Friday, April 25, 2008

UAN SPECIAL EDITION !

prolog :
karena udah lama ga ngepost, akhirnya dengan tekad membara, gw bersiap akan memenuhi blog gw kembaliii xD. dan post yang satu ini bakalan panjaaaaaaang bgt ! jadi bwat yg mo baca, sabar aja ya mas mbak, smoga niat baik anda akan dibalas Yang Maha Kuasa, hwehehehe..

and the story begin..

hmph, walopun gw sebenernya ga maw membahasnya kembali, tapi karena permintaan rezki, dan juga karena gw udah lama ga nulis postingan panjang yang berarti ( emg selama ini pernah al ? xP ), jadi akhirnya gw memutuskan untuk menuliskannya dsini. apakah ituu ?

UAN SPECIAL EDITION.. !

first, is all about PRAUAN !!! ( nulisnya yg bener disambung bgitu ^^ )

ngapain aja sih prauan ? yaah, kek biasa laa. belajar, ngerjain soal, tryout ampe bosennnn.. trus, yang namanya buku2 soal persiapan uan maupun ringkasan pelajaran yang di-uan-in pasti laku kerass ! semua orang punya semua orang beli ! kl di ips tuh buku yang ngetren judulnya Belajar IPS SPMB Sistem Kebut Semalam yang sering kita sebut buku " Insyaallah Best Seller ! " ( gr2 di covernya ada tulisan itu. bahkan mgkn ada yg ga taw judul aslinya saking kita slalu nyebut, " Eh, buku Insyaallah Best Seller dong ! " bukan mala nyebut judul aslinya, wekeke :P ). satu yang bikin beda dari prauan gw pas smp dlu adalah keikutsertaan gw di bimbel BTA alias Bimbel Tanpa Akhir.. T_T seinget gw pas smp gw ga pernah ikt bimbel2an deh. tapi alhamdulillah lulus dengan nilai cukup memuaskan :) kl gtu mestinya uan sma ini gw bisa lebi dari itu dong ya. secara selaen belajar tryout de el el gw jg ikutan bimbel gtu. tapi sepertinya tak seindah itu sang kenyataan berjalan.. huhu.. tapi ga bole mikir yang macem2 dlu ! wong hasilnya aj jg blm keluar kan.. ? sekarang kita tinggal berdoa aja deh smoga dapet yang terbaik dari Allah Swt :) ikhtiar udah kan, sekarang saatnya kita tawakkal karena hanya Allah lah yang taw apa yang terbaik buat kita :)

hihiy, koq jd melankolis gni sih ? sekarang lanjut lagii

second, the UAN DAAY !

* hari pertama !
berangkat jam stenga 7. nyampe skul jam 7 kurang. cepet karena jarak antara ruma sama skola emg ga jauh plus gw dianterin sama supir tercintah si abang ojek, hihiy. terus denger dari org2 kl ujian dmule jam 8. mala nyesel knp ga berangkat siangan aj. abis bete bhoo nunggu lama2 di skola. rasanya pengen cepet2 ujian aj biar cepet selese juga.. --" sampe skul ktemu orang2 dah pada rame. rame ngapain ? baca2 soal, tanya jawab, nanya2 materi2 yang entar maw diujiankan. jam pertama emg ujiannya bahasa indo. tapi karena bingung maw belajar apa bwat b.indo, beberapa org memutuskan utk belajar utk jam kedua saja, yaitu matek ( bukan gara2 ud kepinteran b.indo trus mala jd ga belajar lhoo, wekeke ).

bagaimana dengan gw ? nyampe skul gw lgsg mencari kerumunan anak 12 ips, yang tentu saja mudah ditemui karena kelas ips di sekolah gw cuma ada satu yang berarti kliatan mencolok bgt laa bedanya di antara anak2 ipa lainnya. sampe sana gw akhirnya memutuskan utk duduk di sebelah seorang temen baik gw yang bernama Mega, seorg anak ipa yang terjebak dalam kerumunan anak ips, hihihiy. duduk di sebelah Mega bukan bikin satu pun dari kita ikutan belajar kek anak2 laen, mala asik ngobrol ngalur ngidul ke mana-mana, hihiy. Hare genee masi megang2 buku bwat belajar ?? udah ga jaman lagi kan ya Me,, wekeke * ketawa setan *

jam stenga 8 lebi dkit, smua anak 2008 pada ngumpul di tengah lapangan. doa bareng dipimpin Dasul. abis itu kita tos bareng sambil ngmg, " 2008 LULUS LULUS LULUUUS ! ". uhh, rasanya denger itu semangat gw jadi naik !

gmn ujiannya ? b.indo sama seperti biasanya, teteupp bikin bingung ! uhh, perasaan tiap ari gw ngomong pake b.indo deh, knapa kl dites sm ujian gni mala jd memble yak ? huhu. bagaimana dengan matek ? alhamdulillah gw bisa ngerjainnya :) walopun ada bbrp soal yg gw sih ngerasanya ga pernah keluar gtu pas tryout, mala ad d ujian :( tapi sedikit2 gw masi bisa ngerjain laa drpd b.indo yg ngebingungin banget bangett

* hari kedua !
mengambil pelajaran dari hari pertama, akhirnya gw berangkat aga siangan. tapi teteupp dianter abang ojek tercinta, hihihiy. berangkat jam 7 kurang dan nyampe jam 7 lebih. sampe skola nyari kerumunan 12 ips lagi, dan lagi-lagi memilih duduk di sebelah Mega, yang lagi megang2 buku ringkasan kimia. kali ini mencari anak ips lebi mudah. tinggal liat aja anak2 yg belajar geografi di antara puluhan anak2 yg belajar kimia, wekeke. dan seperti biasa, kedatangan gw bukannya bikin Mega khusyuk belajar, mala kita ngobrol ngalur ngidul lagiii ! uhuh, jadi ga enak nih gw ma si Megu xP * gak taw diri * jam stenga 8 lebi dkit doa bareng lagi ( kali ini dipimpin Seno ) dan tos bareng lagi.

skip langsung ke ujiannya yak. ujian pertama yaitu b.inggriss ! gw bersyukur karena bbrp tryout yang dkasi guru skola gw terutama b.inggrisnya SUSA GILA2ANN ! jadi alhamdulillah tadi ngerjainnya ckp lancar :) walopun pas nyocokin sama temen gw, jawaban gw ud bbrp yg salah jg tuh, huhuhu. lanjutt ke pelajaran kedua, yaituu geografii ! ( kl ipa dapetnya kimia ). gw sebeeellll banget sama ujian geonya. susaa gilaaa ! mana ad pertanyaan2 yg ga pernah kluar dr SKL lagi x( oya, buat yg belum taw, SKL itu adalah singkatan dari Standar Kompetensi keLulusan. semacem kisi2 gtu. jadi wajib hukumnya bwat anak2 kelas 12 ( di skola gw khususnya, ga taw yah di skola laen ) bwat taw masing2 SKL tiap2 mata pelajaran. tapi tapi oh tapiii.. di geografi tadi byk bgt perkiraan yg melenceng jauuuuh dari SKL yang ada. denger2 sih di kimia juga gtu. yang kluar kbanyakan teori. itungan cm 3 biji ! pdhl anak2 ipa pd belajar itungannya mati2an banget tuh.. huwahuwahuwa..

maka hari kedua sukses menjadi hari kelabu bagi anak kelas 12 di skola gw..
btw, di hari kedua ini, ada trans7 dateng ke skola gw bwat ngeliput lhoh.. dan taw apa tulisan beritanya pas ditayangin di berita sorenya ? " UN, siswa sekolah unggulan pun merasa kesulitan mengerjakan. " wakaka.. ( eh itu bukan maksutnya sok2an apa gmn lhoh, emg tulisannya di tipi bgituh :P )

* hari ketiga !
berangkat jam 7 lebih ! haha, makin hari makin siaang ! xP nyampe skul mencari2 Mega. tapi karena ga ktemu, yaud gw pergi ke mesjid aj. mungkin dya jg ud males kali ya kl ktemu pasti gw grecokin makanya dya ngumpet, wekeke. selain itu gw jg males gr2 tempat nongkrong anak2 berisik bgt. jam stenga 8 lebi dkit kumpul kembali. sekarang MCnya duet Dasul sama Seno ! xD abis tos kita pergi ke kelas ujian masing2. jam pertamanya ekonomi ! ( ipa dapetnya fisika ) lagi2 tragedi kembali muncuul ! ada soal2 yg gw ga taw, dan gw yakin anak2 kelas gw jg ga taw, keluarr ! huhu.. dengan sukses lah kami semua menjawab berdasarkan insting ! smoga hoki menyertai kamii, aminn !

jam keduanya sosiologi muncuuul ! ( ipa dapetnya bio ) gw bersyukur banget ga ada soal tentang tokoh n pendapatnya. karena gw sama sekali ga ngapalin ttg tokoh.. ! dan kl sampe ada aj satu soal tentang itu, pasti gw ud salah.. xP soalnya kebanyakan sih ttg analisis. tapi susahnya ngerjain soal sosiologi itu bner2 khas. kita mesti belajar dari pengalaman ! wekeke.. abis ngerjain soal sosiologi itu mumet.. mesti pake feeling, dan bukan asal sembarang feeling. feelingnya mesti tepat ! terutama soal2 analisis itu :( contoh soalnya nih ya, ada contoh piramida gtu, paling atas presiden, terus gubernur, trus walikota. pertanyaannya, status mereka didapat dengan cara apa ? pilihan gandanya : perjuangan, pengangkatan, penunjukkan, xxxxxxx, yyyyyy ( 2 pilihan lagi gw lupa :P ). coba mana jawabannya hayoo ? wong gw aj yg ud belajar sosiologi 3 taun aj bingung,, huwahuwaa :(((

and then,, UAN SELESAIIIII !!!! * hip hip huraaaayyy.. ! *

selesailah sudah cerita tentang uan gw, hihiy. bay de way, gw pengen ngasi tips nih bwat org2 yg maw uan. mgkn bwat anak2 smp kali yee yg uannya tinggal bentar lagi.. ( tanggal berapa sih ? 5 mei bukan sih ? :P ). di antaranya :

1. sarapan sebelum ujian, PENTINGG ! usahain sebisa mungkin sarapan dlu deh. soalnya gak enak bgt rasanya pas ngerjain ujian tb2 perut krucuk krucuk.. * udah pernah ngerasain soalnya..

2. jangan BELAJAR KERAS sehari sebelum ujian ! kl baca2 bwat nginget sih gapapa. tapi jangan coba nyobain soal2 baru yg ternyata ujung2nya lo ga bisa ngerjain dan mala bkn lo jadi down. apalagi yang fatal, lo mala sibuk nyari2 jawaban soal itu dan mala bikin ingetan lo tentang soal2 lainnya yg ud lo apalin mala ilang smua..

3. pake PENSIL 2B ! xD ini sih ud wajib lah yaa. secara kita kl ujian makenya LJK alias Lembar Jawaban Komputer. lo bisa milih untuk memakai pensil raut atopun pensil mekanik. sebenernya keduanya sama aj. kelebihannya, kl pensil 2B yg raut keknya ud terpercaya banget deh dari jaman dahulu kala bwat ngebulet2in itu LJK. tapi kekurangannya, lo mesti sabar utk ngeraut tu pensil karena kl pensilnya ga tajem, rasanya ga enak aj gtu ngebuletinnya ( tp gw ga taw tar pas diperiksa sm komputer kliatan apa kaga kl pensilnya tumpul tuh, keknya sih masi bisa2 aj, hwehehe ). pensil mekanik kelebihannya adalah lo ga perlu cape2 ngeraut. tapi tak ada gading yang tak retak kawan, karena kl lo terburu napsu utk ngebuletin LJKnya, dikhawatirkan LJK lo bakalan boloong, dan itu berarti NIGHTMARE BWAT LO !!! kl sampe hal itu terjadi, berdoalah kawan, semoga pengawasnya nyediain LJK lebih bwat serep dah. amiiin. dan yg ga kalah pentingnya adalah alas bwat ngebuletin ! tapi kl meja tempat lo ujian ud alus sih gapapa ga usa pake. tapi kl mejanya ga rata, wahh, gw saranin dengan sangat, lo HARUS KUDU WAJIB BAWA ALAS ! alasnya bisa macem2 koq. yang sering sih pake papan jalan ( yang alus yaa, jangan kayu yg gretek gretek. itu mah kaga ad artinya jg lo bawa alas ~_~ ), ato biar praktis, pake kartu aja ! :D macemnya KTP, ato kartu timezone juga bisa tuh dpake bwat alas ^^ dan pengalaman gw sih, kalo pun lo pake kartu bwat alas, pengawas lo ga bakal curiga nanya2 koq kenapa lo bawa kartu gtuan. laen cerita kl lo tulis contekan di belakangnya tentu, wekeke.

4. siapin alat2 yg bkl lo butuhin bwat ujian SEHARI SEBELUMNYA ! ngerepotin bgt ga sih kl tiba2 pas lo bangun tdur dan lagi mo siap2 pergi ke skola bwat ujian, tiba2 pensil lo blm diraut, ato isi pensil lo ilang, ato penghapus lo keselip lahh. dan jangan minjem jg sama temen yaa. kan kesian temen lo juga mo make. lagian masa bwat ujian penting yang amat menentukan masa depan, prepare gtuan aja gak bisa siih ? bisa dong yaa.. kan anak mama udah gede, udah maw uan, pasti udah dewasa dan mandiri juga dongs, hihihiy..


5. yang ini sih boleh iya boleh nggak. tapi gw saranin sih, ABIS UJIAN GA USA NYOCOKIN JAWABAN SAMA TEMEN. soalnya tar kl tiba2 jawaban lo beda sama temen lo, yang ada tar mood kita mala jadi down.. kepikiran jawaban kita salah pa nggak. pdhl kan ud jelas kunci jawabannya blm keluar cuy. jadi yaa, biar lo lebi tenang dan ga kebawa pikiran macem2, mending ga usah deh nyocokin jawaban.. percaya diri aj sama jawaban lo. kl salah yaa gapapa lah. kan baru salah satu masi dapet 9 gtu, wekeke. drpd sibuk nyocokin jawaban, mending lo nyiapin diri aj bwat besok, iya nggak ? x)

6. JANGAN BEGADANG ! begadang bikin jam tidur lo kurang, yang bisa berakibat lo bangun telat ! dan itu ga bangett.. yang ad sampe ruang ujian kita ngos2an gr2 lari2 berusaha biar ga telat. terus ngerjain soal dalam keadaan keringetan plus kecapekan gtu mala bikin konsentrasi lo berkurang. sekali2 laa jd anak baik, tdur tepat waktu dehh bwat ujian inii aj. manfaatnya gw yakin bakal lo rasain ga cuma pas ujian aj, tapi jg sesudahnya :)

wah, keknya tips gw biasa banget ya ? tapi yakinlah kawan, hal yg biasa seperti itu, kl dikerjakan dengan sebaik2nya, insyaallah bakal tetep banyak manfaatnya koq :)

hm hm, dah ah segitu dlu saja. capek nih ngetiknya panjang bangett. hihihiy..
oiya, tak lupa kami selaluuuu meminta doa dari temen2 smua,
DOAIN ANGKATAN 2008 LULUS UAN SEMUANYA YAA ! * amiiin *
karena segala ikhtiar alias usaha telah kami coba laksanakan, sekarang saatnya mendekatkan diri kepada Tuhan, berharap Dia akan menunjukkan jalan yang terbaik bwat kita semua :)

bye bye...

= to be continue =

3 comments:

Riana said...

Liaaaaa, aku gak tamat bacanya! Beneran puanjuaaaaaang..... hahahaha..

alin said...

oi2...slmt udh melewati uan angktn lo yg trdgr mengerikan(krn ga kyk angktn gw yg cuma 3pljrn)hahaha
gmn tuh rasanya?
inget..inget..lo msh ditungguin sama spmb..(eh yg thn ini sistemnya beda yak?gw gak ngrti cuy..)pkknya gut lak dah smg lo msk ui..(mau di ui kan?ank ips cita2nya gak jauh biasanya..plg depok lagi..hhahaaha **piss**)

alia pewe said...

@ riana : hoo, gapapa koq tante. emg kebetulan aku ud lama bgt ga ngepost, jadi sekalinya ngepost, jadi panjang bgt bginiii, hwehehehe

@ alin :
iya nih lin
masi ada uas, ujian praktek, spmb..
rasanya masi panjaaaaanggg
hihiy, bneran kali lin
biasanya anak ips tu kbanyakan tujuannya ksana
kl ipa paling kl ga fk mawnya itb, hihihiy

semoga gw masuk ui ?
amiiiin
gw sangat sangat berharap doa lo terkabul lin :)
thank you so much !

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis