Thursday, October 18, 2007

perpustakaan

gw suka baca buku. yah mgkn pilihan buku bwat gw emg masi terbatas ( baca : ga maw baca buku yang berat2 n bikin pusing ). gw suka ke perpus karena di sana banyak buku. tapi gw jd suka bertanya2, kenapa ya orang2 suka nganggep it adala sebuah tempat yang membosankan ? bahkan kadang2 nganggep kl perpus it adala tempat yang nyeremin. hwe ?

gw diperkenalkan kepada perpus waktu gw masi SD. gw sekolah di SD alarm. ad yg taw dmana it alarm ? Smilies perpustakaan dsana emg ga terlalu gede. tapi nyaman karena adem ( AC tentu Smilies ) dan dialasi karpet. dsana juga terdapat meja2 kecil bwat baca buku ( jadi baca bukunya sambil lesehan gtu ). buku2nya pun menarik buat gw yang waktu it masi SD. ada buku cerita, ensiklopedi dengan gambar2 menarik, kisah para Nabi dan Rasul ( secara sekolah islam ), dll. berlanjut ke SMP. gw sekolah di SMP alarm. cuma berjarak 1 lapangan basket dari SD alarm Smilies perpustakaan dsana juga ga beda jauh sama yang d SD. mala mungkin ukuranny lebi kecil. tapi buku2 yang ad dsana tetap menarik bwat gw. banyak buku2 baru yang tersedia, jg novel2 macemnya Harry Potter, LOTR, dll. ahh, saat itu rasanya gw nyamaaann bgt kl lagi ad d perpus. mala hampir tyap istirahat gw ksana, ahaha

sampe di SMA. gw melihat satu hal yang sangat berbeda dengan apa yang byasanya gw lihat. masi tentang perpustakaan tentu. tapi perpustakanny... bukunya berdebu, tua, lama, kusam, berat2, sama sekali ga menarik minat gw deh pokokny.. ! mana masi ad buku yang make ejaan lama pula. ampe bngung gw bacanya. novel2 yang ad dsana juga ga ad yg gw taw. paling cm inget judul macem2ny siti nurbaya, layar terkembang, tak putus dirundung malang, atheis, merahnya merah. kok ya gw nglyat it jadi ga merasa tertarik apa gmana yah. bukunya tebell, tulisanny kecil2, gambarny jarang2, bahasany ejaan lama, mala ad yg make bahasa daerah,Smilies Smilies huwahh.. manaa, katany perpus sekolah negri dibiayai negara, koq bukunya bisa ga terapdet gtu ?? huuh, pantesan aj temen2 gw ogah ke perpus, gw aj yg suka ke perpus mesti berpikir ulang bwat ksana, ahaha. untungnya karena kbanyakan dsana buku lama, gw jd bisa nemu2 buku2 puisi yang sbelumny ga pernah gw temui di toko buku ( ato gw aj yg ga teliti jd ga nglyat ? ). kyk karanganny Rabindranath Tagore, Rendra, Sapardi Djoko Damono, Chairil Anwar, dan yang baru2 ini gw baca, karangan Sutardji Calzoum Bachri. Nah, beberapa postingan gw selanjutny mgkn akan menulis beberapa puisi karangan dya. so, jangan lupa baca ya ? Smilies

setela membaca beberapa kumpulan puisi, jadi kerasa banget ya bedany gaya yang dimiliki tyap orang ( ya iyala ! ). ad orang yang seneng bgt nulis puisi menggunakan perumpamaan benda2 yang ad di alam ( tapi gw bacany lama2 jd bosen ), ad yang suka bgt nulis blak blakan. ad yang kadang maknanya susa dimengerti. ad yang bahasanya haluuuss skaliii. nah, kl bahasany si Sutardji dalam buku puisinya yang berjudul " O Amuk Kapak " ini termasuk bahasa puisi yang sulit dimengerti, oleh gw tentunya, entah orang lain ya. Seperti yang dikatakan pada, err, di bukunya ga ad kata pengantar tapi namanya Kredo Puisi,

"
Kata-kata harus bebas dari penjajahan pengertian, dari beban idea. Kata-kata harus bebas menentukan dirinya sendiri.


Dalam puisi saya, saya bebaskan kata-kata dari tradisi lapuk yang membelenggunya seperti kamus dan penjajahan-penjajahan lain seperti moral kata yang dibebankan masyarakat pada kata tertentu dengan dianggap kotor ( obscene ) serta penjajahan gramatika
. "

wew, pernyataan yang memang sangat menggambarkan isi puisi-puisi yang ada di dalamnya. emg sih kebanyakan puisi2nya dya lebi mementingkan bunyi bukan arti. yang kata guru gw, puisinya seperti berbentuk mantra. apalagi kl dibaca aga cepet, permainan bunyinya lucu aj didengernya. hm hm.. ok, lets enjoy his poetries in my next post yoo !

= to be continue =

* ohh ibu perpuss, maapkanlah muridmu ini karena lupa mengembalikan buku pinjamann. duhh, knapa sih gw g inget bwat ngembalikin ni buku pas sblm liburan.. ! jd denda banyak kann..Smilies mana bu perpus it mukany galak bet lagi, huwahuwaa

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis