Wednesday, April 30, 2014

Kampanye Negatif vs Kampanye Hitam

Datang ke dua acara seminar yang bertemakan partai politik di dalam media. 



Satu hal dari banyak yang gw dapatkan dari kedua seminar ini adalah fakta bahwa kampanye negatif merupakan hal yang lumrah. Kampanye negatif (negative campaign) berbeda dengan kampanye hitam (black campaign). Kampanye negatif menyampaikan fakta tentang para kandidat dan partai, tetapi tentu saja fakta tersebut merupakan fakta negatif dan bisa menyebabkan masyarakat urung memilih mereka. Sedangkan kampanye hitam adalah kampanye yang menyampaikan berita yang tidak benar tentang para kandidat dan partai. Kampanye hitam tidak selalu berisi berita buruk, berita baik yang hanya dikarang pun termasuk ke dalam kampanye hitam.

Sebelumnya gw merasa ketika masa-masa pemilu dimulai, pemilih seharusnya menerima informasi berupa visi, misi, dan program kerja yang dimiliki kandidat dan partai. Mungkin gw yang kurang mencari informasi tersebut, tapi yang tersebar di media sosial adalah berita buruk tentang para kandidat dan partai. Gw tidak mengecek secara jelas apakah berita itu merupakan kampanye negatif atau kampanye hitam. Tetapi gw selalu merasa sedih, benci, dan urung membaca ketika berita buruk tersebut muncul.

Di kedua seminar itu, gw mendapat masukan bahwa ketika masa-masa pemilu dimulai, para pemilih berhak untuk mengetahui informasi tentang kandidat dan partai, tidak hanya informasi positif, tetapi juga yang negatif. Hal ini dimaksudkan agar pemilih bisa terhindar dari kandidat dan partai yang akan melakukan hal-hal negatif seperti catatannya di masa lalu. Dengan kampanye negatif, pemilih tidak terbuai hanya dengan janji-janji manis para kandidat dan partai, pemilih juga diharapkan dapat memilih wakil rakyat yang baik dengan mengetahui bagaimana rekam jejak mereka.

Mungkin ini merupakan satu dari kelebihan demokrasi, yaitu keterbukaan informasi. Seperti banyak yang gw baca dan dengar, pada zaman pemerintahan Soeharto alias orde baru, informasi yang tersebar dikontrol dengan sangat ketat untuk menjaga citra pemerintahan. Bobrok pemerintahan baru terbongkar dan diketahui banyak orang saat keruntuhan orde baru. Itu menjadi salah satu alasan banyak mungkin orang tua kita yang merindukan zaman orde baru karena citra pemerintahan saat ini terlihat tidak sebaik masa lalu. 

Tetapi jika dilihat hanya dari segi keterbukaan informasi, maka era demokrasi ini menjadi salah satu kemajuan yang harus dihargai. Untuk generasi yang tidak merasakan era orde baru, keterbukaan ini menjadi sesuatu yang take it for granted dan terkadang tidak dihargai hingga dirasa sering dilakukan kelewat jauh. Walaupun begitu, semoga keterbukaan ini bisa membawa kedewasaan bagi kita semua agar bisa menggunakannya dengan bijaksana.

Selain itu, semoga gw bisa terbiasa mendengar kampanye negatif dengan lapang dada, bukan menghindar seperti biasanya. Dan lebih berinisiatif untuk menyaring berita yang dibaca dan didengar karena berita baik juga bisa menjadi kampanye hitam.

= to be continued =

Tuesday, April 22, 2014

Europe on Screen 2014

Beberapa waktu lalu mendapat email ini,

Dear Kawan-kawan,
Selamat Siang.

Europe on Screen adalah sebuah festival film yang memutar film-film berkualitas dan menghibur, produksi negara-negara di Eropa.



Tahun lalu kami memutar 72 film dari 30 negara di Eropa, di Jakarta dan 6 kota lain di Indonesia (Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta). Semua pemutaran dan seluruh rangkaian acara festival ini terbuka untuk umum dan GRATIS.

Sama seperti tahun lalu, Europe on Screen 2014 akan memutar film-film Eropa yang memiliki nilai hiburan tinggi. Hal ini dilakukan untuk menghapus prasangka bahwa film-film Eropa adalah film yang sulit dinikmati penonton awam. Namun, tentu saja setiap film yang diputar nanti akan memiliki nuansa budaya Eropa, sehingga ciri khasnya tetap terjaga. Selain itu, panitia juga akan memilih film-film yang relatif baru, yang diproduksi tidak lebih dari 3 tahun yang lalu. Rencananya ada sekitar 70 film Eropa yang akan diputar dalam rangkaian Europe on Screen 2014.

Juga sama seperti tahun lalu, pemutaran film dalam rangkaian Europe on Screen 2014 tidak hanya akan diadakan di Jakarta, tetapi juga di beberapa kota di luar Jakarta. Bekerja sama dengan Institut Français-Indonesia, Komunitas Tikar Pandan, Padang Kreatif dan Rumah Ide Makassar, pemutaran film juga akan diadakan di Aceh, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta selama periode festival.


Kami akan merilis jadwal pemutaran film setelah konferensi pers pada tanggal 22 April 2014. Untuk judul-judul film sudah mulai dipromosikan mulai bulan ini. Anda dapat melihat di website dan media sosial kami. 


Terima kasih atas perhatiannya :)


Europe on Screen
2-11 Mei 2014

Sekretarian Europe on Screen
Jalan Gereja Theresia No.23 (Pav)
Jakarta Pusat 10350
Indonesia
T: +62.21.3923460
F: +62.21.31900147

facebook.com/europeonscreen
twitter.com/europeonscreen
instagram.com/europeonscreen


yuk yuk yuk siap-siap bikin rencana nonton ;)

Tapi harinya pas awal intensif nih, huks. Semoga bisa menyeimbangkan waktu untuk kedua acara tersebut :D


= to be continued =

Indonesia Career Expo, Balairung UI 22-23 April 2014

Akhirnya terdampar lagi di sini..

sumber: jadwalevent.web.id (link)

Setelah terakhir men-job fair adalah bulan desember 2013. Berangkat dari sebuah kesadaran kalo yang manggil gw kebanyakan adalah lembaga negara, sedangkan swasta kayaknya ga berminat berpaling kepada gw, akhirnya gw jadi agak males untuk datang ke job fair lagi.

Tetapi gegara seorang teman memberitahu perihal acara di atas yang akan diadakan di ui, dan gw juga mau ngurusin legalisir ijazah, jadilah gw mengiyakan untuk hadir. Gw emang belum pernah dateng ke job fair di ui karena gw yakin bakal penuh dan rame banget yang dateng. Tapi toh diadainnya di hari kerja senin dan selasa, 22 dan 23 april 2014 ya. Ga bakal sepenuh dan rame kalo diadain weekend lah ya.

Yosh, semoga sukses ! :))

= to be continued =

Wednesday, April 16, 2014

Infografis Tanggal Tua

Another funny infographic from provoke, check it out ! :D

click to enlarge the picture
from www.provoke-online.com (link)

= to be continued =

Monday, April 14, 2014

Ria dan Ujian Nasional

serius belajar 8)

Namanya Ria, murid pertama yang saya privati. Ria di 3 hari ini akan menghadapi ujian nasional. Semoga Ria dapat mengerjakannya dengan baik, jujur menggunakan usaha sendiri, dan bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan kerja keras yang telah dilakukannya :)

Saya jadi deg-degan juga euy. Walaupun saya dan Ria belajar bersama belum terlalu lama, tapi saya berharap apa yang saya berikan dapat membantunya sedemikian rupa, aminnn..

Besok bakal ketemu sama Ria nih untuk persiapan terakhir karena materinya baru akan diujikan di hari Rabu, 16 April 2014 lusa. Semoga bisa maksimal ya. Semangat Ria!

= to be continued =

Wednesday, April 9, 2014

#selfinger di pemilu legislatif 090414

Ikutan ah ber-#selfinger di pemilu legislatif 9 April 2014 :D

tunjukkan jarimu :D

Acara pemilu ini masih belum berakhir, masih ada pemilihan presiden. Tapi sesungguhnya gw sudah merasa kesal ketika membaca berbagai kampanye hitam yang diperbincangkan. Bisa nggak sih yang diomongin itu program dan kebijakan yang direncanakan oleh si para calon-calon ini?

Terutama yang bisanya cuma ngejelek-jelekin para kandidat. Nggak cuma satu-dua orang, tapi banyak yang jadi korban. Pertanyaannya adalah gimana kalau ternyata orang yang sudah anda caci maki malah terpilih sebagai wakil rakyat yang bertugas memimpin anda? Mau boikot pemilu karena ga percaya kenapa dia bisa menang? Atau mau pindah negara aja?

Khusus buat yang muslim, boleh dibaca deh salah satu ayat dari Al-Quran yang ini:

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui." (Al-Baqarah: 216)

Dan yang ini:

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) bisa jadi mereka (yang diolok-olok) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olok) wanita-wanita lain (karena) bisa jadi wanita-wanita (yang diperolok-olok) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok) dan janganlah kamu mencela dirimu sendiri dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (Al-Hujurat: 11)

Berharap banget semoga menjelang pemilihan presiden nanti kampanye hitam akan berkurang, amin..

= to be continued =

UN SMA 2014 sebentar lagiii

Alhamdulillah bisa nulis lagiii :))

 sarapan sambil mantengin soal

Beberapa waktu ini agak menyibuk gegara minggu depan anak sma akan menghadapi ujian nasional. Yang berarti jadwal mengajar bertambah. Gw pun menemui anak-anak yang mulai stres dan capek belajar. Mereka pun berharap supaya ujian nasionalnya buruan aja biar bisa cepet selese, hihihi.

Lalu gw mau pamit karena 4 hari ke depan gw akan jalan-jalan sekeluarga. Mohon doanya supaya perjalanannya lancar dan aman. Semoga bisa segera bertukar kabar lagi di blog ini :)

= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis