Sunday, October 31, 2010

flashmob

mungkin cukup telat kalo gw baru menulis tentang flashmob di blog ini. Menurut wikipedia, Flashmob mengacu pada sejumlah besar orang yang berkumpul secara tiba-tiba di suatu area umum kemudian melakukan suatu kegiatan dalam waktu singkat dan kemudian bubar kembali ke aktivitas masing-masing sebelumnya.

Mizone, brand minuman ini lah yang menggunakan flashmob sebagai salah satu aksi marketingnya. Aksinya sendiri dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2010 (101010) bertempat di Bundaran HI. Pihak Mizone mengkoordinir 1000 orang hanya dalam kurun waktu kurang dari 25 hari. Peserta pun hanya berlatih bersama 2x, sisanya mereka berlatih sendiri lewat video yang diunduh atau berlatih sendiri individual atau kelompok.

Pihak Mizone menyatakan bahwa aksinya ini bertujuan untuk mencoba menggambarkan bagaimana jadinya bila satu orang dengan badan, pikiran dan semangat yang 100% bisa mempengaruhi orang lain atau sekelompok orang dan bahkan satu kota. Disamping itu, mereka juga menyadari bahwa hal yang utama atas besaran kegiatan ini adalah adanya sebuah kekuatan yang bisa dihimpun bila seluruh masyarakat memiliki kesamaan tujuan dan terutama semangat yang terestorasi untuk melanjutkan hari-hari menjadi lebih hidup dan bermakna.



Aksi flashmob yang dilakukan tepat pukul 08.00 pagi ini ditandai oleh seorang yang melakukan gerakan, diikuti empat orang dan kemudian bertambah setiap detiknya hingga mencapai ribuan orang yang menari mengikuti lagu ‘Love Today’ dari penyanyi MIKA yang menjadi lagu tema kampanye Mizone saat ini.

Well, sebelum gw melihat aksi flashmob Mizone, gw juga pernah melihat aksi flashmob yang dilakukan oleh mahasiswa ITB dalam rangka promosi Pasar Seni ITB. Kalau Mizone menggunakan ribuan peserta yang menari secara bersama-sama, mahasiswa ITB ini memakai aksi freeze alias beberapa orang membekukan diri di kerumunan orang di lapangan Sarana Olahraga Babakan Siliwangi. Mereka menjadi patung selama 5 menit untuk mengundang warga agar datang ke Pasar Seni ITB pada 10 Oktober mendatang.



Awalnya 70 anggota panitia Pasar Seni ITB itu ikut jogging bersama ratusan warga yang biasa berolahraga di lapangan tiap Ahad pagi. Di tengah dan pinggir lintasan, mereka serentak berdiam diri dengan berbagai gaya. Di bagian belakang kaos mereka, tertulis Pasar Seni ITB 101010.

Gw rasa flashmob adalah salah satu cara yang kreatif dan inovatif ketika kita ingin menyampaikan suatu isu kepada banyak orang. Tentunya dengan aksi seperti ini akan lebih mudah mendapat perhatian yang positif dari sekitar daripada sekedar berteriak-teriak atau aksi rusuh lainnya. Mungkin cara ini bisa ditiru mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah ? :)

= to be continued =

* sumber tulisan :
ponorogozone.com, Marketing Mizone dalam menggelar flashmob (link)
kedaiinfo.com, Flashmob di Jakarta (link)
benablog.com, The biggest flashmob in Indonesia (link)
youtube.com, Freeze mob at Saraga, Pasar Seni ITB 2010 (link)

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis