Thursday, July 12, 2012

Kampanye Positif Antirokok

kalau biasanya kita akrab dengan kampanye negatif tentang rokok macam "Rokok dapat menyebabkan blablabla.." dan ternyata nggak pernah berhasil, coba yuk melihat kampanye positif dari pemerintah australia ini :)

klik gambar untuk memperbesar :D

namun kalau di indonesia, perusahaan rokok kayaknya bakal susah dihentikan aksinya karena berkaitan dengan cukai rokok yang jadi salah satu pendapatan besar pemerintah dan lapangan kerja karena perusahaan rokok menggunakan konsep padat karya. rokok pun punya zat adiktif yang selalu dijadikan alasan bagi para perokok sehingga sulit menghentikan candunya. perusahaan rokok pun banyak melakukan csr seperti sponsor untuk beasiswa, acara-acara musik dan olahraga.

padahal kalau dilihat secara keseluruhan, terutama dari segi ekonomi dan kesehatan, rokok justru kadang menghalangi konsumsi makanan sehat dan bergizi yang seharusnya bisa diberikan pada si perokok maupun keluarganya. ketika perokok (aktif maupun pasif) terkena penyakit yang diakibatkan oleh rokok pun, akan banyak uang terbuang demi pengobatan.

tetapi penyakit yang disebabkan oleh rokok biasanya tidak serta-merta langsung muncul. inilah yang kadang membuat para perokok tidak peduli dengan kampanye negatif yang padahal sudah dia baca setiap hari di bungkus rokok. mungkin jika penyakit itu sudah muncul, baru mereka buru-buru menghentikannya.

well, yang saya tahu sih, mencegah selalu lebih baik dari mengobati :)

= to be continued =

0 comments:

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis