Thursday, August 6, 2015

Cara Mengesave Foto dari Instagram (bukan lewat Screenshot)

Halo!

Dari awal Agustus 2015 ini saya jadi pengguna baru instagram. Akhirnya deh ya saya bikin juga. Keraguan saya di awalnya adalah karena saya bingung kalau punya instagram mau dipakai buat apa. Soalnya saya nggak cantik (btw ini ga minta pujian alias sengaja merendah kok, sadar diri aja hihi), saya nggak suka pakai make up, saya nggak selalu pakai baju yang perlu di #ootd in, saya nggak punya kamera canggih yang menghasilkan foto ciamik, saya nggak punya background memukau, pun saya bukan anak travelling.

Bikin instagram ini salah satu ikhtiar saya untuk suatu urusan. Tapi sebelum urusannya tercapai pastilah saya harus tester dulu ya. Kalau nggak tester nanti nggak ngerti cara mengoperasikannya malah berabe, hehe. Oya, kalian bisa buka instagram saya di alamat: http://instagram.com/aliapewe (link).

Tapi bikin instagram ini bener-bener bikin saya takjub sama para penggunanya yang tetiba jadi fotografer profesional semua (well, sebagian memang profesional, tapi lainnya kan mestinya biasa aja ya, tetaplah mereka semua kece) dan bertransformasi menjadi pujangga ketika menulis caption untuk foto. Apalah saya ini yang nulis blog aja masih suka sembarangan, bahkan mau ngasih hashtag aja bingung huihihihihi.

Saking bagusnya foto semua orang, saya jadi penasaran mau mencoba ngesave foto-foto yang berseliweran di instagram. Sayangnya, nggak bisa cuyy. Setiap membuka foto dan klik kanan, pasti nggak ada opsi save, huks.. Jadilah saya ngesearch di google dan menemukan jawabannya, yeayy! Saya ikutan share di sini yaa :))

----------

Cara Mengesave Foto dari Instagram lewat komputer/laptop (bukan lewat ScreenShot):
Sumber tutorial: https://snapguide.com (link)

1. Buka foto yang ingin disave. Misalnya saya ingin save foto ini:



2. Klik kanan, pilih "View Page Source"



3. Akan keluar kode-kode aneh


4. Tekan Ctrl+F, akan muncul kotak "Find" untuk pencarian, lalu ketik "jpg"


5. Kotak tersebut akan membantu kita mencari kode yang berasosiasi dengan gambar. Pastikan kita menemukan kode jpg paling pertama. Blok dari kata http hingga jpg, lalu copy.


6. Buka New Tab atau New Window, lalu paste kode tersebut ke bagian alamat situs. Tekan enter.


7. Kita akan tiba di web tempat foto tersebut berada


8. Dan foto bisa disave dengan cara klik kanan lalu pilih "Save Image As"


9. Voila! Foto berhasil disimpan, yeay!

----------

Perlu diingat, alasan instagram tidak mengizinkan kita untuk menyimpan foto yang diupload di situsnya adalah untuk menjaga copyright pemilik foto tersebut. Instagram adalah satu-satunya pihak yang memiliki izin untuk mempergunakan foto untuk kepentingan apapun.

Jadi bagi orang yang telah mengupload foto di instagram, jangan heran jika sewaktu-waktu foto itu digunakan instagram untuk kepentingan iklan mereka misalnya. Dan bagi orang yang ingin menyimpan foto tersebut, hargailah orang yang telah memposting foto dengan menyebutkan sumber foto dan tidak menggunakan foto tersebut untuk kepentingan komersial kecuali seizin pemiliknya.

Mari berfoto bersama! :D

= to be continued =

No comments: