Wednesday, March 14, 2012

a few things from Personality Puzzle

Buku Personality Plus merupakan salah satu buku bertema Psikologi yang gw sukai. Banyak hal yang gw dapat dari buku ini, terutama tentang bagaimana memahami karakteristik kekuatan, kelemahan, dan bagaimana bergaul dengan berbagai tipe orang. Di buku ini, pengarangnya membuat 4 klasifikasi kepribadian : Sanguinis yang Populer, Melankolis yang Sempurna, Koleris yang Kuat, dan Phlegmatis yang Damai. setelah mengikuti kuisnya, gw mengetahui bahwa gw berkepribadian sebagai Phlegmatis yang Damai :)

Bulan Januari kemarin, ketika ke toko buku, gw melihat serial buku Personality Plus yang lain, yaitu Personality Puzzle ! sebenarnya kalau dilihat dari tanggal terbit, dia sudah muncul dari tahun 1997, tapi karena baru lihat jadi saya menganggapnya buku baru haha. dan seperti biasa, buku ini memberikan ketertarikan yang sama bagi gw untuk membacanya.



gw akan share sedikit tentang Phlegmatis yang Damai yang buat gw cukup menarik :)

----------------------------------------------

Kepingan Phlegmatis yang Damai tidak tampak jelas bagi pengamat sambil lalu. Tetapi ditemukan bahwa kebutuhan emosional orang Phlegmatis yang Damai adalah penghormatan dan perasaan diri berharga.

Karena sifat mereka yang pendiam dan puas diri, orang Phlegmatis yang Damai tampaknya merasa senang di mana pun mereka berada dan apapun yang terjadi. Penampilan itulah yang memberi mereka kebutuhan akan penghormatan dan perasaan diri berharga.

Watak Sanguinis yang Populer mengukur orang dengan seberapa lucu dan menyenangkan mereka. Karena orang Phlegmatis yang Damai biasanya tidak menciptakan kelucuan dan kegembiraan, orang Sanguinis yang Populer cenderung tidak menghargai orang Phlegmatis yang Damai.

Watak Melankolis yang Sempurna menghargai orang yang mengatur kehidupannya, mendalam, dan berpikir masak-masak. Karena orang Phlegmatis yang Damai cenderung mengambang dalam kehidupan dan mungkin tidak pernah membual mengenai kehidupannya, orang Melankolis yang Sempurna mungkin tidak pernah menghargai orang Phlegmatis yang Damai.

Orang Koleris yang Kuat menilai seluruh kehidupan dengan produksi, dan karena orang Phlegmatis yang Damai lebih suka beristirahat daripada bekerja, mereka sering dibuat merasa tidak berharga oleh orang Koleris yang Kuat.

Kehidupan yang diluputkan dari perhatian dan mendapat penghormatan rendah menciptakan keinginan yang mendalam akan penghargaan dan rasa diri berharga pada orang-orang Phlegmatis yang Damai.

diambil dari buku Personality Puzzle karya Florence Littauer dan Marita Littauer

= to be continued =

No comments: