Friday, November 9, 2007

memasuki november 2007

memasuki bulan november tahun 2007 ini sama saja dengan menemui kembali musim hujan. senang ? tentu saja ! mengingat beberapa bulan yang lalu jakarta panas bgt ! gila aj, masa keluar rumah jam 10 pagi aja dah berasa jam 2 siang ! weleh weleh.. kl abis dari sekolah ato pergi2 kmana gtu, nyampe rumah rasanya enakkk bgtt.. ! di ruma rasany adem ! hihiy, maksutnya lebi panas d luar ruma gtu, jadinya d ruma berasa sejuuukk.

tapi tapi, sbenerny ada hal lain yang membuat gw senang. umm, sebenarnya hal ini ga patut juga sih gw anggap sebagai kesenangan. karena walaupun menurut gw itu merupakan sebuah kesenangan, bagi orang lain hal tersebut pasti akan disebut sebagai bencana. apaa sih ? masi blm taw juga ? ok ok, akan gw beri petunjuk.. :D yang pertama, inget2 bahwa gw bersekolah di SMAN 8 Jakarta yang berlokasi di Bukitduri Tebet yang biasanya kalo uda bulan-bulan musim ujan gni bakalan kena...... ayo ayoo, ada yg suda bisa menebak ? ;) hm hm, kl masi ga inget jugaa, sini sini, tak liatin sebuah foto yang mgkn akan membuat kalian semua teringat,
gambar diambil dari www.suarapembaruan.com

nah nah nahh, kl ud lyat foto ini pasti ud bisa nebak dehh.. ( ga nglyat potony jg dah bisa nebak dr awal al.. :p ), sebuah hal lain yang membuat gw merasa senang namun bagi orang lain bencana adalahh,, BANJIRR.. !

seperti yang sudah banyak diketahui, sekolah gw yang berlokasi di Bukitduri itu berada di dataran yang lebih rendah dari tempat sekitarnya. sehingga kl Bukitduri sampe kena " jatah air " kemungkinan besar ngalirnya bakal ke daerah sekitar sekolah gw duluan. guru geografi gw pernah bilang kalo wilayah sekitar Bukitduri itu kayak mangkok, dan sekolah gw berada di tengah2ny xp

apa yang menyenangkan dari banjir ? tentu saja, LIBUR TAMBAHAN ! :D siapa sih pelajar yang ga pengen dapet libur tambahan ? apalagi anak2 8 yang digempur tyap 5 hari dari pukul 06.45 s.d. 15.30 WIB ( pengecualian hari kamis n jumat pulangny pukul 15.00 WIB C: ), ditambah berbagai bimbel ( apalagi kelas 3 kyk gw, jangan heran kl byk temen2 gw yang ngikut les sebejibun2 ), dan kegiatan keorganisasian. wah tapi kl soal kegiatan keorganisasian, d skola gw sebagian besar siswa menjalankannya dengan semangat ! dan akhir2 ini, hm, gmn ya, jadi makin males ato makin semangat kegiatan keorganisasian d skola gw ? karena datangny seorang oknum ( ud lama juga sih datengny :p ), kegiatan keorganisasian yang sudah ada menjadi " beda ". entah itu positif atau negatif, tergantung dari sisi yang memandang. kl gw sih cenderung ngeliatnya jadi negatif :p

ok ok, back to banjir, gw yakin banyak anak sekolah gw yang ud menanti2 juga kapan datengnya banjir. mungkin mencari info dengan studi literatur ( baca : nglyat d koran ato internet ) ato survey langsung ( baca : nglyat ciliwung yang lokasiny emang ga jauh2 amat dr skola ). ahh, tapi aneh juga ya harapan anak2 sekolah gw. termasuk anomali lah. di saat orang2 berharap spy jakarta ga kena banjir, ehh, anak2 8 mala ngarep sebalikny :p . tapi emang kl gw lyat2, beberapa waktu yg lalu d kompas, headlineny adala gambar seorang ibu yang sedang menyusui anaknya di loteng yang katanya berlokasi di Bukitduri ! ( gw lupa it kompas tanggal berapa.. ) gw ngelyat it langsung jadi penasaran, ini Bukitduri bagian mana yaa ? tapi pas gw berangkat ke sekolah, alhamdulillah masi ga kenapa2. terus berhubung kalo berangkat ke sekolah selalu melewati pintu air manggarai dan ciliwung, pasti mau ga mau jadi kepikiran juga kan, apa ketinggiannya bertambah, apa sama aja, ato mala berkurang ? hahaha

yah tapi suka sedih juga sih ngelyat keadaan yang kyk bgini. pas musim kemarau, rasanya panasss bgt, gersang, tanaman2 jadi pada kekurangan air, bahkan banyak orang2 yang kesulitan mendapat air. pas musim ujan dateng, enak sih adem, tapi koq ya malah jadi banjir ?

kalo ngomongin banjir pastinya jadi panjang lah yaa. gimana latar belakang banjir itu, gimana saat banjir tersebut melanda berbagai daerah2, gimana dampaknya, cara penanggulangan. hmm.. kyknya ga usah dijelasin semua orang dah pada tau ya ? iya ngga.. ? cuma yang kayaknya kurang adalah action alias tindakan!

jadi inget tadi d sekolah dapet kabar kalo film yang dibuat temen2 gw yang ikutan Kompetisi Film Dokumenter Thing Act Change yang diadakan oleh The Body Shop bagi Siswa SMA dan Pembuat Film Amatir dapet peringkat juara favorit ! wah, gw salut banget sama mereka ! di kompetisi tersebut, film2 yang dilombakan terdiri dari 3 tema, pertama tentang Global Warming, lalu tentang AIDS dan KDRT ( kekerasan dalam rumah tangga ). film yang mereka buat saat itu bertemakan tentang Global Warming. apa sih yang bikin gw salut sama mereka ? karena mereka berani untuk ikut serta dalam menyampaikan pemikiran mereka dan menyalurkannya lewat film agar orang2 yang menontonnya dapat mengerti dan lebih memperhatikan lingkungannya. dan gw taw banget itu bukan cuma sok-sokanny mereka doank di film yang mereka buat. salah satu pembuatny adalah temen sekelas gw, dan gw taw banget gmn concernnya dya sama lingkungan. two thumbs up for u guys !

kalo masalah teori pasti semua orang udah bisa lah. sekarang waktunya kita untuk bertindak ! dari hal yang kecil-kecil dulu aja deh, kayak buang sampah. uhh, udah dari kecil banget ga sih kita dsuruh untuk buang sampah pada tempatnya.. ? tapi koq ya, sepanjang penglihatan gw, masi banyak bgt orang2 yang ga peduli. pernah gw ngeliat di angkot, ada orang yang abis minum aqua gelas, terus seenaknya aja dya lempar gelasnya ke lantai angkot. di sekolah juga pernah ( sering ) gw liat temen2 gw pada buang sampah di kolong meja atau di lantai. pas gw tanya, mereka pada jawab, " tar juga dibersihin koq sama penjaga sekolah." iih, jawaban yang ngga bgt menurut gw ! coba kalo pada disuruh nyapu sendiri2, mungkin ga ya mereka jadi pada ga lagi buang sampah sembarangan ? :p pernah juga gw ngelyat ada orang yang seenaknya buang sampah ke sungai atau got. pas gw protes ngmg, " kl lo buang sampah ke sungai ato got, tar bisa2 tersumbat n bikin banjir !", mala dijawab, " cuma bungkusan permen al yang gw buang, kecil koq !", yang gw bales, " bayangin kalo semua orang berpikiran sama kyk lo, maw jadi lautan bungkus permen sungai2 di indonesia ?! " terus orang d depan gw cm bisa cengengesan aj.

huuh, apa sih susahnya nahan diri sebentar untuk naro bungkusan permen ato sampah2 lainnya di tas ato kantong sebentar sampai ketemu tempat sampah ? toh dengan begitu kan lingkungan juga jadi rapi ga bau ga berantakan penuh sampah. kadang suka sedih banget kalo lagi ngelewatin pintu air manggarai yang sungainya penuhh sampah sampe airnya sendiri ga kliatan !
pintu air manggarai pnuh sampah

tau sih kalau jakarta emang terletak di dataran rendah dan memang mendapat limpahan air dari bogor dan sekitarnya. tapi apa kita ga bisa meminimalisirnya ?

gw jadi inget waktu itu pernah baca juga di kompas, udah lama juga sih, di bagian kolom Nama dan Peristiwa, cerita tentang Imelda Fransisca yang selalu buang sampah pada tempatnya. Kenapa dia bisa seperti itu ? di artikel tersebut dia bercerita, pas dia kecil, dia suka buang sampah sembarangan. ibunya yang gemas melihat tingkahnya pun menjalankan suatu rencana. ketika Imel kecil membuang sampah sembarangan, sang ibu akan memungut sampah tersebut. ketika sampai di rumah, dibuanglah sampah tersebut ke kamar Imel. hal tersebut terus menerus terjadi sehingga akhirny kamar Imel pun menjadi penuh sampah. dan dari hal kecil tersebut, dia jadi menyadari betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya.. :)

jangan budayakan NATO alias No Action Talk Only. jujur aj walopun skrg gw lg ngebahas ttg banjir dan lingkungan, gw jg bukan orang yang sebegitu carenya sm lingkungan. gw masi sering make wadah dari stereofoam, masi suka ngarepin dateng banjir byar dapet libur tambahan :p , masi suka nyalain lampu walopun ga dipake, dan kebiasaan2 buruk lainny. gw sampai saat ini masih berusaha agar dapat memelihara lingkungan sebaik2nya. walopun tindakan ini terbilang kecil, kayak buang sampah pada tempatnya, memakai kertas bolak balik, dll, percaya deh, insyaallah tindakan kita sedikit demi sedikit dapat menjaga bumi :) kuncinya, lakukan secara teratur dan bersama2 ! inget aja sebuah perubahan besar tentunya didahului sebuah langkah kecil yang jika terus menerus dilakukan akan membawa kita dalam perbaikan yang berarti.. ^^

= to be continue =

* oiya, kl ad yang penasaran sama film yang dibikin temen gw, lo bisa buka http://www.thebodyshop-film.com dan nonton filmnya di sana langsung dari websitenya yang berjudul " Utopia " :)

7 comments:

edisamsuri said...

Setuju NATO...Pemerintah selaly ada apel kesiapan Bnajir..kenyataannya pas banjir tetap aja ngga siap...

Truzzzzzzzz...Bukan jakarta kale ya alia kalau ngga banjir..
btw..dah siap ngga kalau rumahnya kebanjiran.

alia pewe said...

@ edi : iya. padahal banjir sudah menjadi seperti bencana tahunan. tapi kenapa solusinya belum terpecahkan sampai saat ini ? yang ada akhirnya bukan pencegahan banjir, tapi penanganan banjir. tentunya setelah ada daerah2 yang menjadi korban, huwah..

bukan jakarta kalo ga banjir ? ahahaha. alia juga bingung tuh. kalo alia lagi ditanyain sekolah di mana dan jawab di sman 8, pasti orang2 langsung mengasosiasikan dengan, " oh, yang sering banjir itu ya ?! " xp

siap kalo rumahnya kebanjiran ? alhamdulillah taun kemaren ga kebanjiran, smoga taun ini ngga deh ya.. :)

Aditya N B said...

ada orang yang abis minum aqua gelas, terus seenaknya aja dya lempar gelasnya ke lantai angkot. di sekolah juga pernah ( sering ) gw liat temen2 gw pada buang sampah di kolong meja atau di lantai. pas gw tanya, mereka pada jawab, " tar juga dibersihin koq sama penjaga sekolah." iih, jawaban yang ngga bgt menurut gw ! coba kalo pada disuruh nyapu sendiri2, mungkin ga ya mereka jadi pada ga lagi buang sampah sembarangan ? :p pernah juga gw ngelyat ada orang yang seenaknya buang sampah ke sungai atau got. pas gw protes ngmg, " kl lo buang sampah ke sungai ato got, tar bisa2 tersumbat n bikin banjir !", mala dijawab, " cuma bungkusan permen al yang gw buang, kecil koq !", yang gw bales,

untung gelas air mineral itu kecil ya, kalau segede ember kacau ya...terus permen segede bantal, berarti kan bungkusnya segede apa? waaaah jakarta udah tenggelam setiap musim hujan kalau kelakuannya kaya gitu sembarangan buang sampah.hehehe

ferry lazzuardo said...

terima kasih atas informasinya
sungguh bermanfaat artikel ini..thanks for share
mobil kota

ferry lazzuardo said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update! double cabin

harga kawasaki Z800 said...


Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Kawasaki Z800

Morgan Smash said...


terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Morgan SMASH

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis