Friday, September 27, 2013

Jakarta Bebas Macet Hanya Mimpi ?

Mice Cartoon di Harian Merdeka 26 September 2013 (link)

Gw super nggak ngerti sama tujuan pemerintah mengadakan kebijakan mobil murah ini. Emangnya mereka pada nggak inget ya di bulan Juni lalu kenaikan harga bbm sangat menyengsarakan rakyat ? Lalu siapa yang bikin anjuran untuk mengurangi konsumsi bbm demi menyelamatkan beban subsidi yang katanya memakan banyak porsi apbn ? Kenapa sekarang masyarakat tambah dijejali lagi sama mobil ? Emangnya beban subsidi sudah selesai dengan kenaikan harga saja ?

Menyimak komentar menteri perindustrian MS Hidayat (link), entah ini orang bersama konco-konconya yang ikut mendukung bener-bener nggak tau kondisi lalu lintas, atau mereka dibayar dengan bayaran yang besar untuk pengadaan mobil low cost green car (LGCG) ini ya.

Salah satu artikel kompasiana ini (link) sudah cukup mengekspresikan apa yang gw rasakan lah. Buat gw kebijakan ini sangat nggak tepat dan sama sekali nggak berpihak sama rakyat miskin yang dijadikan target konsumen mereka.

Oiya, baca juga artikel ini (link), beberapa usul untuk menyelesaikan kemacetan. Ide yang bagus, semoga ada pejabat yang baca dan berniat merealisasikannya ya :')

= to be continued =

Thursday, September 26, 2013

Enak Hidup dengan Memakai Topeng ?

Gw nggak pernah dan nggak berminat membaca buku-bukunya Tere Liye. Tapi gw berteman dengannya di facebook sehingga kadang mendapatkan quote yang bagus dan bisa diambil hikmahnya. Ini salah satunya :)
Buat apa sih? Buat apa orang-orang suka pada kita atas sesuatu yang sesungguhnya bukan kita. Atas sesuatu yang tidak sungguh kita lakukan. Memakai topeng. Pemanis kalimat. Menjaga image. Penuh kepentingan, udang dibalik batu. Apa enaknya hidup begitu.

Lebih baik apa adanya, terus terang, meski itu membuat sebagian orang salah paham dan bahkan membenci kita. Tetapi itu adalah sesungguhnya kita.

--Tere Lije

= to be continued =


Postingan yang Terlambat: Perjalanan Spip

Oke, postingan ini menjadi reminder untuk diri sendiri bagaimana perjuangan menyelesaikan spip selama 2 semester :)

Semester 8

Normalnya, spip dikerjakan pada semester ini, tahun keempat para mahasiswa. Hampir semua teman gw mengerjakannya. Gw juga udah klik opsi spip waktu registrasi online di awal semester. Adanya 4 mata kuliah mestinya nggak membuat pengerjaan spip terganggu. Agak gimana sih ya kalau dibilang alasan nggak ngerjain adalah karena nggak ada yang ngajakin ngerjain bareng, haha. Se-super-bodoh itu sama sekali nggak tau gimana caranya bikin proposal spip, kapan tanggal screening, gimana caranya buka jurnal ilmiah internasional, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan itu. Jeleknya lagi, gw nggak mau nanya. Plus ada kegiatan lain yang bisa mengisi hari-hari gw, yaitu intensif, dan sepertinya gw lebih bahagia di sana. Akhirnya gw memilih untuk tidak mengerjakan si spip sama sekali di semester ini. Paling cuma cari-cari ide judul aja.

Gw dateng ke dua sidang, yaitu sidangnya Liza dan Diah. Gw sama sekali nggak dateng ke sidang temen-temen sendiri di fe, haha.

ki-ka: sidang Diah, sidang Liza

Semester 9

Oke, mulai lebih serius berkutat dengan spip. Say a big-big thanks to mas buncit yang juga memulai mengerjakannya pada semester ini. Yang perlu diingat, gw nggak baru mulai mengerjakan demi bisa bareng sama mas buncit. Tetapi justru mas buncit lah yang ngasih dorongan ke gw :')

Mata kuliah gw sebenarnya sudah habis pada semester 8 lalu, tetapi dengan alasan "biar rajin ke kampus", gw ambil 1 mata kuliah pilihan. Ambilnya juga yang nggak begitu susah dan dosennya kebetulan juga dosen pembimbing spip gw. Jadilah jadwal bimbingan gw bertambah yaitu setelah selesainya jam mata kuliah pilihan tersebut.

Bikin proposal pada Agustus hingga tengah September (sempet kepotong puasa). Screening proposal di akhir September. Lalu di awal Oktober gw mendapatkan pembimbing :)

Bulan Oktober hingga November gw isi dengan mengerjakan bab 1, bab 2, merancang kuesioner, dan mencari perusahaan tempat gw akan menyebarkan kuesioner. Alhamdulillah dosen pembimbing memiliki teman yang menjadi manajer di sebuah bank BUMN yang berlokasi di Depok sehingga gw bisa menyebarkan kuesioner di sana. Tetapi karena sudah dekat dengan akhir tahun, mereka sedang sibuk-sibuknya membuat laporan akhir periode dan gw tidak diperbolehkan untuk menyebarkan kuesioner itu sendiri. Kuesioner gw hanya dititipkan. Sisi positif dari hal tersebut adalah gw nggak ribet bolak-balik bank tersebut dan menghampiri satu per satu karyawannya. Sisi negatifnya adalah kuesioner gw balik baru sebulan kemudian, dan pengisiannya agak diragukan karena gw tidak bisa mengawasinya. Tapi mau bagaimana lagi, nggak mungkin juga kan gw nyari perusahaan lain.

Kembalinya kuesioner di bulan Desember berbarengan dengan deadline pengumpulan. Gw hanya punya kurang dari seminggu untuk mengerjakan bab 4, 5, dan 6. Semua orang menyemangati, tapi gw harus realistis kalau waktu yang gw miliki kurang. Sempet sih kepikiran mau ngumpulin aja bab 1, 2, dan 3 yang sudah dikerjakan dulu, dan bab lainnya menyusul. Pernah juga nyari di internet siapa yang bisa dimintai tolong untuk mengolah data dengan cepat, sayang tarif mereka mahal-mahal ya :P

Ketika memutuskan untuk mengextendnya ke semester depan, gw sempet takut banget mau pulang ke rumah. Hampir 3 minggu nggak pulang dan stay di kosan dalam rangka ngerjain, dan terus gw mau pulang cerita kalau gw gagal gitu ? Alhamdulillah punya orang tua yang super baik dan mau menerima keadaan gw dengan lapang dada. Sampe rumah malah abis itu diajakin makan di luar untuk menyemangati dan menghibur (plus mereka tau gw di kosan makannya kan ga variatif, hehe) (link).

Gw mengakhiri semester ini dengan datang ke sidang beberapa orang. Bisa dilihat di postingan ini (link). Alhamdulillah 1 mata kuliah pilihan yang diambil juga nilainya A sehingga untuk pertama kalinya dapet ip 4 hahaha :P

Mas Buncit dan Achie, salah dua dari beberapa orang 
yang gw datangi sidangnya di semester 9

Semester 10

Kuesioner sudah didapat dan data sudah diinput. Yang kurang adalah pengolahan datanya. Gw menggunakan program spss untuk mengolah data. Sayang, gw nggak bisa mengoperasikannya. Alhamdulillah mas buncit mempertemukan gw dengan seorang guru statistik oke yang juga teman sesama fe jurusan manajemen konsentrasi marketing yang bernama Rukhin. Belajarlah gw dari beliau :)) (link) Oya, sesi belajar ini nggak cuma sama Rukhin, tapi juga sama teman lain yang bernama Andi dari jurusan psikologi yang gw tau di jurusannya banyak memakai program spss (link).

kitab yang super membantu gw ketika 
mengoperasikan spss, thx yaa Mas Duwi Priyatno :D
sumber: gramediaonline.com

Di semester 9 lalu gw cukup banyak mengerjakan skripsi di perpustakaan karena ngerjain bareng mas buncit. Di semester 10 ini gw lebih banyak mengerjakan di kosan sendirian saja. Beberapa orang mengajak mengerjakan bersama, tapi gw merasa kalau mengerjakan dengan banyak orang, hal itu malah akan membuat gw terdistraksi. Lagipula kebutuhan seperti colokan pastinya akan jadi rebutan. Padahal ada kegiatan yang mengharuskan gw jadi kesana-kemari kan macam kalau mau shalat, makan, dan ke toilet. Laptop gw cukup berat dan dirasa merepotkan untuk dipindah-pindah. Jadi buat gw ngerjain di kosan adalah keputusan paling tepat. Colokan pasti tersedia. Mau shalat dan makan pun mudah nggak perlu mengemasi si laptop terlebih dahulu. Paling mesti hati-hati mati lampu aja jadi harus selalu save back up.

Bulan Januari, Februari, dan Maret gw pakai untuk mengerjakan bab 4 dan 5 yang full berkutat dengan statistik. Bulan April gw kembali menengok bab 1, 2, dan 3. Bulan Mei dan Juni gw mengerjakan bab 6 sambil menyempurnakan bab lain dan printilan macam abstrak, daftar isi, daftar pustaka, lampiran, ucapan terima kasih, dan segala macam EYD yang kurang. Lalu minggu kedua Juni deadline pengumpulan. Selanjutnya mengurus dokumen prasidang, dan harap-harap cemas menunggu si tanggal keluar. Di bulan Mei dan Juni gw juga mengurusi intensif bta walau nggak seintens biasanya.

Kemudian yang ditunggu-tunggu, awal Juli tibalah waktunya untuk sidang. Cerita sidang akan ditulis di postingan sendiri aja kayaknya. Ditunggu ya :D Alhamdulillah nih sidangnya dilakukan sebelum bulan puasa, jadi masih enak mau nyebur kolam makara dan makan-makan setelahnya hihi.

Setelah sidang, revisi pun dilakukan. Revisinya nggak terlalu banyak, tapi juga melibatkan pengulangan proses penghitungan statistik karena jumlah responden yang dikurangi. Deadline revisi tiba pada akhir Juli, tepatnya tanggal 24. Sempet lari-larian karena baru ngeprint dan membuat hardcopy paginya dan ngumpulin sore pada hari yang sama. Padahal pihak kampus cuma sekadar menakut-nakuti aja supaya pengumpulannya nggak telat. Udah mau lebaran soalnya. 

Yak, begitulah kira-kira kisah perjalanan si spip alias skripsi. Setahun ngerjain itu rasanya lama banget, tapi alhamdulillah puas dengan hasilnya. Semoga gw bisa selalu mengingat perjuangan ini dan mengambil pelajaran darinya :)

= to be continued =

Saturday, September 21, 2013

TTMMH: talk to stranger, dokumen, dan 2 tes

Things That Made Me Happy:

1. Talk to strangers !

Berhubung setelah wisuda jadwal gw kosong, gw jadi punya banyak jam ngajar. Berhubung ngajar di bimbel, ngajarnya harus nunggu si anak sekolahnya pulang dulu kan. Alhasil jam ngajar gw baru mulai jam 3 atau 4an, baru selesai sekitar jam 7 atau 8an. Karena udah cukup malam, gw memilih moda transportasi bajaj / ojek / taksi. Angkot paling buat jalan keluar ke arah jalan rayanya aja.

Alhamdulillah selama ini ketemu sama supir-supir yang baik, dan malah jadi banyak ngobrol sama mereka. Ngobrolnya seru-seruan aja sih, nggak lama juga karena rumah gw nggak begitu jauh dari tempat ngajar. Tapi rasanya super seneng. Dari ngobrol sama supir taksi yang udah punya 4 cucu dan sebentar lagi pensiun, supir ojek yang cerita khutbah shalat jumatnya tentang sahabat nabi, supir ojek yang ganteng dan tampak muda tapi ternyata udah 41 tahun dan punya anak kelas 1 SMK jurusan broadcasting, supir bajaj yang kasih saran tentang calon suami, dan banyak lagi yang lucu-lucu :))

2. Selesainya dokumen-dokumen pendukung

Oke, jadi ijazah, transkrip, SKCK, dan kartu kuning udah di tangan. Seneng banget segala urusan dokumen ini udah selesai. Walaupun udah fix say goodbye sama penerimaan cpns, dokumen ini gw yakin pasti akan dibutuhkan ke depannya, jadi siap-siap pegang aja semoga nggak ribet lagi :)

Cerita seputar pengurusan dokumen ini adalah ternyata sama sekali NGGAK RIBET. Tinggal rajin aja muter-muter ke kampus, trus untuk SKCK dan kartu kuning jangan males buat ke RT, RW, kelurahan, kecamatan, dan kantor polisi. Semua pihak yang berurusan sama gw super baik kok. Paling ada punglinya di kantor polisi aja hihi. Trus waktu itu ceritanya gw lagi nggak ada uang asli belum ngambil di atm. Akhirnya gw jujurlah ke si pak polisi, plus muka gw kayaknya super mendukung jadi muka kasihan sehingga pak polisi mengurungkan niat untuk minta duit gw. Makasi yang pak polisi, walaupun nggak dapet uang dari saya, insyaAllah rejeki bapak akan diantar Allah lewat pihak lainnya :)
3. Diberikan kesempatan untuk mengikuti 2 tes

Hari Sabtu dan Minggu ini alhamdulillah diberi kesempatan untuk tes rekrutmen 2 lembaga yang berbeda. Sempet baca-baca di thread Kaskus kalau ada orang-orang yang jadwalnya bentrok sehingga harus merelakan salah satunya, atau harus menjaga ketepatan waktunya karena jadwal tes yang super mepet (di hari yang sama tapi jedanya cuma 2 jam kurang, padahal lokasinya belum tentu deketan).

Allah juga Mahabaik karena gw diberikan kemudahan sedang nggak shalat. Pengalaman dari tes hari ini dan tes sebelumnya yang baru mulai siang-siang, para peserta nggak dikasih waktu break yang cukup. Breaknya paling cuma 15 menit yang pasti orang-orang pada milih mau shalat apa makan. Buat tes hari ini sama sekali nggak ada breaknya. Orang-orang yang pada mau shalat diberikan waktu di tengah-tengah tes, jadi keluar cuma shalat abis itu balik lagi.

Semoga yang terbaik deh ya untuk para peserta tes, termasuk gw, aminnn.. :)

= to be continued =

Wednesday, September 18, 2013

Teater Koma: Ibu (Coming Soon)

Poster Teater Ibu

Hai, buat yang suka nonton teater mungkin berminat nih sama pementasan Teater Koma yang akan datang berjudul Ibu. Pementasannya akan diadakan dari tanggal 1 hingga 17 November 2013 di Graha Bakti Budaya Taman Ismail Marzuki. Buat yang mau tau infonya lebih lanjut bisa cek event di halaman facebooknya (link).

Poster ini saya dapatkan dari facebooknya Rangga Bhuana. Ngiler banget pengen nonton, tapi setelah melihat halaman event di facebooknya langsung nggak jadi. Ternyata harga tiketnya udah naik 2x lipat ! Nggak tau secara jelas sih mulai naik dari kapan soalnya pas nonton Sampek Engtay di bulan Maret 2013 lalu (link) kayaknya masih dapat duduk di kursi depan dengan harga Rp100.000,00. Sekarang Rp100.000,00 cuma bisa dapet balkon doang T__T

Ngerti banget sih kenapa harganya naik. Di jaman subsidi bbm dicabut sebagian, rupiah semakin lemah, pengusaha tempe tahu bingung sama harga kedelai, dan buruh demo minta gaji 3,7juta sebulan, masa kita tega membiarkan para pemain teater ini terus tergerus inflasi ? *kalimatnya agak ga nyambung tapi biarkanlah :p*

Sayangnya karena status saya masih pengangguran, dan udah konfirm untuk ikut acara Mahawaditra (link), jadi pass dulu deh. Semoga bisa bertemu lagi tahun depan di pementasan yang semakin keren yaa..

= to be continued =

Tuesday, September 17, 2013

Kenapa Ijazah ?

Kepikiran, kenapa ya para kementerian dan lembaga yang buka rekrutmen cpns ini nggak menerima skl dan ijazah sementara? Logikanya mereka yang masih memegang skl dan ijazah sementara ini kan para fresh graduate yang notabene banyak banget diincar sama perusahaan swasta karena masih segar ilmunya dan sangat mudah dibentuk.

#alia yang baru hari ini dari kampus untuk ngurus ijazah dan kayaknya bakal say goodbye sama rekrutmen cpns, huehe

= to be continued =

Monday, September 16, 2013

Review The Glee Project Season 2

14 Kontestan The Glee Project Season 2

Aih, ini review yang dari tahun lalu yang tak kunjung dibuat. Akhirnya ketulis juga sekarang, hehe.

Seperti pada season 1 (link), The Glee Project Season 2 merupakan serial tv yang bertujuan untuk mencari pemeran baru di season Glee selanjutnya (saat itu untuk season 4). Berbeda dengan audisi pada umumnya, reality show ini tidak mencari yang terbaik, tetapi yang memiliki karakter yang unik. Di season 2 ini juga kontestannya bertambah menjadi 14 orang (season 1 hanya 12 orang). Namun pemenang yang akan ditarik bermain di serial Glee hanya 1 orang (season 1 ada 2 orang pemenang dan 2 orang runner up yang ditarik untuk main di Glee season 3).

14 kontestan yang terpilih yang menurut gw unik di antaranya:
- seorang yang baru belajar menyanyi selama 6 bulan
- seorang transgender yang masih merasakan sulitnya perubahan dari perempuan menjadi laki-laki
- seorang tuna netra
- seorang kontestan beragama islam dari Turki yang berusaha mengubah pola pikir tentang wanita muslim
- seseorang yang mengalami kecelakaan sejak kecil sehingga harus duduk di kursi roda
- seorang lesbian yang mukanya mirip justin bieber

Dari banyaknya kontestan unik yang ada, yang menang menurut gw adalah seseorang yang biasa saja. Mencoba membaca dari beberapa artikel internet, kontestan yang menang tersebut memang diakui memiliki nilai lebih dalam bidang akting dan menyanyi. Dia bisa melalui setiap tantangan yang diberikan. Lagipula kreator acara Glee, yaitu Ryan Murphy sedang mencari pemeran yang bisa menggantikan karakter Finn (yang diperankan oleh Cory Monteith) yang diceritakan lulus. Ternyata keputusan ini sangatlah tepat karena hampir setahun setelahnya Cory Monteith dikabarkan meninggal dunia (link).

Gw menonton serial ini cukup tepat waktu dengan penayangan di Amerika pada Juli hingga Agustus 2012 berkat bantuan torrent. Alhamdulillah ya para orang di Amerika rajin sekali merekam dan bersedia sharing lewat file torrent. Sharingnya pun benar-benar cepat, kira-kira 1-2 jam setelah tayang di tv sudah langsung bisa didownload. Kalau harus menunggu di tv kabel sepertinya akan lama, plus sekarang tv kabelnya udah dikuasai bokap (decodernya dipindah ke kamar beliau) jadi udah ga bisa bebas nonton huhu.

Video klip yang dibuat cukup menarik. Tapi performance favorit gw justru pada penampilan di depan Ryan Murphy yang nantinya akan memutuskan apakah si kontestan akan dieliminasi atau tidak. Performance ini yang paling oke menurut gw:

sumber: telly.com (link)

Tapi si performernya akhirnya dieliminasi juga, padahal favorit gw, hehe.

Okee, segitu aja reviewnya. Nggak menyeluruh dan detil sih ya. Abis total episodenya ada 11 euy, kalo mau detil harus dibikin satu per satu. Untuk lengkapnya, bisa dicek ke wikipedia.org (link).

Oiya, serial The Glee Project tidak dilanjutkan ke season 3 nih. Harusnya kan tahun ini ya. Tapi di awal tahun 2013 para kreator dan stasiun tv Fox (yang menayangkan Glee di Amerika) masih belum tau apakah serial Glee akan dilanjutkan atau tidak. Nah, karena ketidakpastian itulah serial The Glee Project tidak dilanjutkan. Gimana mau dilanjutkan kalau hadiahnya (yaitu main di Glee) sendiri belum fix akan ditayangkan lagi atau tidak.

= to be continued =

Wednesday, September 11, 2013

Ijazah udah bisa diambil wawawaaa

Akibat belum menemukan efek dari ikutan job fair dan mengirim email ke mana-mana, plus cuma ada 1 lembaga yang responsnya cukup cepat, jadi super berharap sama lembaga yang satu itu.

Emang sih gw menjadi bagian dari pasar tenaga kerja ini belum lama. Proses rekrutmen juga memakan waktu, ga bisa instan. Semua orang yang tau gw abis lulus juga udah menyarankan sabar aja dan nikmati dulu masa-masa "liburan" ini.

Aih, rumput tetangga memang selalu lebih hijau ya, hehe.

Oya, berita baik, ternyata ijazah lulusan genap 2013 udah bisa diambil lho. Nggak ngira, padahal baru sekitar 2 minggu acara wisuda. Kalo denger cerita temen-temen yang lulus di semester sebelumnya, ijazah baru bisa diambil setelah 2-3 bulan dari tanggal wisuda. Mungkin karena sekarang cpns lagi buka jadi banyak yang minta dipercepat, atau bisa juga administrasi kampus udah lebih baik jadi kerjanya lebih cepat ya. Alhamdulillahhh :))

Kalau begitu, mari kita daftar cpns rame-rame, ihiyyyy.

Trus buat self reminder, jangan lupa bikin skck ya buu. Bisa diintip salah satu postingan ini buat tau cara bikinnya: di sini (link) dan sini (link).

Lalu untuk situs resmi lembaga-lembaga yang membuka cpns 2013, infonya bisa dilihat di sini (link) dan sini (link).

Hati-hati, katanya banyak situs palsu. Teliti dulu alamat linknya yaa al *self talk*

Tambahan setelah liat situs: ternyata ada salah satu dokumen yang diminta, yaitu surat ttd di atas materai yang isinya kalau udah keterima nggak boleh minta pindah atau mutasi. Trus kontraknya setelah keterima bisa sampai 8 tahun. Wih, kepikiran gimana ya kalo gw ditempatkan di tempat antah berantah. Tapi yowislah, macam kegeeran aja bakal diterima. Yang penting usaha dulu al, pasti Allah tau kok yang terbaik untuk hambaNya, walaupun kalau misalnya nanti ditempatkan di tempat antah-berantah :)

= to be continued =

Wednesday, September 4, 2013

You wait and they never back to you


I'm with youu, hehe

Trus si orang yang minta dibales itu pake miscall berkali-kali segala, merasa diri sendiri paling penting hehe.

Akhirnya jadi pengingat yang lucu saja lah ya :D

= to be continued =

Mahawaditra from Time to Time


semoga masih diberikan kesempatan untuk menonton acara ini dan melihat penampilan teman gw yang akan bermain biola di sana :)

= to be continued =

Bukan malaikat dan bukan juara

Ketika berkeinginan untuk bisa menjadi juara, walau bukan siapa-siapa..
Tetapi piala kemenangan tetap sulit untuk diraih, maka..

Ikhlaskan diri untuk setiap langkah yang telah ditempuh, dan berharap tidak ada penyesalan di hari depan.
Semoga semua usaha memang sudah maksimal, dan bisa menerima setiap hasil terbaik yang diberikan :)

Kali ini hampir habis dayaku
Membuktikan padamu ada cinta yang nyata
Setia hadir setiap hari
Tak tega biarkan kau sendiri
Meski seringkali kau malah asyik sendiri

Karena kau tak lihat terkadang malaikat
Tak bersayap, tak cemerlang, tak rupawan
Namun kasih ini silakan kau adu
Malaikat juga tahu siapa yang jadi juaranya

Dewi Lestari dalam Malaikat Juga Tahu

Maafkan saya yang bukan malaikat, dan juga bukan juaranya :)

= to be continued =

Monday, September 2, 2013

Cony the Girlf

Lanjutan postingan Brown the Boyf (link)


>///<
= to be continue =

what a girl wants but won't ask from her guy


sebenernya lebih dari itu sih, tapi minta lebihnya sama calon suami di masa depan aja deh :3

= to be continued =

20's


= to be continued =

Being a Job Seeker

Halo halo :)

Mau mengabari bahwa status gw sudah resmi menjadi job seeker. Dan salah satu kegiatan dari job seeker adalah ikutan job fair !

Sejauh ini baru 2 job fair yang gw sambangi, Mega Career Expo pada hari Sabtu, 24 Agustus 2013, dan Kompas Karier Fair pada hari Sabtu, 31 Agustus 2013. Keduanya sama-sama bertempat di Balai Kartini.

suasana Kompas Karier Fair Agustus 2013
sumber: tribunnews.com (link)

Well, opini gw ? Kalau Indonesia mau berbangga tentang bonus demografi yang kira-kira akan terjadi dari tahun 2020 hingga 2030 (sumber: link), maka akan sangat penting bahwa para penduduk usia produktif yang jumlahnya akan melebihi usia nonproduktif ini mendapatkan pendidikan yang cukup dan pekerjaan yang baik. Akan sangat disayangkan bila penduduk usia produktif tidak memiliki pendidikan yang cukup dan hanya menjadi pengangguran. Toh kesempatan bonus demografi ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian Indonesia bukan ? :)

Dan melihat katanya ada ratusan ribu orang yang menghadiri acara Kompas Karier Fair (sumber: link), berarti pekerjaan pemerintah untuk menyediakan lapangan pekerjaan masih banyak. Ada yang bilang juga sih, bukankah lebih baik kalau mereka diarahkan ke wirausaha saja sehingga bisa membantu menyediakan lapangan kerja? Tapi berwirausaha pun tidak bisa dianggap mudah karena membutuhkan modal, kemampuan, dan terutama perencanaan yang matang. Jika sembarangan, bukan tidak mungkin banyak yang terlibat kredit macet karena usahanya tidak berkembang.

Oiya, gw juga sedih sih nggak bisa ikutan daftar untuk CPNS karena ijazah keluarnya masih sekitar 3 bulan lagi. Mungkin emang belum rezekinya ya :)

Semangat para job seeker ! :D

= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis