Tuesday, February 3, 2015

Ruas Jalan Terowongan Manggarai Sudah Dibuka Kembali, Yeay!

Follow up dari postingan "Penutupan Satu Ruas Jalan Terowongan Manggarai 23 April 2013 - Juni 2014" (link). Walaupun nggak sesuai tanggal yang terpampang di spanduk, tapi akhirnya pengerjaan proyek pintu air manggarai rampung di Januari 2015, yeaaaayyyy !

Udah dibuka horeeee..
Sumber gambar: kompas.com (link)

Total waktu yang digunakan untuk mengerjakan proyek tersebut dihitung-hitung memakan 1 tahun 9 bulan. Dari kompas.com (link), ruas jalan yang sebelumnya ditutup telah dibuka kembali pada Jumat, 23 Januari 2015.

Ruas jalan di Jalan Tambak yang melewati terowongan Manggarai di Jakarta Selatan ini memang dibagi menjadi 2. Sisi kiri untuk kendaraan kecil karena jalannya memiliki 2 belokan. Sisi kanan untuk kendaraan sedang dan besar karena jalannya cenderung lurus. Sisi kanan juga menjadi bagian dari jalur transjakarta.

Selama 1 tahun 9 bulan, jalur ditutup untuk pengerjaan penambahan daun pintu air untuk optimalisasi Kanal Banjir Barat dan Kali Ciliwung. Ruas hanya terbuka satu dan membuat lalu lintas jadi macet total. Di awal ada 4 jalur yang bisa menampung seluruh kendaraan, tapi lama-kelamaan mengecil hingga hanya 1 jalur.

Bener-bener perjuangan deh kalau mau lewat jalan itu. Mesti sabar banget karena jalanan super rapet. Apalagi kalau hujan dan ada motor neduh, siap-siap aja diklakson dan disemprot berbagai pengendara yang udah pengen segera menyudahi perjalanan di jalur terowongan hehe.

Pernah juga jalanan jadi macet parah gegara ada transjakarta mogok disitu, eaaaa. Kalo udah gitu ya tinggal berdoa aja si transjakarta segera pulih. Soalnya mau mundur, puter balik, lompat jalur, semuanya juga susah karena jalurnya super rapet itu.

Perjuangan menerobos kemacetan 1 tahun 9 bulan ke belakang :')
Sumber gambar: metro.news.viva.co.id (link)

Semoga pengorbanan rakyat yang sudah ber-macet-ria nggak sia-sia dan pengerjaan pintu airnya bisa mencegah datangnya banjir di musim penghujan ini, aminnn.. :')

= to be continued =

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis