Thursday, August 19, 2010

berantem melulu, capek deh~

- tulisan ini hanya sedikit pemikiran seseorang yang rieweh nglyat keributan di dunia maya yang ga kunjung habis. tapi bukan ikutan ngajak berantem loh. peace damai and gaul lah ya !

tiba2 tergerak untuk melihat video shinta and jojo di youtube. apalagi kl bukan lagu Keong Racun yang fenomenal, hahaha. trus ngeklik video Keong Racun versi bule. trus ngeklik video I no can do, versi inggrisnya lagu Cari Jodoh dari Wali.

dengerin lagu dan videonya sih oke. tapi yang bikin mengganggu tuh komen2 di bawahnya. capek banget deh isinya orang indonesia sama malaysia ribuuut mulu. gw emang orang indonesia, gw cinta sama negara gw, tapi gw ga bangga dengan kelakuan saudara setanah air gw yang bisa2nya mengeluarkan kata2 macam orang tidak berpendidikan seperti itu.

dan opini gw tentang malaysia, yah, tau kan kita tetanggaan ? tolong lah kita jaga tali silaturahmi kita. gw emang ga banyak tau daftar masalah indonesia dan malaysia udah sepanjang apa sampe kerjaannya berantem terus kek bgitu. gw tau kok, siapa pun ga suka dikata2in dan dicaci maki bgitu. ga usah deh bertanya2 siapa yang mulai duluan, kita semua kan udah gede. indonesia merdeka 17 agustus 1945, berarti sekarang udah 65 tahun, sedangkan malaysia merdeka 31 agustus 1957 (eh bener kan? ngambil dr wikipedia loh) yang tahun ini umurnya udah 53 tahun. ayolah ga usah gampang tersulut dengan makian orang yg juga ga jelas identitasnya apalagi macem di dunia maya bgitu.


bukankah kita sama2 negara dengan mayoritas penduduk islam ? aktivitas bertetangga dalam islam sangat dijunjung tinggi, karena mereka lah yang terdekat dengan kita sehingga jika kita kesulitan dan butuh bantuan, tetangga lah yang paling mudah dihubungi. hormati dan hargailah tetangga kalian. Allah SWT menciptakan makhlukNya lengkap dengan sisi baik dan buruk. buat apa menjelek2an sisi buruk karena setiap makhluk pasti memilikinya, hanya Allah SWT lah yang paling sempurna

yang saya ingat, indonesia selalu marah apabila dikaitkan dengan hal pencurian kebudayaan oleh malaysia. tapi untuk indonesia sendiri, apakah sbelum muncul insiden tersebut, kita sudah mencintai kebudayaan2 tersebut ? apakah kita terlalu lalai sehingga dengan mudah orang lain mengakui sebagai miliknya ? ini bukanlah cacian lain kepada orang indonesia. saya juga orang indonesia. tapi hendaknya kata2 tersebut direnungkan bagi kita semua (termasuk saya sendiri) apakah kita sudah benar2 mencintai kebudayaan kita sebenar2nya.. ?

untuk malaysia, humm, agak bingung sih. sering denger kl dlu orang2 malaysia banyak yang ke indonesia untuk belajar. tapi sekarang malaysia udah berkembang pesat. tapi kenapa ya kok terus2an beredar berita kalian mencuri batik lah, reog ponorogo, mencuri lagu, mengklaim resep makanan, mencuri kayu2, mencuri pulau, sampai yang terakhir mencuri ikan ??


kl indonesia sejelek yang kalian semua bicarakan (di situs youtube tersebut) kenapa sih kalian segitu ketagihannya sama indonesia ? yang lagi ribut diberitain sih emg pencurian ikan itu. dibilang kl indonesia tidak melakukan tindakan yang tegas padahal jelas2 kalian udah melanggar batas wilayah. yang lucu baru baca di kompas tadi, menteri luar negeri indonesia Marty Natalegawa membantah ucapan seseorang kl ada wilayah teritori abu2 di perlautan indonesia malaysia, yang ada adalah mispersepsi karena indonesia menggunakan peta tahun 2009 dan malaysia menggunakan peta tahun 1979. blah, saya ingin tertawa terbahak2 membacanya. benarkah begitu adanya ?? kok saya kurang percaya yah..

ada juga orang2 yang berkomentar merindukan sosok macam bung Karno yang waktu itu pernah melancarkan aksi Ganyang Malaysia. wew, no komen deh. melihat kondisi indonesia saat ini, daripada nyari musuh dan ngajakin perang, mendingan benerin urusan dalam negeri dlu deh. jujur2an aj kl semangat juang rakyat indonesia itu tinggi banget. kl udah menyangkut bangsa, semuanya pasti mau maju. tapi liat sikon dlu dong, ga bisa gtu aj kita ngajak perang tetangga. emang mau indonesia makin dicap buruk lagi ? dalam peperangan itu, menang kalah sama aja. peribahasanya : " Kalah jadi abu, menang jadi arang ". ga ada yang untung malah keduanya akan sama2 rugi.

malaysia selalu bilang kl mereka ga mencuri. trus orang indonesia disuruh baca sejarah kl malaysia dan indonesia itu serumpun, sama2 orang melayu, jadi ga bisa itu yang namanya mengklaim sesuatu jadi budayanya. nahh, kl udah tau kek gtu, berarti malaysia juga ga boleh seenaknya mengklaim dong. kl udah tau itu budaya bersama ya jgn di-hak-milik seenaknya. tapi kl masih blm tau, ya jangan sok tau. mbok ya dicari tau dlu. jangan tiba2 main dipake. emgnya enak ribut melulu ama tetangga ? ato malah malaysia itu tipe yang suka cari ribut ? ga seneng liat tetangganya adem ayem ? duh, kl tetanggaan rumah biasa sih, indonesia udah pindah daridlu ato minta ke pak RT buat ngusir kali ya. tapi berhubung ini tetanggaan negara yang ga bisa dipindahin kemana2, ya ayolah kita bersama2 bangun lingkungan yang menyenangkan untuk ditinggali.


apa perlu kita satuin aj indonesia sama malaysia biar ga usah ribut2 lagi ?



1000 teman masih kurang banyak, 1 musuh terlalu banyak..


= to be continued =

* pictures is from google.com :)

1 comments:

ahmad rizqi said...

nice post

please read it
http://blog.umy.ac.id/ahmadrizqi/2010/12/27/indonesia-malaysia-berantem/#more-34

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis