Sunday, October 28, 2007

sajak-sajak Sutardji Calzoum Bachri part 1

ternyata kesibukan sekolah bnar2 menguras tenaga ! jadiny baru sekarang deh sempet ngelanjutin nulis blognya. oke oke, sperti janji gw d postingan blog yang sebelumnya, gw akan menulis bbrp puisi karya Sutardji Calzoum Bachri. Btw, ini sekilas profil beliau..

Sutardji Calzoum Bachri (lahir 1941 di Riau) adalah pujangga Indonesia terkemuka. Setelah lulus SMA Sutardji Calzoum Bachri melanjutkan studinya ke Fakultas Sosial Politik Jurusan Administrasi Negara, Universitas Padjadjaran, Bandung. Pada mulanya Sutardji Calzoum Bachri mulai menulis dalam surat kabar dan mingguan di Bandung, kemudian sajak-sajaknyai dimuat dalam majalah Horison dan Budaya Jaya serta ruang kebudayaan Sinar Harapan dan Berita Buana.

Dari sajak-sajaknya itu Sutardji memperlihatkan dirinya sebagai pembaharu perpuisian Indonesia. Terutama karena konsepsinya tentang kata yang hendak dibebaskan dari kungkungan pengertian dan dikembalikannya pada fungsi kata seperti dalam mantra.

Pada musim panas 1974, Sutardji Calzoum Bachri mengikuti Poetry Reading International di Rotterdam. Kemudian ia mengikuti seminar International Writing Program di Iowa City, Amerika Serikat dari Oktober 1974 sampai April 1975. Sutardji juga memperkenalkan cara baru yang unik dan memikat dalam pembacaan puisi di Indonesia.

Sejumlah sajaknya telah diterjemahkan Harry Aveling ke dalam bahasa Inggris dan diterbitkan dalam antologi Arjuna in Meditation (Calcutta, India), Writing from the World (Amerika Serikat), Westerly Review (Australia) dan dalam dua antologi berbahasa Belanda: Dichters in Rotterdam (Rotterdamse Kunststichting, 1975) dan Ik wil nog duizend jaar leven, negen moderne Indonesische dichters (1979). Pada tahun 1979, Sutardji dianugerah hadiah South East Asia Writer Awards atas prestasinya dalam sastra di Bangkok, Thailand.

O Amuk Kapak merupakan penerbitan yang lengkap sajak-sajak Sutardji Calzoum Bachri dari periode penulisan 1969 - 1979. Kumpulan sajak ini mencerminkan secara jelas pembaharuan yang dilakukannya terhadap puisi Indonesia modern.

- info diambil dari http://wikipedia.org/

puisi-puisi yang gw ambil berasal dari buku kumpulan sajaknya Sutardji Calzoum Bachri yang berjudul O Amuk Kapak. tapi karena dari awal gw ga ngeh kl it kumpulan dari 3 buku sajak ( gw kira it judulny emang cm mengacu ke 1 buku doank xp ) jadiny gw ga taw it berasal dari kumpulan sajak O, Amuk ato Kapak. ehehe, kl penasaran googling aj yap, ato cb lyat2 d perpus dket tempat lo ( d skola, ato perpus umum kek :p ) sapa taw ad tu buku.. x)

Pot ( 1970 )

Pot apa pot itu pot kaukah pot aku

Pot pot pot

Yang jawab pot pot pot pot kaukah pot itu

Yang jawab pot pot pot pot kaukah pot aku

Pot pot pot

Potapa potitu potkaukah potaku ?


O

Dukaku dukakau dukarisau dukakalian dukangiau
Resahku resahkau resahrisau resahbalau resahkalian
Raguku ragukau raguguru ragutahu ragukalian
Mauku maukau mautahu mausampai maukalian maukenal maugapai
Siasiaku siasiakau siasiasia siabalau siarisau siakalian siasiasia
Waswasku waswaskau waswaskalian waswaswaswaswaswaswaswas
Duhaiku duhaikau duahairindu duhaingilu duhaikalian duhaisangsai
Oku okau okosong okalian obolong orisau okau O..

Shang Hai ( 1973 )

Ping di atas pong
Pong di atas ping
Ping ping bilang pong
Pong pong bilang ping
Mau pong ? Bilang ping
Mau mau bilang pong
Mau ping ? Bilang pong
Mau mau bilang ping
Ya pong ya ping
Ya ping ya pong
Tak ya pong tak ya ping
Ya tak ping ya tak pong
Kutakpunya ping
Kutakpunya pong
Pinggir ping kumau pong
Tak tak bilang ping
Pinggir pong kumau ping
Tak tak bilang pong
Sembilu jarakMu merancap nyaring

Jadi

Tidak setiap derita

Jadi luka

Tidak setiap sepi

Jadi duri

Tidak setiap tanda

Jadi makna

Tidak setiap tanya

Jadi ragu

Tidak setiap jawab

Jadi sebab

Tidak setiap seru

Jadi mau

Tidak setiap tangan

Jadi pegang

Tidak setiap kabar

Jadi tahu

Tidak setiap luka

Jadi kaca

Memandang Kau

Pada wajahku !


Luka ( 1976 )

Ha ha

Kalian

Pun

- this post will be continue to sajak-sajak Sutardji Calzoum Bachri part 2

No comments: