Friday, June 27, 2014

Diaspal dan Digapai

Sebagai pengguna kereta api dalam kota Jakarta, gw seneng banget dengan beberapa perubahan yang dilakukan sejak Ignasius Jonan diangkat menjadi Direktur Utama PT KAI. Emang sih perubahan yang dilakukan sempat membawa kericuhan juga, yaitu saat diusirnya pedagang yang biasa berjualan di area stasiun dan perubahan dari memakai tiket karcis menjadi tiket kartu elektronik. Tapi hasilnya terasa kok, stasiun jadi lebih rapi, teratur, dan lebih nyaman bagi penumpang. Perubahan lainnya adalah ditiadakannya kereta ekonomi, jadi sekarang semua kereta sudah ber-ac.

Perubahan terbaru yang dilakukan oleh PT KAI adalah diaspalnya bagian tangga dan rel antarperon yang menjadi penyeberangan bagi penumpang yang ingin pindah jurusan kereta.

 Stasiun Manggarai sudah diaspal 
penyeberangan antarperonnya

Gw merasakan terutama di Stasiun Manggarai sih. Kan Stasiun Manggarai itu stasiun besar yang peronnya itu ada untuk 6 kereta dengan arah berbeda. Nah, untuk pindah antarperon, kita harus menyeberang lintasan kereta api yang berbatu, dan tangga yang apa adanya. Tangganya itu supersempit hingga kalo gw mau nyeberang, gw harus mengubah arah kaki 90 derajat dari kalau turun tangga biasa (kebayang nggak? hehe). Pokoknya serem lah buat gw yang gampang keseleo, sampai kalau lagi ramai, gw memilih untuk nunggu aja daripada nanti salah injek terus jatuh.

Diaspalnya penyeberangan antarperon ini juga diikuti perubahan bentuk, yaitu adanya bagian turunan yang memudahkan orang yang menggunakan kursi roda. Ini mengingatkan gw pada negara Singapura yang sangat friendly terhadap penyandang disabilitas. Dengan adanya jalanan turunan ini, penumpang yang berkursi roda jadi lebih mudah jika ingin menggunakan transportasi kereta api :))

Tetapi tentu saja masih banyak perubahan yang bisa dilakukan PT KAI agar semakin meningkat kualitas pelayanan yang diberikan. Hal-hal yang dibutuhkan seperti kepastian jadwal (karena masih banyak yang sering terlambat), kurangnya armada kereta yang ada sehingga sering terjadi penumpukan, kebutuhan akan listrik yang semakin tinggi (ketika supplynya kurang, tamatlah sudah), dan lain-lain.

Pernah mendengar protes bahwa PT KAI lebih mementingkan memperindah stasiunnya (yang ternyata sekarang dipakai untuk kantor beberapa anak perusahaan PT KAI, untunglah, tadinya udah siap-siap gondok kalo spot para pedagang kecil yang pada diusir itu cuma berubah sedikit dan jadi tempat untuk pedagang besar) daripada memperbaiki pelayanan kereta apinya sendiri kepada para konsumen. Nah, mari kita sama-sama mendukung setiap perubahan positif yang dilakukan PT KAI agar bisa menjadi lebih baik :D

Oiya, tambahan perbaikan positif yang menurut gw perlu dilakukan,


pegangan di kereta sekarang talinya semakin pendekkk, huhu. Kan kasian orang yang nggak nyampe (baca: gw). Akhirnya gw sukses bikin quote, ga cuma mimpi yang berusaha digapai, tapi juga pegangan kereta >.< Please dong dipanjangin lagi yaa talinya biar nyaman berdiri di keretanya :')

= to be continued =

1 comments:

suryowidiyanto said...

wah sta. manggarai semakin berbenah nih...

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis