Tuesday, October 13, 2015

Cara Menambahkan Halaman Menu di Blogger Blogspot

Yeay, akhirnya berhasil mendapatkan template blog yang simpel dan sesuai dengan keinginan saya! :D

Udah tahu kan kalau sebelumnya saya sempat kesal karena ternyata tren template yang ada sekarang tidak sesuai keinginan saya (link). Ternyata tinggal mengubah mode pencarian di google dari "template blogger" menjadi "simple template blogger" saja, sudah langsung memberikan jawaban yang saya inginkan. Makasih ya oom google :')

Nah, dari penggantian template blog ini, saya mempelajari satu hal yang baru, yaitu bagaimana membuat dan menambahkan menu untuk bagian atas blog. Itu lho, yang tulisannya biasanya ada "Home", "About Me", "Contact", dll. Waktu masih memakai template dan bentuk dashboard blogger yang lama, menambahkan menu tersebut membutuhkan kode CSS khusus. Yang mana untuk saya yang gaptek soal kode-kodean jadi kesulitan karena bingung bagaimana cara menambahkannya. Tetapi blogger sangat baik hati memberikan kemudahan untuk para penggunanya, dan sekarang saya akan coba membagikannya di sini :D


Cara Menambahkan Halaman Menu di Blog Blogger / Blogspot

1. Login ke akun blogger anda, lalu akan terlihat "Dashboard" blog anda.

klik gambar untuk memperbesar

2. Lalu, di sebelah kanan nama blog yang ingin kita tambahkan halaman Menu terdapat pilihan "Post Lists". Klik panah ke bawah yang ada di sampingnya hingga muncul beberapa pilihan. Klik tulisan "Pages".

klik gambar untuk memperbesar

3. Akan terlihat halaman "Pages" seperti ini. Pilih "New Page".

klik gambar untuk memperbesar

4. Tulis apa yang ingin ditampilkan di Menu Pages tersebut. Cara menulisnya sama dengan menulis postingan blog biasa. Jika sudah, klik "Publish".

5. Jika sudah dipublish, secara otomatis kita akan kembali ke layar "Pages". Lihat di sisi kiri, kini pilih "Layout".

 
klik gambar untuk memperbesar


6. Akan muncul halaman "Layout". Coba cari tulisan "Add Gadget".

klik gambar untuk memperbesar

7. Akan terbuka pilihan "Add Gadget" yang bisa ditambahkan. Scroll hingga terlihat pilihan "Pages". Klik tulisan "Pages" atau tanda "+" (plus) yang ada di sebelah "Pages".

klik gambar untuk memperbesar

8. Setelah mengklik "Pages" atau tanda "+" akan terlihat halaman sebagai berikut.

klik gambar untuk memperbesar

- Kolom "Title" diisi untuk membedakan antara gadget "Pages" dan lainnya di layout.
- Di bagian "Pages to Show", beri tanda ceklis untuk "Pages" yang ingin dimunculkan di blog. Kita juga bisa menambahkan link dari luar, misalnya link media sosial kita seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll.
- Di bagian "List Order", kita bisa mengurutkan "Pages" yang ingin dimunculkan paling awal hingga paling akhir.
- Di bawahnya ada bacaan "Tip", yang memberi tahu kita bahwa jika kita meletakkan "Pages" di bagian atas blog, tampilannya akan memanjang dari kanan ke kiri. Sedangkan jika kita meletakkannya di sisi samping (side bar), tampilannya akan menurun dari atas ke bawah.

Jika sudah, klik "Save"

9. Kemudian, ceklah tampilan blog kita kembali. Jika sudah melakukannya dengan benar, seharusnya sudah ada tambahan "Pages" di sana. Seperti di dalam blog saya, saya meletakkannya di sebelah atas.

klik gambar untuk memperbesar

Demikian tutorial cara menambahkan menu di blog. Semoga bermanfaat yaa.

Semua foto berasal dari blog saya sendiri. Sedangkan tutorial ini bersumber dari www.support.google.com (link) dan www.wikihow.com (link).

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis