Sunday, October 25, 2015

Sedikit Kutipan Buku Rumah Tangga karya Fahd Pahdepie


Seperti yang sudah saya janjikan di postingan ini (link), saya akan menuliskan kutipan yang menurut saya menarik dari buku Rumah Tangga. Buku ini ditulis oleh Fahd Pahdepie dan diterbitkan oleh Panda Media. Buku ini menceritakan tentang kehidupan rumah tangga sang penulisnya, Fahd Pahdepie, dengan istrinya, Rizqa, selama 5 tahun usia pernikahan mereka.

Thursday, October 22, 2015

Not Everybody Is As Intellectual As You Are

When You are Professional at Work

When you are professional at work, you tend to communicate effectively. In your daily life, you will get used to understanding that not everybody is as intellectual as you are, so you adjust your language to make sure the other person gets you instead of embarrassing her for not understanding you.

Quote by Diana Rikasari (link)

Saya orang yang suka bertanya. Kadang ketika ada orang bilang sesuatu, jika saya belum mengerti sepenuhnya ucapan dia, saya akan bertanya kembali meminta penjelasan.

Tidak semua orang suka ditanya seperti itu. Ada orang-orang yang menganggap saya annoying dan melecehkan saya, yang membuat saya merasa jadi orang paling bodoh sedunia, haha.

Kini dengan profesi saya sebagai guru, akhirnya saya merasakan sendiri pengalaman ditanyai seperti itu. Tidak semua murid saya ingin bertanya langsung pada saya. Banyak yang diam saja, padahal mukanya terlihat masih nggak ngerti. Banyak yang takut bertanya karena tidak mau dianggap bodoh.

Yak, kamu mau bertanya apa?
Gambar dari www.sujanpatel.com (link)

Tentu saja tidak selamanya mereka bisa seperti itu. Saya harus menciptakan sebuah atmosfir bahwa bertanya itu sesuatu hal yang baik-baik saja. Saya mengapresiasi yang bertanya. Saya berterima kasih pada siswa lain di kelas yang bisa menjelaskan dengan bahasa yang lebih baik dan lebih dimengerti oleh teman-temannya daripada bahasa saya. Bahkan untuk memancing saya agar mengobrol saja bukan mengajar (jangan ditiru, ini hal jelek, haha), saya minta mereka bertanya kepada saya apa yang ingin diobrolkan :p

Saya pernah dinasihati, jika saya tidak bisa menjelaskan sesuatu yang rumit dengan bahasa saya sendiri yang simpel, berarti saya belum benar-benar mengerti tentang hal tersebut. Ada juga dulu teman sekampus saya yang sengaja menggunakan bahasa sulit ketika menjelaskan sesuatu agar dia dianggap "cerdas". Padahal dia tahu audiensnya tidak ada yang mengerti tetapi malas bertanya. Sayang waktu itu saya juga jadi enggan bertanya karena saya tidak mengerti hampir keseluruhan ucapannya. Nanti penjelasannya kelamaan trus istirahatnya kepotong gimana? *lah :p

Sekarang sudah ada media sosial bernama ask.fm (link). Media sosial di mana orang bebas bertanya kepada orang yang ingin ditanyakan. Saya merasa yang ikutan ask.fm itu orang yang kayaknya minta ditanya banget sih, haha, sampai harus ikutan media sosial ini. Padahal kan harusnya lewat media apapun atau secara langsung juga bisa bertanya ya.

Jadi, bertanyalah sebelum bertanya itu dilarang~

Tuesday, October 20, 2015

Late Post: Talkshow Rumah Tangga di Gramedia Matraman 300815

Pada bulan Agustus lalu, saya sempat membagi poster di bawah ini dan berharap sekali bisa datang (link).


Saya tadinya was-was tidak bisa datang karena pada hari tersebut saya harus mengajar hingga pukul 18.00. Untunglah punya teman baik hati yang bersedia menukar jadwal mengajarnya, sehingga saya bisa selesai mengajar pukul 15.45. 

Monday, October 19, 2015

Nisao's Happy Day

Salah satu teman terbaik yang saya kenal dari SD, Nisao, berkesempatan melewati salah satu fase dalam kehidupan dewasa, yaitu menikah! :D

Calonnya juga teman saya sejak SD. Karena in fact, saya, Nisao, dan si calonnya yang bernama Angga, satu sekolah dari SD hingga SMA. Saat kuliah, saya melanjutkan di UI, Nisao di APU Jepang, dan Angga di NUS Singapura.

Walaupun terpisah darat dan lautan, ternyata hubungan mereka bisa berlanjut dari yang tadinya hanya teman menjadi cinta! :)) Hingga pada tahun 2015 ini, mereka berdua bisa mengikuti sunnah Rasul untuk menikah :')

Tuesday, October 13, 2015

Cara Menambahkan Halaman Menu di Blogger Blogspot

Yeay, akhirnya berhasil mendapatkan template blog yang simpel dan sesuai dengan keinginan saya! :D

Udah tahu kan kalau sebelumnya saya sempat kesal karena ternyata tren template yang ada sekarang tidak sesuai keinginan saya (link). Ternyata tinggal mengubah mode pencarian di google dari "template blogger" menjadi "simple template blogger" saja, sudah langsung memberikan jawaban yang saya inginkan. Makasih ya oom google :')

Nah, dari penggantian template blog ini, saya mempelajari satu hal yang baru, yaitu bagaimana membuat dan menambahkan menu untuk bagian atas blog. Itu lho, yang tulisannya biasanya ada "Home", "About Me", "Contact", dll. Waktu masih memakai template dan bentuk dashboard blogger yang lama, menambahkan menu tersebut membutuhkan kode CSS khusus. Yang mana untuk saya yang gaptek soal kode-kodean jadi kesulitan karena bingung bagaimana cara menambahkannya. Tetapi blogger sangat baik hati memberikan kemudahan untuk para penggunanya, dan sekarang saya akan coba membagikannya di sini :D

Monday, October 12, 2015

Whimsy Need Change

Hello!

I think this is the time I am gonna change my blog template. So pardon my blog messiness in the future in order to find the right way to set this blog. If I think the new template doesn't work, I will go back with the Whimsy template.

Screen shot for Whimsy

I use new template from www.btemplates.com (link). I want a clean and simple template, just like Whimsy. Whimsy is great, but for me, the font is too small. I know I just have to change the font size, but I think I have to change the width also. And I don't know how to change the CSS code. I have tried and failed haha. So I decide I need a new one. 

Now I will try the Mad template (link). Not because I mad of course, but it has the quality I want. Well, it contains only black and white colour. Different with Whimsy who has a pink and sweet little pictures in header and sidebar. I hope I can colour the new Mad template as good as the Whimsy :)

Wish me luck!

= to be continued =

Sunday, October 11, 2015

Jadwal Liburan tahun 2016

sumber gambar: www.pinkkorset.com (link)

Jadwal liburan untuk tahun 2016 sudah muncul dari beberapa bulan yang lalu sepertinya. Siapa tahu ada yang butuh *termasuk saya* :D

= to be continued =

Friday, October 9, 2015

Loneliness is a Privileged

"Some people might think that loneliness is pathetic. Some others say it's a sign of lack of happiness. But for me, loneliness is a privileged. It's a self-liberation. Loneliness is a moment where you can enjoy your time of being alone to the fullest and drown happily into solitude. I never think loneliness is a desperation, it's a self-celebration."

 - Quote from Rahmimimi -

 = to be continued =

Monday, October 5, 2015

Alia, liburan yuk~

Ternyata minggu lalu gagal punya libur juga hahah. Jadi total sudah 3 minggu tidak punya hari libur. Untung saja sempat ada tanggal merah Idul Adha makanya jadi bisa colongan. Minggu ini mestinya punya 2 hari libur di Jumat dan Minggu. Let's see beneran jadi apa nggak nih liburnya :p

Liburan versi Alia Pewe yang diinginkan untuk sekarang adalah:

Leyeh-leyeh di rumah
sambil nulis blog,
main game,
nonton film di youtube,
plus menikmati makanan di rumah,
gratisan.

 Bukan kamar saya, tapi ngeliatnya bikin 
pengen guling-guling di kasur dan karpetnya :3
Picture from www.freshhome.com (link)

Berhubung saya bukan anak travelling, dan limited budget.

Kadang butuh juga jalan-jalan sekitar Jakarta,
entah nonton bioskop,
makan enak,
datang ke event menarik,
atau menikmati taman kota. 

Tapi tetap harus bersyukur dengan keadaan yang ada sekarang. Alhamdulillah bisa ada di situasi saat ini yang juga tak kalah menyenangkannya. Semua pasti punya porsi masing-masing yang akan tercukupi :)

Ada yang tahu event seru di bulan Oktober ini? :D

= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis