Sunday, April 28, 2013

Penutupan Satu Ruas Jalan Terowongan Manggarai 23 April 2013 - Juni 2014

Sebagai seorang komuter yang biasa menggunakan kereta ketika pulang di akhir minggu, tentu saja gw akan memilih stasiun yang paling dekat dengan rumah agar memudahkan perjalanan. Rumah gw sebenarnya bisa dijangkau oleh 4 stasiun, tapi yang terdekat sampai saat ini ada 2, yaitu Cikini dan Manggarai.

Awalnya gw memilih Cikini karena menurut gw stasiunnya lebih bersih, aman, dan melewati jalan besar sehingga cukup banyak pilihan kendaraan. Manggarai menurut gw lebih rawan karena banyak rel (dulu petugasnya belum banyak jadi takut nyeberang dan takut salah peron nunggu), dan pernah juga kecopetan di sana. Lama-kelamaan, jalan dari Cikini menuju rumah jadi macet parah banget.

Jalan dari Cikini yang gw lewati adalah satu arah melalui bioskop Metropole (dulu Megaria), lalu RS Cipto, ke arah Salemba, lalu belok kanan di perempatan Fuji. Ternyata lebarnya jalan (yang ada 5-6 jalur) tetap nggak bisa mengimbangi tinggi volume kendaraan. Adanya jalan tikus di dekat RS Cipto malah nggak membantu karena tersendat lalu lintas ramai di depan Masjid Matraman. Bagi yang memilih lewat jalan tikus itu, tinggal menunggu belas kasih pak ogah yang mengatur jalan.

Kalau memilih naik ojek memang akan lebih cepat. Namun para pengojek sangat kreatif menemukan jalan menembus kemacetan, yaitu melewati arah belakang tugu proklamasi, lalu berjalan melawan arah ke arah toko Immanuel. Memang cepat sih, tapi risikonya tinggi, melanggar pula. Jadi gw memutuskan untuk berhenti menggunakan jasa ojek dari Stasiun Cikini karena nggak mau mendukung gerakan melanggar lalu lintas tersebut.

Akhirnya gw memilih Manggarai. Memang kalau dilihat dari jarak, sebenarnya arah dari Manggarai ini lebih cepat dari Cikini. Jumlah petugas keamanan di Stasiun Manggarai pun sudah bertambah, sehingga kekhawatiran akan kriminalitas alhamdulillah bisa berkurang. Sudah satu tahun terakhir gw lebih sering turun di Stasiun Manggarai, hingga pada hari Jumat 26 April 2013 lalu, gw jadi berpikir ulang tentang keputusan ini.

Apa masalahnya ?

dimaafin nggak yaa ?
sumber : tribunnews.com (link)

Ternyata sedang dilakukan pembangunan pekerjaan penambahan pintu air, sehingga jalan yang tadinya tersedia dua jalur dari Terminal Manggarai menuju Jalan Tambak, ditutup satu dan kini hanya tersisa satu. Pembangunan pintu air itu dengar-dengar akan berjalan dari 23 April 2013 s.d. Juni 2014. Baca dari harian Pelita (link), di sana tertulis kalau sosialisasi tentang penutupan jalan ini sangat lemah, sehingga hanya sedikit pengendara yang mengetahui penutupan jalan ini, yang kemudian tetap saja memilih untuk melalui jalan tersebut. 

Padahal tadinya jalan tersebut dibagi dua untuk memisahkan jalan yang diperuntukkan kendaraan kecil dan sedang (mobil, bajaj, bemo, motor, mikrolet), dan satu lagi untuk kendaraan besar (transjakarta, metromini, kopaja, truk, bus kota). Karena ditutup, sekarang semua kendaraan jadi harus berjejal di jalur yang hanya muat untuk dilewati selebar satu kendaraan saja.

jalan untuk kendaraan kecil ditutup
sumber : merdeka.com (link)

Dari Sindonews (link), Kepala Seksi Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muslim, mengatakan pihaknya tidak melakukan perubahan arus lalu lintas di jalan-jalan yang terimbas kemacetan karena pembangunan tersebut. Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Mulyadi mengatakan pihaknya telah melakukan pengaturan jalan dengan menambahkan petugas untuk mengatur lalu lintas. Di harian yang sama, beliau menyampaikan bahwa sudah biasa di hari-hari awal akan macet, nanti baru di hari-hari selanjutnya para pengendara akan mencoba mencari jalan lain sehingga kondisi macet yang ada lama-kelamaan akan berkurang.

semangat pak petugas mengatur lalu lintas !
sumber : merdeka.com (link

Para pengendara memang hendaknya lebih sabar ketika melewati jalur ini. Sikap tidak sabaran dan saling menyerobot (yang sampai tulisan ini dibuat masih banyak dilakukan oleh pengendara yang melalui jalan tersebut) malah akan menambah keruwetan yang menghasilkan waktu tempuh yang lebih lama. Langkah ini diakui Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahok, pada detik.com (link) sangat penting untuk mengurangi masalah banjir yang selalu berulang tiap tahunnya karena menumpuk di pintu air Manggarai.

Nah, sekarang pilihannya tinggal mau ikutan stres berjuang menghadapi kemacetan di terowongan manggarai, atau berusaha melewati jalan lain demi menghindarinya ? (yang sebenernya ga beda jauh juga karena di mana-mana emang udah maceeeet >.<).

= to be continued =

Dark Side



Dark Side by Kelly Clarkson

Oh oh oh, there's a place that I know
It's not pretty there and few have ever gone
If I show it to you now
Will it make you run away?

Or will you stay
Even if it hurts
Even if I try to push you out
Will you return?
And remind me who I really am
Please remind me who I really am

Everybody's got a dark side
Do you love me?
Can you love mine?
Nobody's a picture perfect
But we're worth it
You know that we're worth it
Will you love me?
Even with my dark side?

Like a diamond
From black dust
It's hard to know
What can become
If you give up
So don't give up on me
Please remind me who I really am

Everybody's got a dark side
Do you love me?
Can you love mine?
Nobody's a picture perfect
But we're worth it
You know that we're worth it
Will you love me?
Even with my dark side?

Don't run away
Don't run away
Just tell me that you will stay
Promise me you will stay
Don't run away
Don't run away
Just promise me you will stay
Promise me you will stay

Will you love me? ohh

Everybody's got a dark side
Do you love me?
Can you love mine?
Nobody's a picture perfect
But we're worth it
You know that we're worth it
Will you love me?
Even with my dark side?

Don't run away
Don't run away

Don't run away
Promise you'll stay

Lyrics from : azlyrics.com

= to be continued =

Tuesday, April 23, 2013

Europe On Screen 2013

Eh, gw udah cerita belum ya kalau Europe On Screen, salah satu event yang selalu gw tunggu setiap tahunnya, untuk tahun ini akan diadakan lebih cepat dari tahun lalu. Jika tahun lalu diadakan sekitar bulan Desember, tahun ini diadakan bulan Mei alias bulan depan ! Waw, nggak kebayang ya kerja keras panitianya, ayo kita apresiasi dengan datang ke acaranya ! :D

boleh nyomot dari google

Europe On Screen 2013 akan diadakan pada tanggal 3-12 Mei di 7 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makasar. Tahun ini akan diputar sebanyak 72 film dari 30 negara di Eropa, dan semuanya bisa disaksikan secara gratis.

Untuk di Jakarta, pemutaran film akan diselenggarakan di Erasmus Huis, Goethe Haus, Istituto Italiano, IFI Salemba, SAE Jakarta, dan Kunstkring. Dilihat dari tempat yang dipilih, terdapat dua lokasi baru, yaitu SAE Jakarta, sebuah universitas yang berfokus pada pendidikan media kreatif, yang terletak di FX, Jl.Sudirman, dan Kunstring, sebuah galeri seni yang dulunya merupakan Buddha Bar, yang terletak di Jl. Teuku Umar, Menteng. Mau banget nyoba nonton di sana ! :D

Untuk informasi lebih lengkap bisa dicek ke :
website : http://www.europeonscreen.org/ (link)
facebook : https://www.facebook.com/europeonscreen (link)
twitter : @EuropeonScreen (link)

Untuk mendownload buku program acara bisa diklik ke http://www.indonesianfilmcenter.com/files/136664384667.pdf (link)

= to be continued =

One of My Resolution in 2013

sumber : http://2013thingstodo.tumblr.com/ (link)

Progres terus berjalan, semoga tercapai, amin.. :)

Btw buat yang mungkin masih bingung enaknya ngapain aja di tahun 2013, tumblr 2013 things to do (link) ini seru lho buat dibaca-baca. Bisa jadi tambahan inspirasi hal-hal menarik yang mungkin bisa ditambahkan dari resolusi yang udah pas dibuat tahun baru lalu :)

= to be continued =

Friday, April 19, 2013

Platinum 030313

Yang namanya kerja di depan laptop seharian, disertai internet yang alhamdulillah bisa dijangkau walau dari kosan (makasi modeeeem!), tentu bikin banyak godaan. Tapi seneng sih godaannya itu jadi gatel pengen nulis di blog. Lagian blog gw juga sempet tersisihkan selama 2 minggu, jadi gapapa jadi rajin dikit huehehe.

Trus jadi pengen ngepost foto bulan lalu bareng sama mas buncit. Foto diambil setelah acara nikahan Kartini di bulan Maret 2013. Jadi setelah kondangan kita mampir ke Platinum Blok M buat makan siang. Selalu sangat sangat senang bisa melewatkan waktu bersamanya. Apalagi sekarang doski udah sibuk bekerja di sebuah perusahaan IT terkemuka (wazek haha), jadi sekarang ketemuannya antara gw nyamperin dia buat makan siang, atau dia berusaha pulang cepet supaya bisa makan malem bareng, atau lebih seringnya sih ketemuan pas weekend di siang hari :)

Platinum, Blok M, 030313

Buat mas buncit, senyuuuuumm. Jangan bete melulu. Insyaallah apapun yang sedang dijalankan punya manfaat untuk masa depan :)

= to be continued =

Thursday, April 18, 2013

Penyemangat di bulan April

Kombinasi dari berada di kamar kosan tercinta..

hanya ilustrasi, kamar kosan gw nggak sekeren ini :p
sumber : www.homeinfurniture.com (link)

dengan hujan deras di luar yang bikin adem..

hujan di balik jendela
sumber : www.cooltwitterbackgrounds.com (link)

dan secangkir kopi torabika choco granulo hangat.. (bukan sponsor)

ga pernah sukses mau bikin gambar dari taburan coklatnya
sumber : www.shape.com (link)

disertai alunan lagu dari album glee..

i love all glee song ! :D
sumber : www.severnvale.gloucs.sch.uk (link)

bikin semangat nulis spip semakin membara!

Ayo selesaiin secepatnya aliaa >.<

= to be continued =

Wednesday, April 17, 2013

Ono Eriko Mau ke Indonesia xD

tulisan ini ada lanjutanna lho, silakan dicek di "Lanjutan: Ono Eriko Mau ke Indonesia" (link)

Wah, m&c!, salah satu penerbit komik terbesar di Indonesia, akan mengadakan event yang sangat-sangat-sangat menarik !

ONO ERIKO MAU KE INDONESIAAAAAA !

banner dari facebooknya m&c! (link)
klik gambarnya untuk melihat lebih jelas

Gw tau info ini dari facebook m&c!, lalu setelah meng-google, di twitter resmi mereka juga sudah ada pengumumannya.

Jadi Ono Eriko dijadwalkan akan datang ke Indonesia pada tanggal 22-23 Juni 2013. Beliau akan hadir di 4 toko buku Gramedia di Jakarta, di antaranya Gramedia Matraman, Gramedia Pondok Indah, Gramedia Kelapa Gading, dan Gramedia Central Park.

Info selanjutnya akan disampaikan menyusul, kata admin m&c! lewat akun facebook mereka. Duh, pengen banget bisa dateng. Semoga acaranya bisa terorganisir lebih baik dari acara Madrenya Dewi Lestari yang gw datangi bulan lalu (link).

Gw juga baru tau ada tumblr khusus untuk para fans Miiko di Indonesia. Silakan dicek di http://abouthaimiiko.tumblr.com (link).
= to be continued =

Tuesday, April 16, 2013

Semangat ya Mas I !

Mendoakan yang terbaik untuk adikku tersayang, Mas I, yang minggu ini sedang menjalani UAN SMA. Semoga sukses dan tercapai target-target nilainya yaa. Aku selalu mendukungmuu ! \(^3^)/

bersama-sama menuju puncak borobudur, yogya, 300313

= to be continued =

Kokas - IEC - Taman Safari

Sabtu, 13 April 2013

Mampir ke Kota Kasablanka. Pertama kalinya ke sana dan mallnya bagus. Cuma belum rame, tapi bisa dimaklumi karena namanya juga mall baru. Cukup prihatin dengan kondisi Jalan Prof. Dr. Satrio beberapa bulan dan tahun ke depan karena selain Kota Kasablanka, Mall dan ITC Ambassador, sedang dibangun pula Kuningan City, dan Ciputra World. Mereka mungkin melihat peluang karena sedang dibangun jalan layang nontol antara Kp.Melayu dan Tanah Abang yang pastinya akan memudahkan orang untuk melintasi wilayah ini. 

ketemu SpongeBob di Kokas, 130413

Tapi kacau juga ya karena tujuan dari dibangunnya jalan layang ini adalah untuk mengurangi kemacetan. Berarti dengan volume kendaraan normal, jalanan ini memang sudah macet. Apalagi jika semua mall yang sudah ada, dan juga yang sedang dibangun sudah rampung semua. Seakan-akan cara yang ditempuh pemerintah jadi sia-sia karena dengan adanya semua mall tersebut, justru akan semakin banyak kendaraan yang melintas dan kemacetan akan semakin bertambah parah..

Lalu mampir ke acara IEC ITB di Energy Building, SCBD. 

at IEC ITB, 130413

Acara yang gw datangi saat itu terdiri dari pameran dan debat bagi para peserta yang mengikuti kompetisi IEC ITB. Acara tentang entrepreneurship menurut gw selalu menarik dan bikin malu diri sendiri karena sampai sekarang belum bisa banyak berkarya seperti teman-teman yang udah pada memiliki bisnis sendiri. Semoga di masa mendatang bisa mengikuti jejak mereka :)

----------

Minggu, 14 April 2013

Ikutan acara binglas BTA 8 Jakarta untuk tracking di Taman Safari !

with binglas BTA at Taman Safari, 140413

Acaranya ya itu tracking, literally jalan mendaki rute sejauh 4 km, untuk selanjutnya menikmati outbond. Nggak sampai mampir ke kebun binatangnya.

Tapi stamina emang nggak bisa boong ya. Biarpun 4 km itu disebut sebagai rute terpendek (selanjutnya ada 6 km dan 12 km), buat orang yang jarang olahraga macem gw, perjuangan kayaknya udah berat banget. Untunglah semuanya sepakat jalannya santai aja ga buru-buru, hehe. Jalannya juga di hutan beneran, jadi ya selamat menikmati jalan naik turun beralaskan tanah licin berlumpur.

Outbondnya juga cuma ada 3 macem sih. Ada meniti tali yang di bawahnya ada kolam, ada meniti tali yang dipasang 10 meter dari atas tanah (eh, cmiiw ya ini agak sotoy sebenernya tentang ketinggiannya), dan juga flying fox.

Demi mengalahkan ketakutan akan ketinggian, gw mencoba flying fox. Untuk naik ke atas disediakan tali yang dibuat seperti jaring laba-laba, jadi mesti merayap. Untuk pertama kalinya ketakutan gw jadi agak melebay karena gw sampai nangis aja lho buat naik di talinya. Sampai atas lega luar biasa, tapi turunnya tetep harus melalui si flying foxnya dong. Eh, malah jadi mogok nggak mau turun. Lalu kembali nangis kejer karena segitu takutnya membayangkan gw mendorong tubuh gw ke bawah dengan sengaja. Dari niat awal mau mengalahkan ketakutan, malah jadi semakin lebay takutnya, hmph. Untung mas-mas penjaga flying foxnya baik hati sekali nggak memaksa gw.

Trus kalau nggak lewat tali, lewat mana dong ? Ternyata ada jalan setapak kecil yang emang sengaja dibuat kalau mas-mas flying foxnya mau turun. Tapi itu bukan jalan umum, jadi ya jalannya agak nggak jelas gitu. Turunan licin yang cuma bisa dilewati satu orang. Alhamdulillah banget banget kak Ian sang bos binglas sangat baik hati bersedia merayap naik demi menemani gw buat turun. Dan pas udah sampai di bawah, rasanya pengen banget tiduran meluk tanah, terima kasih ya Allah aku masih diizinkan buat sampai di tanah lagi. Terima kasih banyak kak Ian atas bantuannya, maaf sudah banyak merepotkan :'(((

Overall, gw senang kok di acaranya. Di bus juga menyenangkan karena kerjaannya nyanyi melulu, hihihi. Abis pak supir bus Big Birdnya nyetelin kita vcd karaoke dan radio Delta mulu sih (yang ternyata Blue Bird emang jadi sponsor di radio itu jadi pantesan yang diputer radio Delta, hehe).

= to be continued =

FIlm yang Udah Ditonton sampai April 2013

Biasanya gw cukup rajin me-review film-film yang udah gw tonton. Tapi karena tertunda terus, jadi mager. Padahal sampai pertengahan April 2013 ini, gw udah nonton beberapa film. Gw list aja deh ya. Reviewnya kapan-kapan kalo lagi pengen hehe :p

List film yang udah ditonton sampai April 2013 :
1. 160213 Rectoverso di GI
2. 230213 Flight di GI
3. 120313 Oz The Great and The Powerful di Detos
4. 200313 Oz The Great and The Powerful di Metropole
5. 230313 Argo di Margo City
6. 030413 Madre di Margo City

Sebentar lagi bakal masuk musim panas di Amrik dan Eropa sana, berarti saatnya liburan bagi mereka dan hadirnya banyak film-film ciamik pastinya. Nungguin Monster University (sekuel dari Monster Inc.), Iron Man 3, sama Man of Steel nih :D

= to be continued =

Friday, April 5, 2013

TTMMH : Gramedia 010413

Mengunjungi toko buku adalah salah satu kebahagiaan buat gw. Hari senin kemarin gw mampir ke Gramedia Matraman, dan seneng banget karena ternyata sedang ada bazaar buku bertajuk "Gramedia Shocking Sale" yang berlangsung dari tanggal 21 Maret hingga 7 April. Buku-buku didiskon gila-gilaan. Buat gw yang gagal hunting buku pas di Islamic Bookfair Maret lalu (salah sendiri dateng hari terakhir -__-), bazaar ini mengobati kerinduan gw akan belanja buku murah, hehe.

diambil dari twitternya @gramedmatraman

Kebahagiaan kedua adalah menemukan buku Sistem Kebut Semalam pelajaran IPS karya Muhammad Doddy AB. Buku ini menjadi senjata andalan gw untuk belajar dari jaman SMA dulu, juga menjadi salah satu pedoman untuk mengajar sekarang. Berhubung 2 minggu ini gw sempet ngasi privat untuk anak homeschooling yang mau uan, yang ternyata baru mengenal pelajaran ekonomi ketika diajar sama gw, gw jadi agak serem menanggung risiko-"Gimana kalo mereka ga lulus uan gegara gw ngajarnya kuraaaang.. ???"

Yowislah, gw rekomendasikan aja buku itu, dan pas banget di Gramed stoknya lagi banyak. Padahal biasanya bukunya cukup sulit dicari karena stoknya cuma ada sedikit jadi cepat habis. Mungkin si penulis dan penerbitnya tau kali ya tagline "InsyaAllah Best Seller" di bagian pojok kanan atas buku menjadi doa yang ampuh. Buktinya cetakan selanjutnya dari buku itu, tulisan di pojok kanan atasnya udah berganti menjadi "Alhamdulillah best Seller" :D

diambil via google

Kebahagiaan ketiga adalah pas mau bayar di kasir. Terjadi sebuah dialog dengan mbak-mbak kasir.

Mbak Kasir : "Mbak, mau beli buku baru nggak?" *nyodorin buku di display kasir*
Gw : *melihat judulnya* "Waw, Generasi 90an? Isinya twitter gitu ya mbak?" *teringat emang ada twitter dan tumblr bertema Generasi 90an*
Mbak Kasir : "Nggak kok, ini mau diliat dulu isinya?"
Gw : *membuka buku, amazed dengan isinya, senyum-senyum kegirangan*
Gw : "Yaudah deh mbak, saya mau beli yang ini juga" *termakan rayuan*
Gw : "Kok mbaknya tau saya lahir tahun 90an?" *nyengir*
Mbak Kasir : "Iya, saya kan lahir tahun 90an juga mbak"
Gw : "Hoo, emang lahir tahun berapa mbak?"
Mbak Kasir : "94"
Gw : "Hoo, saya 90"

Percakapan berakhir setelah gw selesai membayar. Walaupun sempet kepikir, wah dia lebih muda dari gw dan udah bekerja. Dia kuliah nggak ya? Semoga tetap semangat mbaknyaa ! Gw juga punya impian kok pengen kerja di Gramedia. Apalagi kalau bukan karena impian masa kecil di mana kerja di Gramedia gw artikan gw akan punya perpustakaan raksasa di mana gw bisa gratisan baca sesukanya xD -- yang salah banget, itu buku buat dijual neng, bukan buat lo baca sendiri gratisan -__-

Yang bikin bahagia dari percakapan itu adalah, sebagai seseorang yang sering disangka ibu-ibu, gw girang bisa ada yang menyangka gw lahir tahun 90, hahahahahhahaha *sedih*. Lalu gw juga senang karena buku yang ditawarin ternyata emang baguussssssssssssssssssssss !!!

diambil dari websitenya gramedia (link)

Harganya emang lumayan sih -- karena sebelumnya kan abis ke bazaar buku murah jadi berasa -- Rp 75.000. Tapi bukunya full colour, kertasnya bagus, gambarnya menarik, dan terutama tema yang diangkat sangaaaaaat worth it untuk dibaca !

Jadi setelah googling, si penulisnya yaitu Marchella FP adalah seorang mahasiswa desain komunikasi visual di Binus yang sedang mengerjakan tugas akhir. Nah, dia terinspirasi dari twitter @Generasi90an, dan nggak cuma selesai di tugas akhir aja, dia pun membukukan hasil penelitiannya menjadi sebuah buku berisi kenangan di era 90an macem baju apa yang dipakai, musik apa yang sedang digemari, acara film apa yang lagi ngehits, mainan apa yang heboh, artis ganteng dan cantik yang jadi idola, hal-hal yang bikin eksis, dll, semuanya dalam ilustrasi pop art yang sangat menarik !

Buat orang-orang yang pernah menikmati indahnya era 90an, buku itu adalah must have item menurut gw ! Dan kalau misalnya gw disuruh bikin time capsule, buku ini akan menjadi salah satu barang yang membantu gw untuk mengingat betapa gw merindukan masa-masa itu :')

Ah, jadi pengen nulis juga arti tahun 90an buat gw.. :))

= to be continued =

© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis