Sunday, November 6, 2011

Europe on Screen 2011

oke, postingan ini gw ambil dari kaskus :)



Festival Film Eropa yang dikenal dengan Europe on Screen (EoS), sebuah festival yang menjadi jendela untuk menyaksikan budaya Eropa lewat beragam film dan sarana bagi penonton untuk mengembangkan apresiasi terhadap film-film di luar arus besar, tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima dengan tema 'Old and Young Europe'. Tema ini menyorot dinamika benua Eropa yang sarat dengan sejarah dan tradisi namun tidak luput dari pembaruan di berbagai bidang, disajikan melalui 24 film panjang dan 1 film pendek dari 21 negara-negara Eropa yang diproduksi dalam rentang waktu lebih dari dua dekade. Keseluruhannya terbagi dalam beberapa seksi film: Against the Odds, Crime and Misdemeanour, Family Affairs, Songs of Survival, Sprinkles of Laughter. Tahun ini EoS juga mempersembahkan 9 film pendek Indonesia terbaik melalui EoS Short Film Competition.

Europe on Screen 2011 akan berlangsung di:

Yogyakarta 28-29 Oktober: Lembaga Indonesia Perancis
Bandung 1-2 November: Centre Culturel Franรงais de Bandung (CCF)
Jakarta 4-11 November: Erasmus Huis, GoetheHaus, Istituto Italiano di Cultura, Institut Franรงaise Indonesia (IFI)/CCF Jakarta, Kineforum Jakarta Arts Council
Denpasar 12-13 November: Alliance Franรงaise
Banda Aceh 14-18 November: Europe House
Surabaya 19-20 November: CCCL
Semarang 23-24 November: Universitas Diponegoro

Untuk pertama kalinya, tahun ini panitia festival mengadakan kompetisi film pendek bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jakarta, Boemboe.org, dan Minikino. Para pembuat film dari 19 kota di Indonesia telah mengikutsertakan 69 film pendek ke dalam kompetisi ini. 9 film terpilih akan dapat kita saksikan dalam sebuah program bertajuk EoS Short Film Competition Finalist 2011. Pemenang "Best Film" berhak untuk mendapatkan 1 Mac Book Pro dan peraih "Audience Award" pilihan terfavorit penonton akan mendapatkan 1 kamera Canon EOS 600D.

Berkenaan dengan kompetisi ini, festival menyelenggarakan Short Film Talk Discussion with Jury Panel, yang terdiri dari Alex Sihar (Ketua Komite Film Dewan Kesenian Jakarta), Ray Nayoan (sutradara film), Varadila (Manajer Program Minikino). Diskusi dilanjutkan dengan presentasi dari IdFC (Indonesian Film Centre). Acara ini akan berlangsung di Institut Francaise Indonesia pada tanggal 6 November 2011.

Suguhan lain yang menarik di EoS tahun ini adalah pertunjukan musik Reminiscing Beatles Night by The Banery yang disponsori oleh The British Council, setelah pemutaran film "Nowhere Boy" yang berkisah tentang perjalanan awal karir seorang legenda musik John Lennon. Saksikan di Eramus Huis pada 9 November 2011.

Seluruh pemutaran film bersifat gratis dan tiket masuk dapat diperoleh 45 menit sebelum film diputar di masing-masing lokasi.

Selamat Menonton!

Informasi lebih lanjut:
www.europeonscreen.org
info[at]europeonscreen.org
Facebook: Europe On Screen | Festival Film Eropa
Twitter: europeonscreen

too bad tahun ini sama sekali nggak bisa dateng karena tanggalnya pas banget sama tanggal uts, huks :'(

= to be continued =

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis