Di penghujung tahun 2016 ini, saya ingin membuat review satu barang yang selalu mengiringi hari-hari saya di tahun 2016, yaitu adalah: agenda!
Sumber gambar: tokopedia.com (link)
Sejak tahun 2009 hingga 2016,
kira-kira 7 tahun lamanya, saya selalu setia menggunakan agenda yang
diterbitkan oleh organisasi Badan Otonom Economica (BOE) FEUI. Saat masih
menjadi mahasiswa, saya sempat setahun bergabung di dalamnya. Jadi saya sempat
mengikuti juga bagaimana kerja keras teman-teman saya yang ikut menjadi panitia
pembuatan agenda tersebut.
Proyek Agenda UI juga menjadi salah satu proyek yang
mendatangkan keuntungan sangat besar. Biasanya agenda yang dijual cepat sekali
habis karena target pasar yang terbagi atas siswa SMA (yang pengen banget masuk
UI. Sebelum masuk at least punya agendanya dulu hehe), mahasiswa UI, dan para
alumni. Kalau tidak salah biasanya mereka menerbitkan kurang lebih 3.000 kopi
per tahun. Harganya berkisar Rp30.000an. Kalau kita bulatkan jadi Rp30.000,
hitungan kasarnya BOE akan mendapatkan pendapatan kotor sebesar Rp90.000.000,
amazing! :D
Saya membeli ketika saya sudah
menjadi mahasiswa. Karena berkuliah di FEUI, mudah sekali mendapatkan agenda
tersebut. Saya tinggal mendatangi sekretariat BOE saja, selesai. Tidak pernah
takut kehabisan karena saya selalu membelinya di awal.
Selain untuk diri saya sendiri,
saya biasanya juga membelikan untuk siswa-siswa yang saya ajar yang mendapatkan
nilai tryout tertinggi. Lumayan kan harganya tidak begitu mahal, tapi kesan
yang didapat begitu besar dan semoga dapat menambah semangat belajar untuk
mencapai UI :)
Saya lulus di tahun 2013. Akhir
tahun 2013, saya membeli agenda dengan menitip pada junior saya yang masih
berkuliah. Akhir tahun 2014 saya membeli pada reseller yang pengambilannya dilakukan
di kampus.
---
Nah, yang mau saya soroti adalah
pembelian di akhir tahun 2015 untuk Agenda UI 2016. Saat itu saya butuh mendapatkan agenda tersebut
di awal Desember karena agenda tersebut lagi-lagi akan saya berikan ke
siswa-siswa saya. Junior saya di kampus sedang tidak bisa saya titipi untuk
membeli. Jadilah saya harus melakukan pembelian via website, reseller, atau
langsung datang ke kampus.
Opsi langsung datang ke kampus
saya pinggirkan karena saya ingin mendapat kepastian dulu jika saya datang ke
sana, saya akan mendapatkan si agenda. Cmiiw, akhir tahun 2015 itu adalah salah
satu tahun awal di mana Agenda UI memberikan opsi pembelian via website. Saya
mencoba melakukan pembelian, transfer, dan konfirmasi via email di akhir
November. Lalu saya tunggu kok sudah seminggu tidak ada respons ya dari
panitianya?
Saya mencoba menghubungi via line
dan menelpon langsung narahubung yang kontaknya tertera. Tidak ada respons sama
sekali. Wah kacau, pikir saya.
Akhirnya saya curhat ke teman,
ternyata dia mendengar kabar ada temannya yang lain yang menjadi reseller.
Kebetulan saya kenal dengan orangnya, langsung saya kontaklah dia. Dia bilang
dia sedang rieweuh karena dari panitia pusat Agenda UI mengatakan bahwa stok
agenda sudah mulai menyusut, sehingga beberapa orang yang bahkan sudah bayar ke
si teman saya yang reseller ini harus dia kembalikan uangnya karena barang yang ada
tidak cukup.
Duh gawat, pikir saya lagi. Saya
kan sudah bayar. Lagipula saya butuh banget agenda itu. Gimana ya supaya bisa
langsung terhubung dengan panitia inti yang menangani hal ini?
Saya pun berusaha berselancar di
internet mencari kontak yang bisa saya hubungi. Tibalah saya di twitter
@agendaUI (link) dan mencoba mencari-cari nomor. Ada poster untuk open recruitment
panitia dan ada nomor yang bisa dihubungi! Langsung saya kontak nomor tersebut.
Ternyata itu adalah nomor vice
project officernya, alhamdulillah. Segera saya ceritakan masalah saya, dan
senang sekali mbak yang menerima telpon saya memperbolehkan saya untuk langsung
datang ke sekretariat BOE untuk
mengambil agendanya :”)
Jadilah cerita pembelian Agenda UI
2016 di akhir tahun 2015 berakhir bahagia walau harus pakai sesi panik karena proses pembelian via website yang tidak kunjung direspons.
---
Lalu bagaimana dengan pembelian
Agenda UI 2017 di akhir tahun 2016?
sumber: bukalapak.com (link)
Karena respons pembelian via
website yang kacau tahun lalu, saya pikir untuk tahun ini saya mau beli
langsung ke sekretariat BOE saja. Tapi tentu sebelum kesana saya harus tahu
apakah agendanya sudah tersedia sudah belum.
Sayang sekali kembali saya sulit
mendapatkan informasi yang ada. Baik website, twitter, facebook, dan instagram
update-annya sedikit sekali. Seakan panitianya tidak ada yang berpikir bahwa
ada lho orang yang mau beli yang menunggu-nunggu informasi lewat media sosial. Bahkan
saya pernah menangkap basah panitia yang memegang akun instagram Agenda UI
menggunakan fitur instagram story untuk kepentingan pribadinya. Sempat saya
tegur dan dia mengaku dia lupa bahwa akun tersebut bukan akun pribadinya.
Narahubungnya dihubungi via line
menjawab sih. Tapi jawabannya cuma menyampaikan bahwa agendanya belum tersedia
dan tidak ada kepastian kapan agendanya akan ada.
Saya pikir mungkin ini terjadi
karena Agenda UI itu penjualannya sangat laris sehingga walaupun kanal-kanal informasi tidak
diperbaharui isinya juga tidak akan menyurutkan penjualan. Padahal tahun ini
akhirnya saya hanya butuh agendanya untuk diri saya sendiri saja. Jadilah
karena tidak ada kepastian, saya membeli agenda di Gramedia. Agendanya isinya
standar dengan desain kaku merk Daiichi.
iya ini bentuk agenda saya untuk 2017, tapi warnanya merah
Tapi kalau akhir-akhir ini saya
lihat di update terbaru instagram, bagian desain Agenda UI 2017 memilih desain yang lebih feminin yang
sebenarnya jika saya tilik kurang sesuai ketika dilihat lagi target pasarnya yang menyasar baik
laki-laki maupun perempuan yang masih di SMA – kuliah – ataupun alumni yang
sudah bekerja. Saya kira mereka akan memperbaiki desain 2016 yang ada satu
bulan di mana warna harinya semuanya pink dan bergambar perempuan, yang saya
rasa jika saya laki-laki saya akan malas melihatnya. Tapi malah tahun ini jadi
lebih feminin ya.
Desain Agenda UI 2016 bulan November yang ngepink. Sumber: pribadi.
Salah satu halaman dalam Agenda UI 2017. Sumber dari google.
Ya sudahlah, sekian unek-unek
saya. Sekarang penjualan Agenda UI sudah dimulai. Jadi kalau ada pembaca yang
ingin membeli, silakan cari kontaknya via google. Kalau ada panitia Agenda UI
yang membaca, semoga kritik saya bisa menjadi masukan, terutama di bagian sales
dan marketing juga desain. Diperbaiki ya untuk Agenda UI 2018 nanti. Siapa tahu
kalian masih mau saya balik lagi menjadi pembeli setia, hehe.
No comments:
Post a Comment