Monday, February 11, 2013

Update yang terlambat : Banjir Jakarta Januari 2013

Ini adalah update yang terlambat, tapi terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan ? *ngeles :P

----------

Banjir Jakarta

Ini banjir yang melanda Jakarta pada Januari 2013 lalu. Banjir yang kemudian menghasilkan putusan masa tanggap darurat banjir selama 10 hari dari tanggal 17-27 Januari 2013 oleh pemerintah DKI Jakarta.

Banjir kali ini dikabarkan terjadi karena siklus 5 tahunan -- yang sebenarnya agak terlambat, karena kalau dihitung terakhir tahun 2007, harusnya kan pas 2012 ya datangnya ? Tapi saya sendiri cukup muak jika dikabarkan seperti itu. Hey, kita ini manusia lho, kita memang tidak bisa mencampuri urusan Tuhan ketika dia sedang mengatur cuaca, tapi tentu kita bisa berusaha yang terbaik untuk mencegah banjirnya kan ? Apalagi dengan kata "siklus", berarti ini memang sudah sering terjadi, bukan ? Apakah kita tidak bisa belajar dari pengalaman yang telah lalu agar musibah ini tidak terulang lagi ? Apa jangan-jangan karena sudah terlalu sering terjadi kita malah kemudian terbiasa dan membiarkannya ?

Malas juga mendengar ketika bencana ini jadi kepentingan beberapa golongan. Saya sempat baca dan dengar bahwa Jokowi mengeluarkan perintah bahwa jika ada parpol yang ingin membantu, dia akan mempersilakan asalkan mereka tidak membawa simbol-simbol tertentu. Saya tahu sebentar lagi tahun 2014 tiba di mana akan menjadi tahun pemilu untuk legislatif dan eksekutif, tapi tak bisakah kalian membantu dengan ikhlas demi kemanusiaan tanpa harus gembar-gembor sekalian promosi ?

Yeah, cukup ngedumelnya deh. Alhamdulillah banjirnya selesai juga. Walaupun BMKG masih mengingatkan bahwa musim hujan masih akan berlanjut di bulan Februari. Semoga yang terbaik lah untuk Jakarta :)

Lalu akibat peristiwa banjir ini, blog saya sempat dikunjungi beberapa orang yang mencari informasi tentang almamater SMA saya tercinta yang memang dikabarkan juga terkena banjir, yaitu SMAN 8 Jakarta. Sayang informasi terakhir adalah yang saya tulis ketika tahun 2007 di postingan berjudul "the annual flood in SMAN 8 Jakarta" (link). Saya sebenarnya sudah berkeliling di beberapa portal berita, dan juga facebook orang-orang yang saya tahu masih berkunjung ke sana untuk mengetahui perkembangan yang ada.

Seperti biasanya, SMA saya tercinta itu memang terkena banjir. Tahu Kampung Pulo yang berlokasi dekat Kampung Melayu yang terkena banjir parah sehingga banyak warganya yang diungsikan ? Well, sekolah saya sangat dekat lokasinya dengan Kampung Pulo. Terlebih lagi, SMA saya letaknya memang rendah, jadi air yang larinya ke sana. Air menggenang hingga 1 meter lebih. Tapi ini masih lebih baik dari tahun 2007 lalu di mana air menggenang hingga menenggalamkan lantai 1.

Berita lengkap bisa dicari di google. Sekarang, sharing foto aja ya


 Banjir tampak atas



guru dan karyawan bahu-membahu 
membersihkan lumpur yang menggenang

Wacana untuk memindahkan lokasi SMAN 8 Jakarta sudah muncul lama, tapi realisasinya entah kapan. Banjir memang bencana, tapi bagi para siswa SMAN 8, banjir menjadi salah satu kabar gembira karena adanya tambahan liburan di antara hari sekolah yang berat. Malah mungkin banjir ini menjadi salah satu trademark dan kenangan yang paling diingat bagi para siswa dan alumni SMAN 8 ya haha

= to be continued =

No comments: