Thursday, December 5, 2013

Curhat tentang BUMN Career Days 2013

Mau curhat sambil ngereview acara yang tadi gw datangi. Hari ini baru aja mampir ke acara BUMN Career Days. BUMN Career Days merupakan acara di mana para perusahaan BUMN menawarkan berbagai lowongan pekerjaan yang dibutuhkan. Acara ini diadakan pada tanggal 5-7 Desember 2013 dengan tagline "Pertama dan Terbesar di Indonesia".

Poster BUMN Career Days

Well, curhatnya dulu ya. Gw melakukan registrasi pada tanggal 28 Desember 2013. Setelah registrasi gw diberikan kode registrasi, lalu diminta untuk mentransfer biaya pendaftaran (dengan 3 angka belakang disamakan dengan kode registrasi agar mudah dicek oleh bagian pendaftaran). Diberitahu juga bahwa gw akan dikirimi email aktivasi agar akun gw bisa aktif, dan selanjutnya bisa melakukan konfirmasi pembayaran plus mendapatkan kode bayar.

Gw menunggu datangnya email aktivasi sampai keesokan harinya, tetapi email tersebut tidak kunjung datang. Yasudlah, gw memilih untuk membayar dulu via atm. Tapi karena email aktivasi belum datang, gw tidak bisa melakukan konfirmasi dan mendapatkan kode bayar. Di twitter @BUMNcareer tertulis bahwa tidak masalah jika belum melakukan konfirmasi karena kita akan tetap bisa masuk.

Akhirnya datanglah hari H, yaitu hari ini. Gate dibuka dari pukul 09.00 hingga 17.00. Gw dateng ke Istora jam 10 teng, dan antrean sudah sangat panjang sodara-sodara! Buat gw, ini adalah job fair yang antrenya paling sedih karena kita antre itu outdoor dan dipanggang panas-panas. Walaupun masih lumayan, nggak kebayang kalau saat itu hujan bakal gimana. Trus juga kekurangannya, antreannya ini ada banyak dan bermacam-macam karena banyak loket dibuka (sekitar 30 loket), tetapi tidak ada cukup petunjuk yang menandakan masing-masing antrean untuk apa. Kalau ada juga terlalu jauh sehingga jika ada yang datang saat antrean panjang, dia jadi bingung mau ikut antre yang mana.

suasana di dalam istora

Banyak juga peserta yang masih belum mengerti bagaimana jika dia sudah registrasi, bagaimana jika sudah bayar tapi belum konfirmasi, bagaimana jika dia sudah punya kode bayar, bagaimana jika dia mau bayar on the spot. Petugas yang menjelaskan juga hanya ada sedikit.

Untuk gw sendiri, gw sempat salah mengantre sehingga harus berpindah antrean dan antre lagi dari awal. Setelah gw mengantre selama 1.5 jam, akhirnya gw menyerah. Berhubung belum sarapan juga, daripada pingsan lebih baik gw meninggalkan antrean dulu deh. Trus gw melipir makan siang bareng si mas buncit di PP, shalat, dilanjut nonton film Frozen di Blitz bersama para penonton bioskop lainnya.

Selesai nonton, shalat ashar. Lalu jam 4 jalan lagi ke istora. Alhamdulillah di loket udah nggak antre, trus walaupun dibilang acaranya sampai jam 5 sore, peserta yang masih ada di istora nggak pada diusir-usirin. Gw malah di sana sampai jam 6 hehe. Kenapa sampai jam 6 adalah karena pas ngisi data, ternyata walaupun di loket gw udah disuruh masuk-masuk aja, gw tetap harus mencari kode bayar dengan pergi ke bagian IT. Setelah mendapatkan kode bayar juga komputernya yang dipakai untuk memasukan data (cv, foto, dll) sempat error sehingga makan waktu harus antre lagi cari komputer lain yang programnya berjalan dengan lancar.

Panitia sempat memberi tahu bahwa untuk memasukan data bisa digunakan gadget masing-masing. Tapi wifi yang ada juga sinyalnya sangat lemah sehingga sangat lambat koneksinya.

----------

Eaa, maaf panjang curhatnya nih. Sekarang mau ngasi saran aja deh buat peserta ataupun pihak panitia berhubung acaranya masih ada 2 hari lagi :)

Untuk peserta:

1. Siapkan fisik untuk datang ke acara job fair manapun (nggak cuma BUMN Career Days ya) karena pasti yang dateng banyak banget dan antrean akan panjang. Makan minum yang cukup, jangan sampai pingsan. Bawa payung dan kipas agar tidak kepanasan.

2. Biarpun sekarang udah jamannya digital, bawa dokumen hardcopy masih dibutuhkan ternyata untuk antisipasi jika komputer di tempat job fair antreannya penuh atau koneksi lambat

3. Pakai pakaian yang nyaman. Rapi itu nggak usah ribet. Menurut gw nggak perlu deh pakai blazer atau sepatu hak tinggi. Yang simpel aja karena nggak semuanya juga dapet kesempatan langsung interview, jadi penampilan nggak usah yang menyusahkan diri sendiri.

4. Tips lagi biar nggak capek ngantre, pilih mau dateng PALING PAGI, atau PALING SORE. Gw hari ini berhasil datang cukup sore sehingga orang-orang udah pada bubar gw baru dateng haha. 

----------

Untuk panitia:
1. Persiapkan diri akan adanya peserta yang membludak, baik dari registrasi pendaftaran online maupun hari H. Persiapkan website, jangan sampai down karena akan ada peserta yang dirugikan karena masalah tersebut, padahal dia sudah mengikuti tata cara yang diinstruksikan.

2. Jika memang ingin data terkomputerisasi secara digital, tolong persiapkan gadget yang cukup. Gw denger pihak panitia sudah mempersiapkan 40 laptop untuk memasukan data, tapi ternyata itu belum cukup. Nggak tau sih sebenarnya ada berapa yang datang hari ini, tapi kayaknya 1000 orang ada deh. Lalu kalau mau agar peserta menggunakan gadget masing-masing, siapkan wifi dengan koneksi kuat walaupun dipakai 1000 orang bersamaan, dan colokan.

3. Berikan petunjuk sebanyak-banyaknya dan sejelas-jelasnya. Entah dalam bentuk tulisan untuk memberi tahu jalan menuju tempat-tempat penting (loket tempat konfirmasi, gate masuk, bagian IT, toilet, musola, dll), atau bantuan petugas secara lisan. Untuk hari ini menurut gw petunjuk yang diberikan kurang banyak, mengakibatkan banyak yang salah mengantre dan bingung ketika memasukkan data ke komputer.

Loketnya berjumlah 30, masing-masing untuk antrean yang berbeda. 
Tulisannya imut-imut banget.
 
4. Gw pribadi merasa agak useless untuk datang ke tempat acara karena ujung-ujungnya gw hanya bertatapan dengan komputer. Ketika datang, gw memasukkan data ke komputer, dilanjut dengan mengapply posisi yang ada juga lewat komputer. Gw tidak berminat ke booth perusahaan karena selain beberapa sudah tutup, gw tidak merasa perlu datang ke sana karena semua lowongan sudah tertera di komputer. Jadi agak sayang akhirnya karena para perusahaan itu sudah datang, tapi dibuat seakan peserta tidak butuh-butuh amat mendatangi mereka. Kalau gitu sebenarnya lewat internet aja applynya di rumah kan juga bisa nggak capek antre juga.

Oke, sekian curhat dan sarannya. Mohon maaf bila terkesan banyak maunya ya. Semoga curhat dan sarannya bisa bermanfaat, baik bagi peserta agar bisa mempersiapkan diri, dan juga bagi panitia agar bisa semakin baik lagi :))

Oya, semua foto didapatkan dari twitter @BUMNcareer

= to be continued =

3 comments:

Rully Reinald said...

Wah sesuai perkiraaan gw nih, pagi ini liat-liat liputan & beritanya, dari fotonya aja membludak banget dan antrinya buset outdoor.. Hari ini gw mau coba kesana, nanti coba gw kasih tahu updatenya klo hari ini seperti apa acara, apakah sama persis dengan pengalaman mbak alia atau udah berubah walau cuma sedikit, hehe..

Fenty Fahminnansih said...

jadi akhirnya masukin kemana al ? :D

alia pewe said...

@Rully: gimana jadi acara hari berikutnya ? share boleh lho ;)

@Fenty: haha, aku aja sampe lupa apply kmana aja karena banyak banget lowongan yang aku klik :P

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis