Wednesday, November 9, 2011

Orang dewasa adalah spesies aneh

Father Know Less by Wendell Jamieson

Bagi anak-anak, orang dewasa adalah spesies aneh. Kita mendandani diri dengan pakaian aneh dan membuat lelucon yang tidak lucu. Kita secara berlebihan merayaan kegemaran makan, bukan hanya ikan, tapi terkadang juga ikan mentah. Kita menonton film tentang orang-orang yang banyak bercakap-cakap, tanpa ada hal lain yang tampaknya terjadi. Kita bahkan mengkritik sang presiden, yang bagi seorang anak tampak seperti orang baik, seorang ayah, hebat.

Politik hanyalah satu segi aneh kehidupan orang dewasa. Begitu banyak pertanyaan anak-anak terpusat pada kebiasaan dan perbuatan aneh dunia orang dewasa, dari baju, benda-benda yang kita beli, sampai kemampuan kita membuat peraturan, yang menurut mereka, tampak semaunya.

"Mengapa orang membeli barang yang tidak mereka butuhkan?"
"Mengapa orang dewasa boleh melakukan yang mereka mau?"
"Mengapa laki-laki mengenakan dasi?"

Pilihan hiburan kita mendapat perhatian khusus : lukisan orang yang hanya berdiri saja, musik dengan melodi yang tidak jelas, buku yang tidak bergambar. Mengapa kita menganggap hal-hal yang jelas membosankan sangat menarik ?


Diambil dari buku berjudul "Father Knows Less" yang diterjemahkan ke bahasa indonesia menjadi "Kenapa Aku Tidak Boleh Mengupil di Depan Orang Lain?" karya Wendel Jamieson

= to be continued =

2 comments:

Fenty Fahminnansih said...

wahahaha, judulnya loh "can I cook my sister ?" hilarious =))

alia pewe said...

haha, iya pertanyaannya lucu-lucu. yang dijadikan sampel adalah pertanyaan anak-anak yang tinggal di amerika sih jadi ada beberapa pertanyaan yang mungkin nggak familiar di kita. tapi tetep aja bacanya jadi amazing sendiri karena jawabannya yang bener-bener diambil dari para ekspert dalam bidanya ;)

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis