Friday, June 19, 2015

Wisuda S1 Agustus 2013

Hampir 2 tahun sejak bisa disematkannya titel SE di belakang nama. Dan sekarang saatnya saya bisa menuliskan sedikit ceritanya :)

Yudisium diadakan di fakultas masing-masing. FE (sekarang bernama FEB) mengadakannya pada hari Sabtu, 24 Agustus 2013. Gladi resik wisuda dan wisudanya diadakan di Balairung pada hari Kamis dan Jumat tanggal 29 dan 30 Agustus 2013.

Ketiga acara ini sebenarnya tidak wajib didatangi. Karena inti dari ketiga acara ini adalah seremonial saja. Di dalamnya para wisudawan duduk di dalam ruangan, mendengarkan pidato dari petinggi fakultas maupun universitas, mendengarkan beberapa prestasi dan fakta yang dicapai oleh angkatannya yang lulus di semester tersebut, menikmati hiburan yang disediakan (biasanya lagu dari paduan suara Voice of Inspiration aka VOI di tingkat fakultas atau Paragita di tingkat Universitas), dan mendapat kesempatan berfoto bersama dekan atau rektor.

Saya mengetahui hal tersebut karena ada beberapa teman memilih untuk hanya datang di wisuda saja terkait masalah biaya. Jadi sebenarnya acara ini bisa dibilang untuk euforia dan formalitas saja. Tapi tentu saja acara ini menjadi penting untuk pemberitahuan kepada keluarga bahwa kita memang benar-benar sudah menyelesaikan studi dan buktinya bukan hanya selembar ijazah saja, hehe.

----------

Seperti di postingan lalu (link), yudisium saya juga dihadiri oleh Mas Buncit, sedangkan orang tua  hadir ketika wisuda.

Untuk hadir di ketiga acara tersebut, saya hanya mempersiapkan diri membeli baju resmi di Thamrin City berupa atasan (ada yang bentuknya kebaya atau atasan biasa saja) dan bawahan berupa rok. Saya tak memiliki persiapan khusus tentang make up, jilbab, maupun sepatu. Sebagai informasi, di sekitar Depok banyak sekali salon yang menyediakan layanan untuk make up dan styling jilbab (juga rambut), dan saat menjelang wisuda salon-salon itu pasti penuh karena sudah dibooking oleh para calon wisudawan.

Kadang mengiri juga sama cowo-cowo yang kayaknya persiapannya simpel banget. Paling pakai batik atau kemeja, celana panjang dan pantofel, selesai sudah. Ga perlu pakai jas karena nanti toh tertutup toga. Bahkan saya pernah dengar ada yang cuma pakai kaos oblong saja sebagai atasan hihi.

Saya memang tidak pernah memakai make up dan jilbab saya pakai saat wisuda pun sederhana, seperti yang biasa saya pakai sehari-hari. Saya senang saya tidak terlalu ribet tentang kedua hal tersebut. Berhasil tidak ribet juga karena saya tidak melibatkan ibu saya pada persiapan. Soalnya saya ingat ketika akan wisuda SMA saya merasa tidak nyaman karena ibu saya menuntut saya untuk berdandan dan memakai kerudung dimodel-model. Selama acara yang ada saya malah tidak pede dengan penampilan saya :p

----------

Selama acara yudisium, gladi resik, maupun wisuda, yang paling penting untuk saya sepertinya adalah sesi foto. Well, foto bersama dekan dan rektor (yang saat itu keduanya dipegang oleh Penanggung-Jawab karena dekan ganteng saya baru diangkat jadi staf presiden dan rektor saya jadi tersangka KPK) dilakukan oleh fotografer yang disewa dan hasilnya baru bisa diambil beberapa waktu kemudian (yang akhirnya hangus ga saya ambil-ambil gegara mager ke kampus). Untunglah saya bawa kamera digital sendiri sehingga saya tetap bisa mengambil foto bersama teman-teman lainnya.

Sebelum acara yudisium dan gladi resik, saya sempat pergi ke acara jobfair dulu. Sebelum wisuda saya sempat ke bagian fakultas untuk mengurusi transkrip. Jadilah saya dari rumah benar-benar pakai baju pergi biasa karena saya tahu repotnya kalau sudah pakai baju resmi tapi masih harus kesana-kemari. Setelah acara wisuda, saya dan keluarga menyempatkan diri untuk foto studio bersama. Sampai sekarang fotonya ada di gudang karena ternyata dinding di rumah saya sudah penuh ga ada yang bisa dipakai buat memajang foto lagi :p

----------

Well then, let's see the picture ^^

---
Yudisium
---

bareng sama anak sdm 2008 yang lulus tahun ini, Temmy dan Wahyu

bareng sama anak sdm 2009 yang lulus tahun ini, Nufa dan Christine

 Bareng Dhani dan Isni

Bareng Venty

Bareng Mega

---
Gladi resik wisuda
---

 bareng Temmy

bareng Addina. Baju wisudanya kesingkap bagian lengan, 
dan super dudul make toga bagian belakang yang ada karetnya 
malah dipake di depan :p

---
Wisuda
---

Di dalam balairung

Foto sekeluarga

 bareng Iffah

 Roby dan Putri Mandasari, couple yang terbentuk 
dari kuliah dan masih awet sampai sekarang

 Bareng Noviaa~

----------

Begitulah cerita 2 tahun lalu. Jadi yang udah ketulis adalah tentang perjalanan spip, yudisium, dan wisuda yaa. Cerita pas sidangnya belum hehe. Menyusul, insyaallah bulan ini, aminn.

= to be continued =

No comments: