Wednesday, February 20, 2013

Perkara Radang Tenggorokan

source : tristancafe.com (link)

Yeah, gw suka makan, tapi nggak suka tambah gendut, haha. Jadi semacam harapan dan selalu ngiri sama orang yang bisa makan banyak tapi nggak gendut-gendut. Biasanya orang seperti ini minimal ada satu lah di sekitar kita, dan jadi kesel sendiri tiap dia ngeluh pengen ningkatin berat badan tapi ga bisa-bisa padahal udah banyak makan, hmph -___-

Udah hampir sebulanan ini gw mencoba mengubah menu makan. Jadi lebih banyak makan buah dan sayur, juga mulai mengkonsumsi oat. Makan oat itu sebenernya harus diniatin banget karena rasanya anyep dan lembek, mesti diusahain supaya bisa enak, dan solusi gw adalah dengan menambahkan buah. Jadi makan buahnya nggak sendirian deh :D

Makan nasinya diusahain cuma 1x aja, yaitu siang. Di kosan tempat makan yang deket adalah nasi padang, jadi bisa hampir tiap hari tuh gw makan siang nasi padang melulu *magerism*. Cuma sepertinya karena cuaca yang lagi sering ujan, plus nasi padang yang karakteristiknya adalah santen-berminyak-pedas, alhasil tenggorokan bereaksi.

nasi padang yang bikin ngiler
dicomot dari freakingwriter.blogspot.com (link)

Tadinya dipikir cuma gatel mau batuk biasa aja, ternyata pas hari sabtu lalu malah berkembang jadi sakit buat menelan. Positif gejala radang tenggorokan lah kalo kata temen gw yang anak fk setelah konsul sama dia di bta, huhuuu.

Dan sodara-sodara, radang tenggorokan itu super ga enak ! :((

Semua penyakit emang nggak ada yang enak sih. Pertama kalinya kena radang, dan juga karena gw orangnya nggak tahan rasa sakit -- jadi pasti langsung agak lebay menyikapi -- rasanya tersiksaaaa banget ! Terlebih karena gw nggak bisa makan apapun karena tenggorokan rasanya sakit banget buat nelen. Bahkan nelen ludah aja sakit huhuu..

Gw sempet khawatir ini adalah salah satu pengabulan dari doa gw yang pengen kurus karena radang tenggorokan ini sukses bikin gw nggak minat makan apapun, astaghfirullah, jangan sampe ya Allah.. :(

Alhamdulillah abis itu dikasi tau temen supaya cepet-cepet minum antibiotik untuk membantu tubuh membasmi bakteri atau virus yang ada. Soalnya kenapa si tenggorokan bisa meradang sebenarnya adalah reaksi otomatis dari tubuh karena dia sedang berjuang melawan si bakteri atau virus yang menyerang. Makasi ya tubuhku :') Lalu dalam tempo 3 hari -- sesuai dosis obat --, gw sembuuuuh !
zithromax, antibiotik yang pas nanya ke anak fk dan farmasi 
selalu mereka bilang mahal dan ternyata ada obat yang harusnya 
harganya lebih murah tapi mbak-mbak apoteknya nggak ngasi tau huhu..

Dan sekarang jadi mencoba memperhatikan makanan lebih baik lagi dengan mengurangi makanan berminyak dan pedas. Dan juga lebih mensyukuri setiap makanan yang dimakan, bahkan mensyukuri setiap mau menelan ludah. Yaampun kadang banyak nikmat yang sangat patut disyukuri, tapi kita nggak menyadarinya aja dan terlanjur take it for granted, sampai nikmat itu diambil dari kita -- dalam kasus gw adalah sakit.

Terima kasih ya Allah atas nikmatMu yang tak terhingga :)
Gapapa deh gendut, yang penting selalu sehat ya Allah :))

= to be continued =

4

me and super-happy-wearing-arsenal-tshirt buncitos

I know nobody is perfect. I'm not perfect, and you don't either.
So, I don't want a perfect relationship, because what I need is someone perfectly accept me for who I am. And for now, you are the one :)

I know sometimes I scared people with my attitude. Some people went away from my life, and one of the reason is because I have too-caring thing that I exposed to them, and sometimes mistaken as being "kepo", and it successfully made some people run away from me, haha. Sorry, guys, my bad.

Thank you for letting me do the "kepo" thing on you, because, believe me, it's my way to show my care :)

= to be continued =

Monday, February 18, 2013

Sidang dan Wisuda Januari dan Februari 2013

Ini postingan foto yang belum terlambat, hehe. Beberapa sidang dan wisuda yang gw datangi di bulan Januari dan Februari 2013. Ada sidangnya achie, sidangnya woro, elvi, samuel pohan, and last but not least, of course sidangnya buncitos ^^





Kalau wisuda, gw cuma sempet foto bareng mas buncit karena saat itu hujan deras, jadi agak males juga untuk keliling-keliling. Walaupun wisuda semester ganjil juga tetep aja ya orangnya banyak, padahal itu kan bukan waktu yang normal karena wisuda ini buat yang lulusnya 3.5 tahun, atau 4.5, atau 5.5. 


Well, happy graduation yaa ! :D

= to be continued =

Thursday, February 14, 2013

Film Rectoverso Hari Ini Premier ! :D

Gw menikmati kumpulan cerpen dan album Rectoverso karya Dewi Lestari pada tahun 2008, dan jadi heboh sendiri ketika ada isu di akhir 2012 bahwa Rectoverso akan dibuat filmnya yang akan tayang di tahun 2013 ! :D

Sepertinya ini efek lanjutan setelah difilmkannya novel Perahu Kertas yang juga karya Dewi Lestari. Buat gw novel Perahu Kertas itu keren ! Terlebih karena formatnya itu dibuat semacam teenlit, dan buat gw selain Dealova, teenlit itu biasa aja -- nggak begitu banyak baca juga sih teenlit lainnya, maaf ya kalo ternyata ada judul lain yang bagus. Tapi setelah difilmkan, Perahu Kertas menurut gw kurang greget. Gw malah usul daripada jadi film bioskop, lebih pantes jadi ftv. Kalau dari awal emang bentuknya ftv, gw pasti langsung mengacungkan jempol !

Kembali, buku Rectoverso dari awal peluncuran begitu menggoda, bentuknya hardcover, harganya yang Rp75.000 -- masih inget, abis berasa mahal >.<, dilengkapi dengan ilustrasi foto yang menegaskan isi cerita. Juga ketika albumnya serentak keluar -- harganya sekitar Rp50.000. Saat itu pembelian buku dan album cdnya masih sendiri-sendiri, belum sepaket seperti banyak yang ditawarkan belakangan ini.

buku dan cd Rectoverso
sumber : princessofjapan.wordpress.com (link)

Menikmati Rectoverso tidak bisa sendiri-sendiri. Gw masih inget ketika membaca kumpulan cerpennya, ada hal-hal yang terasa hilang dan kurang dimengerti, yang baru terisi ketika mendengarkan lagunya. Juga ketika mendengarkan lagu, akan terasa lebih meresap ketika tahu kenapa seseorang membutuhkan lagu ini untuk mengekspresikan perasaannya :)

Sekarang buku Rectoverso udah ada yang softcover. Harganya juga jadi lebih murah karena belinya bisa langsung satu paket bareng cdnya (bundling). Hari ini juga premier dari filmnya lhoo. Ga sabar buat nonton ! Semoga bisa memuaskan dahaga para pecinta Rectoverso :))

poster film Rectoverso
sumber : rectoverso-film.tumblr.com

Biar makin semangat, mari kita intip dulu trailernya ;)

sumber : youtube.com

Dan buat yang suka nulis, jangan lupa ada lomba cerpen Rectoverso lho ! Bisa diintip di tumblr mereka di rectoverso-film.tumblr.com (link)

= to be continued =

Monday, February 11, 2013

Lebenslangerschicksalschatz

Di postingan bulan September 2012, gw pernah berjanji untuk melampirkan percakapan antara 2 tokoh di serial tv How I Met Your Mother, yaitu antara Ted dan Klaus. Percapakan ini muncul di How I Met Your Mother season 8 episode 1 berjudul Farhampton.

Percakapan ini cukup unik karena kata-katanya yang agak susah ditangkap, akibat diselipkannya bahasa jerman di dalamnya. Percakapan ini terjadi karena Ted ingin tahu apa alasan Klaus batal menikahi Victoria, seorang gadis yang pada saat itu sebenarnya sedang kabur dari pernikahannya untuk bisa bersama Ted tanpa diketahui Klaus.


Klaus
There is a word in German:
Lebenslangerschicksalsschatz. And the closest translation would be… “Lifelong Treasure of Destiny.”
And Victoria is wunderbar, but she is not my Lebenslangerschicksalsschatz. She is my Beinaheleidenschaftsgegenstand, you know? It means… “the thing that is almost the thing that you want… but it’s not quite.” Das ist Victoria to me.

Ted
How do you know she’s not Lebenslangerschicksalsschatz? I mean, maybe as the years go by, she’ll get Lebenslangerschicksalsschatz-ier.

Klaus
Oh, nein, nein, nein. Lebenslangerschicksalsschatz is not something that develops over time. It is something that happens instantaneously. It courses through you like the water of a river after a storm, filling you and emptying you all at once. You feel it throughout your body, in your hands, in your heart, in your stomach, in your skin…
Of course you feel it in your Schlauchmachendejungen. Pardon my French.
Have you ever felt this way about someone?

Ted
Yeah, I think so.

Klaus
If you have to think about it, you have not felt it.

Ted
And you’re absolutely sure you’ll find that someday?

Klaus
Of course. Everyone does eventually.

sumber : gitamelisa.wordpress.com (link)

= to be continued =

Update yang terlambat : Gladi Resik Wisuda September 2012

Yang mau diposting adalah beberapa foto yang sempat diabadikan bersama teman-teman yang lulus pada September 2012 lalu. Anak-anak angkatan 2008 yang lulus September 2012 lalu adalah mereka yang tepat waktu. Saya ? Alhamdulillah menginjak semester 10, mohon doanya :))

atas : bersama anisa harini, dian oriana, mutia rahmadina, dan desti maharani
bawah : bersama irma, dila eka, aya, elwi, yunita, y(j)uni, velty


 kiri : bareng diah, kanan : bareng velty

atas : bersama liza dan kak pupu
bawah : bersama kartini dan dadi

sekarang yang pada pake toga udah pada kerja semua uhuy !
oiya, kak pupu sedang ambil profesi sih. semangat semuanyaa ! \(^.^)/

= to be continued =


Update yang terlambat : Penggusuran Pedagang Stasiun

Kembali, ini adalah update yang terlambat.

----------
Penggusuran Pedagang Stasiun

mahasiswa UI bersiap untuk aksi membela pedagang stasiun UI dan Pocin
sumber : kabarkampus.com

Bagi masyarakat pengguna jasa transportasi kereta api dalam kota Jakarta, tentu kehadiran pedagang kaki lima di dalam maupun sekitar stasiun menjadi pemandangan yang biasa. Saya sendiri merupakan pengguna kereta api sejak berkesempatan berkuliah di kampus yang berlokasi di Depok.

Langsung saja, saya mengerti pihak PT KAI ingin berbenah diri. Beberapa waktu terakhir ini perubahan yang PT KAI lakukan cukup terasa, misalnya kenaikan harga tiket kereta Commuter Line (dari Rp5500 menjadi Rp8000), disediakannya gerbong dan rangkaian kereta khusus wanita, juga yang terbaru adalah perpanjangan peron sehingga nantinya jumlah gerbong kereta dapat ditambah.

Inisiatif untuk merapikan diri juga termasuk menggusur pedagang kaki lima yang dianggap mengganggu aktivitas penumpang karena kadang menggelar jualannya sembarangan. Ya, saya mengerti. Tetapi yang tidak saya mengerti adalah, berdasarkan berita dan cerita yang saya baca baik di portal berita, facebook, twitter, dan blog teman-teman saya, penggusuran dilakukan dengan semena-mena. Memang ada surat edaran yang diberikan PT KAI, tetapi tidak ada dialog yang dibuka. Penggusuran dilakukan bulan Desember 2012 dan Januari 2013 lalu.

petugas keamanan bersiap siaga si stasiun Pocin
sumber : news.fimadani.com

Di lain pihak, tidak semua pedagang benar-benar kaki lima yang seenaknya datang dan pergi, ada juga pedagang yang memang telah memiliki kios dan secara teratur membayar ongkos penyewaan kios tersebut. Sayang, sepertinya para pedagang ini ketika membuat surat perjanjian kontrak, mereka tidak didampingi orang yang paham hukum sehingga walaupun mereka telah membayar, PT KAI dengan mudah memutuskan untuk menggusur dan menghancurkan kios-kios tersebut.


para pedagang menutup kios dan ikut aksi dengan berdiam di sepanjang kios stasiun
sumber : metrotvnews.com

Terdapat dua stasiun yang terletak sangat dekat dengan kampus saya, yaitu stasiun UI dan Pondok Cina (Pocin). Merasa bahwa ini adalah kepentingan rakyat kecil yang direbut semena-mena, beberapa mahasiswa UI melakukan aksi untuk membela para pedagang. Oya, saya mewanti-wanti jika kalian mendengar kata "aksi", jangan lantas diasosiasikan dengan tindakan anarkis ya. Saya tahu betul dari teman yang memang aktif di dunia gerakan bahwa mereka memiliki rencana terstruktur ketika memutuskan untuk membahas suatu kasus. Dan bukan gaya mahasiswa UI untuk langsung main fisik. Maka untuk kasus ini juga, para mahasiswa yang ikut aksi telah berusaha untuk menemui petinggi PT KAI. Sayangnya, mereka selalu menemui kegagalan karena selalu dioper tanpa kepastian.

Akhirnya sempat juga diberitakan bahwa mahasiswa UI melakukan penutupan jalur kereta di stasiun Pocin, yang kemudian menghambat perjalanan kereta api, dan membuat masyarakat luas lantas mencerca tindakan tersebut. Saya tidak membela mereka, jika saya menjadi penumpang yang saat itu menunggu kereta juga pastinya saya akan memarahi mereka. Namun saya tahu mungkin sebegitu kesalnya mereka karena cara-cara diplomatis yang mereka gunakan tidak diacuhkan, dan mungkin hanya tindakan-tindakan yang langsung berdampak seperti itulah yang dibutuhkan agar semua mata memandang apa yang mereka perjuangkan.

Aksi penutupan jalur kereta stasiun Pocin
sumber : tribunnews.com

Sekarang sudah bulan Februari, tetapi sepertinya belum semua stasiun berhasil dirapikan oleh PT KAI. Sepenglihatan saya -- maaf kalau belum menyeluruh--, stasiun Cikini, Cawang, Kalibata, UI, masih aman sentosa. 

spanduk penolakan penggusuran oleh pedagang stasiun Cikini
sumber : rmol.co

Stasiun yang sudah digusur para pedagangnya -- tetapi belum sepenuhnya dipercantik lagi, malah beberapa puingnya masih berserakan --, stasiun Manggarai, Pasar Minggu, Lenteng Agung, Pocin, dan Depok Baru.

atas : proses penggusuran pedagang stasiun Depok Baru
bawah : puing sisa penggusuran yang masih belum dibersihkan di stasiun Depok Baru
sumber : vivanews.com

Buat PT KAI, semoga ke depannya tidak seperti ini lagi. Jika memang tidak ingin ada PKL yang berjualan, tindak dari awal. Kebijakan ini juga harus diperjelas sehingga tidak terkesan tebang pilih karena para pedagang tentu dengan jelas melihat bahwa Indomaret yang dibangun di lingkungan stasiun tidak ikut digusur. Selain itu, masalah perkeretaapian masih banyak. Saya nggak tahu kenapa masalah PKL ini yang lebih dulu ditangani, karena justru masalah terpenting bagi penumpang adalah jadwal kereta api yang tidak tepat waktu, dan ketersediaan kereta api yang masih sangat kurang sehingga harus berdesakan. Semoga semua masalah bisa diselesaikan dengan baik ke depannya.

= to be continued =

Update yang terlambat : Banjir Jakarta Januari 2013

Ini adalah update yang terlambat, tapi terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali, bukan ? *ngeles :P

----------

Banjir Jakarta

Ini banjir yang melanda Jakarta pada Januari 2013 lalu. Banjir yang kemudian menghasilkan putusan masa tanggap darurat banjir selama 10 hari dari tanggal 17-27 Januari 2013 oleh pemerintah DKI Jakarta.

Banjir kali ini dikabarkan terjadi karena siklus 5 tahunan -- yang sebenarnya agak terlambat, karena kalau dihitung terakhir tahun 2007, harusnya kan pas 2012 ya datangnya ? Tapi saya sendiri cukup muak jika dikabarkan seperti itu. Hey, kita ini manusia lho, kita memang tidak bisa mencampuri urusan Tuhan ketika dia sedang mengatur cuaca, tapi tentu kita bisa berusaha yang terbaik untuk mencegah banjirnya kan ? Apalagi dengan kata "siklus", berarti ini memang sudah sering terjadi, bukan ? Apakah kita tidak bisa belajar dari pengalaman yang telah lalu agar musibah ini tidak terulang lagi ? Apa jangan-jangan karena sudah terlalu sering terjadi kita malah kemudian terbiasa dan membiarkannya ?

Malas juga mendengar ketika bencana ini jadi kepentingan beberapa golongan. Saya sempat baca dan dengar bahwa Jokowi mengeluarkan perintah bahwa jika ada parpol yang ingin membantu, dia akan mempersilakan asalkan mereka tidak membawa simbol-simbol tertentu. Saya tahu sebentar lagi tahun 2014 tiba di mana akan menjadi tahun pemilu untuk legislatif dan eksekutif, tapi tak bisakah kalian membantu dengan ikhlas demi kemanusiaan tanpa harus gembar-gembor sekalian promosi ?

Yeah, cukup ngedumelnya deh. Alhamdulillah banjirnya selesai juga. Walaupun BMKG masih mengingatkan bahwa musim hujan masih akan berlanjut di bulan Februari. Semoga yang terbaik lah untuk Jakarta :)

Lalu akibat peristiwa banjir ini, blog saya sempat dikunjungi beberapa orang yang mencari informasi tentang almamater SMA saya tercinta yang memang dikabarkan juga terkena banjir, yaitu SMAN 8 Jakarta. Sayang informasi terakhir adalah yang saya tulis ketika tahun 2007 di postingan berjudul "the annual flood in SMAN 8 Jakarta" (link). Saya sebenarnya sudah berkeliling di beberapa portal berita, dan juga facebook orang-orang yang saya tahu masih berkunjung ke sana untuk mengetahui perkembangan yang ada.

Seperti biasanya, SMA saya tercinta itu memang terkena banjir. Tahu Kampung Pulo yang berlokasi dekat Kampung Melayu yang terkena banjir parah sehingga banyak warganya yang diungsikan ? Well, sekolah saya sangat dekat lokasinya dengan Kampung Pulo. Terlebih lagi, SMA saya letaknya memang rendah, jadi air yang larinya ke sana. Air menggenang hingga 1 meter lebih. Tapi ini masih lebih baik dari tahun 2007 lalu di mana air menggenang hingga menenggalamkan lantai 1.

Berita lengkap bisa dicari di google. Sekarang, sharing foto aja ya


 Banjir tampak atas



guru dan karyawan bahu-membahu 
membersihkan lumpur yang menggenang

Wacana untuk memindahkan lokasi SMAN 8 Jakarta sudah muncul lama, tapi realisasinya entah kapan. Banjir memang bencana, tapi bagi para siswa SMAN 8, banjir menjadi salah satu kabar gembira karena adanya tambahan liburan di antara hari sekolah yang berat. Malah mungkin banjir ini menjadi salah satu trademark dan kenangan yang paling diingat bagi para siswa dan alumni SMAN 8 ya haha

= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis