Friday, March 14, 2014

Jokowi nyapres - Politik Santun - Teater Koma Demonstran (2014)

Akhirnyaaaa..

Jokowi mencalonkan diri sebagai calon presiden ! Kya kyaaa~ (link)

Dan, seperti biasanya si Bapak Jokowi ini sejak mencalonkan diri menjadi gubernur jakarta, kepilih, dan sekarang dalam proses mencalonkan diri jadi calon presiden, pastiiii banyak banget beritanya. Celotehan pun berkumandang di mana-mana. Well, gw ngebacanya via facebook dan twitter sih. Ada komentar positif, negatif, dan netral.

Kalo gw bakal dukung ga yah? Hm, mari kita lihat-lihat dulu aja ya siapa calon lain pesaing Jokowi. Kalo ada yang lebih baik, ya dukung yang lain. Tapi kalo ternyata Jokowi yang terbaik di antara calon lain, ya pilih Jokowi. Yang penting semoga siapapun yang terpilih nanti bisa membawa dampak baik bagi Indonesia :')

Lalu, pencalonan si Bapak Jokowi ini berpengaruh cukup baik lho terhadap kondisi perekonomian. Diberitakan IHSG, harga saham, dan nilai rupiah menguat ! (link) Tapi ada yang bilang sih kalo penguatan itu hanya euforia sementara saja, hihi (link).

----------

Nah, berhubung di awal udah ngomongin tentang politik, mari kita lanjutkan saja yukk. Eh tapi, gimana mau bahas ya kalo ga update tentang politik ? Well, mari kita buka cakrawala ! Salah satunya dengan membaca buku ini..

Politik Santun dalam Kartun 2

Another great book from Muhammad "Mice" Misrad berjudul Politik Santun dalam Kartun 2. Buku ini diterbitkan oleh Octopus Garden Publishing dan cetakan pertamanya terbit pada bulan Januari 2014. Buku ini adalah kumpulan kartun yang dibuat oleh Mice di koran Harian Rakyat Merdeka. 

Dengan membaca buku ini, tema politik yang kadang dianggap oleh sebagian orang tidak menarik dan membosankan, dikemas dalam format yang sederhana dan sedikit-banyak menyuarakan pendapat rakyat. Kartun yang digambar Mice khusus membahas peristiwa politik yang sedang ramai diperbincangkan dengan sentilan yang bisa mengundang senyum :D

----------

Kemudian, masih sedikit berhubungan dengan politik nih ya. Minggu lalu pada hari Sabtu, 8 Maret 2014, gw berkesempatan menonton pertunjukan Teater Koma berjudul Demonstran di Graha Bakti Budaya, TIM. Pas banget temanya dengan pemilu yang akan berlangsung di tahun ini ya :D

Ceritanya singkatnya, tokoh utama bernama Topan, dia adalah salah satu mantan demonstran pada tahun 1998. Kini dia telah hidup berkecukupan dengan istri yang cantik. Meskipun Topan sudah tak tertarik lagi dengan kondisi perpolitikan nasional, para mahasiswa tetap meminta bantuannya untuk memimpin demonstrasi menentang pemerintahan yang ada. Topan pun semakin gerah karena perjuangannya dia di masa lalu selalu dielu-elukan, bahkan sampai patung dirinya pun dibuat dan diresmikan oleh pemerintah. Topan tak kunjung terjun lagi dalam politik karena sebenarnya dia menyadari dirinya sendiri telah kotor dengan menyediakan lokasi lobi politik bagi para pejabat disertai hiburan esek-esek.

Namun kedekatan istrinya dengan seorang pejabat membuat Topan menyetujui untuk memimpin lagi demonstrasi. Sayang, Topan akhirnya tewas tertembak ketika tengah berdemo. Topan menjadi tumbal yang digunakan pemerintah untuk menyingkirkan para demonstran.

Lalu, mari beralih ke foto-fotooo~


Dan sedikit dari pertunjukannya..





Gw ga tau ya ada apa dengan Teater Koma dan banci. Soalnya setiap ada adegan yang ada bancinya itu selalu menarik dan lucuuuuuu :D Pementasan kali ini juga dekornya ga cuma di dalam teaternya aja lho, tapi di parkiran TIM juga didekor dengan nuansa demonstrasi. Sayang karena malam jadi gelap ga gw foto.

----------

Sippo. Segitu dulu updatenya. Sampai jumpa adios amigo~

= to be continued =

1 comments:

Reza Mahdi said...

haaaaa, politik santun dalam kartun 2! jadi kepengen dehhh :)

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis