Thursday, October 22, 2015

Not Everybody Is As Intellectual As You Are

When You are Professional at Work

When you are professional at work, you tend to communicate effectively. In your daily life, you will get used to understanding that not everybody is as intellectual as you are, so you adjust your language to make sure the other person gets you instead of embarrassing her for not understanding you.

Quote by Diana Rikasari (link)

Saya orang yang suka bertanya. Kadang ketika ada orang bilang sesuatu, jika saya belum mengerti sepenuhnya ucapan dia, saya akan bertanya kembali meminta penjelasan.

Tidak semua orang suka ditanya seperti itu. Ada orang-orang yang menganggap saya annoying dan melecehkan saya, yang membuat saya merasa jadi orang paling bodoh sedunia, haha.

Kini dengan profesi saya sebagai guru, akhirnya saya merasakan sendiri pengalaman ditanyai seperti itu. Tidak semua murid saya ingin bertanya langsung pada saya. Banyak yang diam saja, padahal mukanya terlihat masih nggak ngerti. Banyak yang takut bertanya karena tidak mau dianggap bodoh.

Yak, kamu mau bertanya apa?
Gambar dari www.sujanpatel.com (link)

Tentu saja tidak selamanya mereka bisa seperti itu. Saya harus menciptakan sebuah atmosfir bahwa bertanya itu sesuatu hal yang baik-baik saja. Saya mengapresiasi yang bertanya. Saya berterima kasih pada siswa lain di kelas yang bisa menjelaskan dengan bahasa yang lebih baik dan lebih dimengerti oleh teman-temannya daripada bahasa saya. Bahkan untuk memancing saya agar mengobrol saja bukan mengajar (jangan ditiru, ini hal jelek, haha), saya minta mereka bertanya kepada saya apa yang ingin diobrolkan :p

Saya pernah dinasihati, jika saya tidak bisa menjelaskan sesuatu yang rumit dengan bahasa saya sendiri yang simpel, berarti saya belum benar-benar mengerti tentang hal tersebut. Ada juga dulu teman sekampus saya yang sengaja menggunakan bahasa sulit ketika menjelaskan sesuatu agar dia dianggap "cerdas". Padahal dia tahu audiensnya tidak ada yang mengerti tetapi malas bertanya. Sayang waktu itu saya juga jadi enggan bertanya karena saya tidak mengerti hampir keseluruhan ucapannya. Nanti penjelasannya kelamaan trus istirahatnya kepotong gimana? *lah :p

Sekarang sudah ada media sosial bernama ask.fm (link). Media sosial di mana orang bebas bertanya kepada orang yang ingin ditanyakan. Saya merasa yang ikutan ask.fm itu orang yang kayaknya minta ditanya banget sih, haha, sampai harus ikutan media sosial ini. Padahal kan harusnya lewat media apapun atau secara langsung juga bisa bertanya ya.

Jadi, bertanyalah sebelum bertanya itu dilarang~

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis