha di hari Sabtu, 4 Oktober. Padahal kan Indonesia itu letaknya lebih timur dari Arab Saudi, jadi mestinya kita ikutan mereka juga ga sih? *beneran nanya*

Trus baca-baca lagi, ternyata ormas Muhammadiyah sudah menetapkan lewat hisab kalau Idul Adhanya jatuh di hari Sabtu, 4 Oktober. Kalau pemerintah, selain udah bikin di awal seperti yang terlihat di tanggalan Idul Adhanya Minggu, 5 Oktober, mereka juga akan melaksanakan sidang isbat untuk melihat kemunculan hilal alias si bulan (sumber: link).

Kalau kata nyokap sih sebenernya ikut yang mana juga gapapa tergantung keyakinan. Tapi seremnya adalah, di tanggal 9 Zulhijjah alias sehari sebelum Idul Adha itu ada puasa sunnah Arafah. Tujuannya adalah supaya kita bisa ikut serta menemani saudara-saudara kita di Arafah yang sedang wukuf. Nah, kalau ternyata salah tanggal, yang pertama puasanya jadi nggak sesuai tujuan, yang kedua, puasa di hari Idul Adha itu adalah haram. Oiya fyi, dalam setahun kita bisa puasa kapan aja, tapi ada 5 hari di mana kita diharamkan berpuasa, yaitu di hari Idul Fitri, Idul Adha, dan 3 hari tasyrik (setelah Idul Adha). Jadi semoga kita semua dapat mengikuti pemimpin yang membawa kita ke dalam kebaikan ya sehingga ibadah yang kita jalankan bisa diridhai oleh Allah SWT :)

----------

Lanjut!

Pas Idul Adha, selain ngomongin liburan (tapi tahun ini ga terlalu ngaruh keknya hahah), ibadah haji, pastinya juga ngomongin ibadah kurban!

Alhamdulillah gw punya teman yang sangat super! Beberapa di antaranya udah berwirausaha dengan menyediakan jasa kurban. Jadi buat yang punya keinginan buat kurban, selain di lingkungan rumah, sekolah, atau tempat kerja, kita juga bisa menyalurkan ke tempat-tempat lain di seluruh Indonesia lewat beberapa usaha temen gw yang ciamik ini.

Di antaranya ada:

Abang Qurban

Abang Qurban, bisa dicek ke websitenya langsung ya di abangqurban.com (link). Kita bisa pilih sendiri mau domba dan sapi yang bagaimana. Mereka menyediakan domba merino peranakan dari Australia, domba Garut, sapi juga ada berbagai ukuran.

Urban Qurban

Usaha ini digagas oleh mahasiswa ilmu komputer UI. Awalnya mereka membuka usaha tentang aplikasi untuk handphone. Lalu muncul ide untuk menciptakan aplikasi game tentang kurban sambil juga berjualan hewan kurban di dunia nyata. Yang tertarik bisa dicek ke website mereka (link).


Kalau yang ini digagas oleh teman saya Gugus. Jika ingin menanyakan lebih lanjut, bisa hubungi Gugus di nomer 085813488945.

----------

Jaman bener-bener makin canggih ya. Sekarang kurban aja bisa pake jempol doang, tinggal cek website dan hubungi contact person, lalu transfer via internet banking, selesai sudah. Semoga uang yang kita keluarkan untuk berkurban bisa bermanfaat bagi banyak orang dan mendatangkan pahala yang diterima oleh Allah SWT ya, aminnnn :)))

= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis