Friday, July 31, 2015

Sidang Tesis Anis 240615

Setelah datang ke acara sidang dan wisuda di tahun 2014 (link), saya kira saya tidak akan datang lagi ke kampus untuk datang ke event yang sama. Tetapi terima kasih kepada Addina, saya kembali bisa datang menyemangati seorang teman saya yang mau sidang! :D

Kiri: bareng Addina yang ngajakin dateng
Kanan: bareng Anis yang mau sidang! :D

Yang mau sidang namanya Anis. Dia mengambil S2 di FKM UI, jurusannya kalau nggak salah tentang kebijakan publik. Tesis dia mengambil studi kasus di SMP suatu daerah pinggiran Jakarta. Yang diteliti adalah pengetahuan para siswa SMP terhadap peraturan tentang larangan merokok.

Sidangnya bersifat terbuka sehingga saya bisa tetap stay di dalam ruangan untuk mendengarkan paparan dari Anis. Yang saya sedihkan adalah ketika mendengar hasil penelitiannya, masih banyak siswa SMP yang tidak mengetahui larangan tersebut sehingga mereka masih melakukannya di dalam lingkungan sekolah. Bahkan banyak di antara mereka yang sudah merokok aktif. Salah satu alasannya adalah karena di dalam keluarga mereka juga ada perokok sehingga mereka jadi ikut-ikutan merokok :'(

Solusi yang ditawarkan tesis tersebut masih berupa anjuran agar peraturan yang ada kembali ditegakkan agar para siswa dapat mengurangi aktivitas tersebut. Sayangnya buat saya solusinya masih kurang greget sih. Tapi yang saya tahu, kalau di Fakultas Kesehatan Masyarakat, yang dicari adalah cara untuk mencegah timbulnya penyakit sehingga yang muncul biasanya dalam bentuk peraturan dan penyuluhan saja.

Well, selamat yaa Anis! Bisa menyematkan titel SKM dan MKM deh sekarang :D Semoga ilmunya bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain yaa :))

Anis bersama para penguji

= to be continued =

No comments: