Sunday, August 9, 2015

Review Agenda UI 2015

Mau nulis review ah. Kali ini reviewnya untuk Agenda UI 2015 versi pocket yaa.

Disclaimer: review ini bukan endorse. Saya menulis review ini dengan keinginan sendiri tanpa permintaan dari siapapun. Saya juga tidak dibayar sepeser pun untuk menulisnya. Tapi jika ada yang berminat mau minta endorse juga boleh kok ihihihi :3

----------

Saya mengetahui UI memiliki agenda tahunan dari tahun 2008. Tahun di mana saya menginjak semester terakhir di kelas 3 SMA dan mulai menampakkan keinginan amat sangat untuk berkuliah di UI. Jadi jika ada info apapun tentang UI pasti saya jadi penasaran.

Di tahun 2008 itu sudah terbersit keingin untuk membeli agenda UI, tapi takut pamali. Nanti sudah jumawa punya agendanya, malah jadi nggak masuk beneran lagi. Makanya saya baru membelinya ketika agenda UI sudah masuk terbitan 2009 sampai sekarang (2015.red). Jadi total saya sudah 6 tahun jadi penggemar setia agenda UI. Oya, agenda yang saya beli selalu yang versi pocket. Saya tidak pernah membeli yang versi executive karena selain alasan harga, desain versi pocket lebih menarik daripada versi executive.

Saya memang suka menulis di agenda. Waktu SD, di sekolah ada yang namanya buku penghubung. Buku penghubung digunakan agar siswanya bisa menulis catatan tugas dari guru dan jadi sarana komunikasi antara guru dan orang tua murid. Lalu berlanjut saat SMP, saya memakai agenda bonus dari majalah Gadis. Saya memakainya di kelas 2 dan 3 SMP. Agendanya didesain gaul dan pas dengan semangat masa remaja.

Saya berniat ingin menggunakan agenda ini sampai SMA nanti. Apa daya saya berhenti langganan majalah Gadis selepas SMP. Di SMA, selama 3 tahun saya memilih menulis tugas-tugas dan keseharian saya di file binder.

----------

Baiklah, mari masuk ke review!

Agenda UI adalah program kerja dari organisasi Badan Otonom Economica (BOE). BOE adalah organisasi jurnalistik keilmuan kampus dari FEUI. Agenda UI merupakan salah satu program kerja di FEUI (kini FEB UI.red) yang paling sukses meraup keuntungan. Salah satu acara lainnya yang meraup keuntungan besar adalah Jazz Goes to Campus (JGTC) acara musik jazz tahunan tertua yang pernah diadakan di kampus.


Ini cover agendanya. Tema "Design Your Vision" tergambar dengan baik. Waktu awal mendapatkan agenda ini, gw antusias membolak-balik covernya karena ingin tahu bagaimana perspektif paling baik untuk mendapatkan arti dari cover yang ada :D

Ketika membeli, saya juga mendapat bonus berupa pulpen dari salah satu sponsor mereka yaitu www.jobsdb.co.id. Sayang pulpennya kini sudah rusak dan tintanya memang kurang tajam warnanya.


Nah lanjut ada bagian prolog dan kalender 2015 secara keseluruhan. Kritik saya di sini adalah warna background dan tulisan nyaris sama. Broken white ketemu abu-abu. Jadi tidak terlalu bisa terbaca.



Berikutnya ada kira-kira 17 halaman yang berisi tentang informasi seputar UI. Data yang tertulis seputar list fakultas, jurusan, dan kontak yang bisa dihubungi. Kembali warna antara background dan tulisan nyaris sama sehingga informasi ini jadi tidak terlalu terbaca. Padahal informasi ini amat penting bagi orang yang ingin menghubungi pihak universitas maupun fakultas.


Pembatas depan "Monthly Planner" yang.. mm.. alay detected? Maksudnya apa ya? Maaf kalau saya nggak nangkep -___-"



Kolom "Monthly Planner" yang terlalu kecil. Padahal space di tulisan bulan (contoh di gambar "February" dan "March") masih cukup luas.



Kembali pembatas "Weekly Planner" yang juga.. mm.. alay detected. Tapi kalau sudah diulang dua kali begini (awalnya ada di pembatas "Monthly Planner") pasti ada sebabnya. Maaf ya saya kembali nggak nangkep -___-"


Setiap bulan dibedakan dengan pembatas berupa kalender per bulan, kolom untuk "notes and goals", dan gambar unik beserta quote. Pada agenda UI lalu, biasanya pembatas tiap bulan berupa foto yang menggambarkan kekhasan setiap fakultas di UI. Mungkin desainer agenda UI tahun ini ingin menggunakan desain yang berbeda. 

Saran saya di sini adalah agar setiap quote ada sumbernya (sepanjang saya cek tidak ada sumber quote sama sekali), dan gambar pembatas di setiap bulan memiliki asosiasi dengan desain kolom di bulan tersebut sehingga tidak terkesan sebagai gambar acak saja.


Jika saya perhatikan, setiap bulan memiliki warna yang berbeda. Hal ini saya acungi jempol karena pembedaan warna mempermudah saya untuk mencari bulan yang saya ingin lihat.


Kembali kolom untuk menulis "Weekly Planner" yang terlalu kecil. Padahal kalau dilihat dari gambar di atas, space nya masih bisa ditarik lagi hingga atas. Hal ini membuat saya jadi sering menulis juga di bagian atas. Tetapi kalau melihat di 3 gambar di atas, terdapat bulan yang memiliki warna yang cukup gelap (hijau tua dan abu-abu.red) sehingga jika saya menulis di bagian atas tetap tidak kelihatan.



Foto yang ini adalah perbandingan antara kolom "Weekly Planner", yang di bawah tahun 2014, yang atas tahun 2015. Foto yang bawah memiliki space lebih luas dan nama bulan benar-benar ditarik ke bagian atas demi kolom untuk menulis yang lebih besar.


Bagian foto panitia. Ada 2 gambar, yang kiri agenda UI tahun 2014, yang kanan agenda UI tahun 2015. Menurut saya halaman ini harusnya menjadi halaman narsis panitia yang sudah bersusah-payah bekerja keras menghasilkan produk agenda ini. Jadi saya menyayangkan foto yang ada berwarna hitam putih dan namanya tidak terlalu jelas karena kalau saya masih menjadi mahasiswa, saya betul-betul ingin tahu siapa saja orang kreatif di balik agenda ciamik ini. 

Tetapi saya akui foto ini masih lebih baik karena ketika angkatan saya yang membuat (kalau nggak salah agenda UI tahun 2011) fotonya lebih tidak jelas dan tidak ada keterangan di foto itu siapa dan menjabat sebagai apa.


Di halaman belakang terdapat informasi nomor telepon penting (seperti kantor polisi, rumah sakit, transportasi, dll), rute angkutan umum yang melewati kampus UI di Salemba dan Depok, juga peta rute transjakarta dan kereta api krl.

Foto di atas kembali menampilkan perbandingan antara agenda UI tahun 2014 dan 2015. Di agenda 2015 ini saya acungi jempol bahwa jumlah halaman untuk peta transjakarta semakin banyak (dari 1 jadi 2 halaman). Tetapi kualitas gambarnya sayang sekali masih kurang baik. Memang rute transjakarta itu luas sehingga gambar yang ada tulisannya superkecil. Hasil cetak di agenda saya pun berbayang sehingga pusing bila menatapnya terlalu lama.


Yang ini adalah bagian rute kereta api krl. Sangat senang panitia bisa mengupdate informasi dari agenda 2014 (kiri) menjadi lebih lengkap di tahun 2015 (kanan). Tapi seperti peta transjakarta, peta krl ini juga tulisannya tidak jelas dan berbayang.

----------

Baiklah sekian tulisan saya. Maaf ya kalau isinya banyak kritiknya. Padahal saya menyadari banget kalau saya diminta membuat agenda untuk menyainginya pastilah supersulit.

Poin saya sebenarnya adalah siapa tahu ada panitia agenda untuk tahun-tahun mendatang iseng nge-google tentang agenda UI. Semoga kritik dari saya bisa jadi bahan pertimbangan untuk memperbaiki desain dan produksi agenda selanjutnya. Sejauh ini, selama 6 tahun menggunakan agenda UI, favorit saya adalah agenda tahun 2011 dengan tema desain batik dan warna coklat dan agenda tahun 2013 dengan tema desain cartoonize.

Jika ditanya, apakah saya akan menggunakan agenda UI lagi untuk tahun-tahun mendatang? Saya akan menjawabnya dengan yakin, "Ya, saya akan tetap menggunakannya!" Saya merasa belum menemukan agenda yang rutin keluar setiap tahun dengan desain menarik dan harga terjangkau seperti ini. Saya bukan orang kreatif, tapi saya suka sesuatu yang kreatif. Agenda yang saya lihat pada umumnya di toko buku isinya cenderung membosankan. Saya juga enggan rasanya membeli majalah remaja kembali agar mendapat bonus agenda karena feelnya sudah tidak nyambung.

Bekerja di bimbel juga membuat saya senang menggunakan agenda UI sebagai hadiah bagi siswa yang mendapat nilai TO terbaik. Hadiah berupa agenda ini diterima dengan antusias dan menjadi tambahan semangat bagi mereka untuk meraih UI sebagai cita-cita di masa depan.

Jadi, terima kasih ya agenda UI. Berkat kamu, kegiatan saya bisa terorganisasi dengan baik :D

= to be continued =

No comments: