Thursday, June 28, 2012

Gw dan Skripsi

sumber : yeahmahasiswa.com (link)

Dengan track record 15 buku harian, tiga blog (satu di friendster tapi udah ditutup, satu di blogspot, dan satu di wordpress), plurk, catatan kuliah yang lumayan (beberapa kali dipinjem buat fotokopi), agenda tahunan yang cukup sering terisi, sebenarnya untuk menulis buat gw adalah hal yang nggak terlalu sulit.

Tapi entah kenapa untuk si skripsi ini, gw mandek. Ide ada beragam, tapi begitu dilihat banyak yang nggak realistis. Gw mengambil konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, tapi banyak topik yang mau gw angkat bukan topik Manajemen Sumber Daya Manusia yang terjadi di perusahaan korporasi. Malah banyak yang aneh-aneh, mau liat di UKM lah, rekrutmen di partai politik lah, kisah para karyawan di kampus gw sendiri lah, training yang didapat para narapidana di penjara lah. Sampai seorang teman gw bilang, "Alia, kalau mau ngambil topik ini (yang tentang napi), lo mestinya ada di jurusan psikologi !".

Begitu ide-ide gw ditolak, gw langsung bete sendiri. Lalu gw malah berpikir kalau topik-topik yang mestinya gw ambil itu membosankan dan sama sekali tidak menarik minat gw. Jeleknya, gw jadi malas untuk membaca jurnal. Dan dari awal gw sangat-sangat-sangat ketakutan berhadapan dengan statistik.

Banyak sih yang bilang kalau statistik itu urusan gampang. Apalagi kita bisa pakai software untuk mengolah macem SPSS. Tapi tetep aja kalau nggak ngerti dari awal, nanti si SPSS ngeluarin hasil apa juga gimana bikin analisisnya ??

Gw tau mengeluh dan menyalahkan keadaan itu adalah sesuatu yang salah. Dengan gw memutuskan untuk menambah satu semester pun sebenarnya hanya akan menambah biaya yang harus dikeluarkan. Namun ternyata jalan itulah yang gw ambil.

Pembicaraan sekitar di dunia nyata maupun maya sekarang semuanya bergelimang berita bahagia tentang kelulusan teman gw satu per satu. Gw bahagia kok mendengarnya. Semoga tahun depan bisa berita bahagia yang sama buat gw ya :')

= to be continued =

Monday, June 25, 2012

Jakarta Book Fair 2012 !

sumber : www.jakartabookfair.com


Hingga tahun ini, IKAPI Jakarta telah mengadakan 22 kali pameran buku yang kemudian memakai nama baru ‘Jakarta Book Fair’. Pameran buku yang diadakan 23 Juni hingga 1 Juli 2012 di Gelora Bung Karno, Senayan ini diikuti oleh 332 penerbit dengan jumlah stan 210 buah. Hingga 1 Juli 2012, akan ada 85 mata acara, antara lain seminar pendidikan untuk guru, lomba cerdas cermat bahasa Inggris, lomba pidato bahasa Inggris, lomba tari kreasi daerah, launching buku, launching film nasional ‘Ambilkan Bulan’, Olimpiade Matematika, creative-preneur, dan acara lainnya. “Panitia Jakarta Book Fair 2012 juga menghadirkan beragam public figure seperti Dahlan Iskan, Fauzi Bowo, Jokowi, Sudjiwo Tejo, Prof. Tjipta Lesmana, Bambang Soesatyo, Deddy Corbuzier, Raditya Dika, Cak Eko, Pandji Pragiwaksono, dan sejumlah tokoh lainnya sebagai pengisi acara,” ujar Hikmat Kurnia, Ketua Panitia Jakarta Book Fair 2012.

Sebagai kegiatan yang terkait dengan literasi dan budaya membaca, IKAPI Jakarta berkeyakinan bahwa pameran buku bisa mempunyai tiga makna strategis. Pertama, sebagai momentum bagi warga Jakarta dan warga kota-kota sekitarnya mendapatkan buku-buku yang menjadi minat para warga. Momentum ini menjadi tepat karena selama Jakarta Book Fair berlangsung, semua stan menawarkan diskon menarik dan koleksi buku lengkap. Kedua, pameran buku bisa menjadi salah satu upaya mengejar ketertinggalan dalam pencapaian Indeks Pembangunan Manusia. Salah satu parameter Indeks Pembangunan Manusia ialah tingkat membaca pada orang dewasa, selain kombinasinya dengan pendidikan dasar dan menengah. Sebagaimana kita pahami, buku merupakan jendela dunia pengetahuan.

Kegiatan membaca memungkinkan kita menjelajah dunia pengetahuan secara nyaris tak terbatas. Dengan demikian, kegiatan membaca buku menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pengayaan wawasan, mendukung kecerdasan, sekaligus mendukung pemikiran yang lebih terbuka. Makna ketiga ialah pameran buku seperti Jakarta Book Fair menjadi barometer perbukuan di tanah air, tidak saja karena diadakan di Jakarta, namun juga karena tingginya minat penerbit dan pemangku kepentingan, besarnya animo para pembaca buku sebagai pengunjung pameran, dan tak kalah pentingnya diseminasi berbagai gagasan yang termuat dalam buku-buku. “Sejak 4 tahun terakhir, Jakarta Book Fair termasuk salah satu agenda sosial-budaya yang telah diakui Pemda DKI Jakarta sebagai salah satu agenda kegiatan dalam rangka ulang tahun kota Jakarta,” terang Andreas Haryono, dari bagian acara Panitia Jakarta Book Fair 2012. Ia menambahkan target pengunjung Jakarta Book Fair 2012 dengan tema ‘Books for a Better Life’ ini pada hari kerja sebesar 150.000 orang dan 200.000 orang pada akhir pekan.

Teks dari www.jakartabookfair.com

= to be continued =




Selamat Iie dan Feong :)

sumber : http://www.mywedding.com/iieferry (link)

gambar di atas hanya undangan pernikahan biasa.

yang tidak biasa adalah kedua mempelai merupakan kenalan dari SMA, yang wanita adalah angkatan 2010, kini berkuliah di ITB tingkat 2, berumur 19 tahun. Yang lelaki adalah angkatan 2004, kini hampir menyelesaikan pendidikan S2nya di Nanoscience and Nanotechnology di Chalmers University of Technology, Swedia, berumur 25 tahun.

bahkan angkatan saya saja (2008 di SMAN 8) belum ada yang menikah, waw, sungguh waw.

eh, nggak ada perasaan tersaingi kok, haha. cuma jadi agak dag-dig-dug aja, ternyata saya sudah sampai ke tahap di mana kenalan saya satu per satu melampirkan surat cantik ini saja, haha.

bingung juga nih mau dateng apa nggak, soalnya, mereka berdua ini, kalau pakai istilah di facebook, adalah friends of friends. nggak pernah bener-bener kenalan, cuma mutual friends kita aja yang banyak. acara resepsinya juga di TMII, mulai malem pula dari 19.00 - 21.00. teringat tidak ada yang mengantar, walaupun, well, kalau mau colek-colek sedikit dan tebal muka ngikut kenalan (yang kembali sebenarnya nggak kenal-kenal banget), bisa siiih, haha.

= to be continued =

p.s. entah kenapa tadi sore ada yang bilang ke saya kalau waktu yang ada juga sebenarnya nggak begitu lama, 3 hingga 3,5 tahun lagi. nggak tau akan kejadian apa di depan nanti, yang jelas keseriusannya bikin saya tergetar hati. semoga apapun yang terjadi, yang terbaiklah untuk kita semua :)

lebih dari terharu ?

gw suka memberikan kado untuk orang-orang. walaupun nggak semua orang sih, hanya beberapa orang yang buat gw berharga :)

gambar diambil dari http://gluttonforlife.com/ (link)

tapi ketika seseorang yang dalam waktu dekat akan gw rencanakan untuk diberikan kado berkata dia mendapat kado yang hingga membuatnya sangat senang dan terharu, dalam hati langsung terkesiap.

sepertinya kado apapun yang selanjutnya diberikan padanya tidak akan berarti apa-apa dan kalah dengan kado itu...

gw ngerti kok kalau kado itu bukan dilihat dari barangnya, tapi dari niat si pemberi. dan sungguh niat gw bukan cuma mau pamer atau gimana ya, ini memang sebuah kebahagiaan buat gw.

tapi sekarang, gw mau ngasi dia kado apaaaaa.. ?

= to be continued =

Friday, June 22, 2012

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2012

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2012

kegiatan volunteer yang pertama kali diikuti ! :P

Pertama kali tahu infonya dari www.indonesianstudentjob.com (link). Acara ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Komnas Pengendalian Tembakau. Pada tahun ini, acara dilaksanakan di FX Sudirman, hari Minggu, 3 Juni 2012. Di dalamnya ada fun walk, pembacaan puisi, performance dari Zeke Khaseli, Adera, dan grup biola taman suropati, lalu pembacaan petisi dari artis dan beberapa tokoh mengenai pengajuan peraturan antirokok.

Di acara ini, gw bertugas sebagai LO MC. MCnya adalah kak Dery dan kak Aldy yang biasa mengisi siaran di trax fm. Oya, seksi repot dari acara ini adalah para abang dan none jakarta lho ! jadi inget betapa duo MC yang gw LOin semangat banget ngegodain salah satu none jakarta yang juga adalah temen sekampus gw haha :P

= to be continued =

Tutorial Jilbab Syar'i

tutorial jilbab syar'i
(klik untuk memperbesar)

dicopas dari facebook seseorang
akibat banyaknya tutorial jiul (jilbab gaul) yang banyak berkembang
akhirnya tutorial jilbab syar'i pun keluar haha

tapi sebenarnya asal mengikuti kaidah jilbab yang benar, mau gaul pun pastinya tetep syar'i ya ;)

= to be continued =

akhirnya dibuka lagi :D

waw, konsentrasi manajemen operasional dibuka lagi :D
jadi kepikiran mau seat in kalau kelas mereka sudah dibuka hihi


PENGUMUMAN PEMBUKAAN KONSENTRASI OPERASI


Bersama ini kami sampaikan bahwa di Semester Gasal
2012/2013 akan dibuka Konsentrasi Operasi
Pembukaan Konsentrasi Operasi diutamakan untuk angkatan 2010 dan setelahnya dan untuk Semester Gasal 2012/2013 mahasiswa - mahasiswi yang sudah mendaftar untuk mengambil Konsetrasi Operasi sbb :

1. Raihan Al Fauzan 1006691446
2. Sherylin Tierza M. Sirait 1006691635
3. Rossy Puspita Sari 1006771895
4. Maulia Farsiko Gama 1006691250
5. Azhrina Nadia Mahendra 1006690790
6. Ahmad Adi Suhendra 1006690632
7. Ade Rahmani Syafril 1006771705
8. Riskho Ceisar W 1006771863

Kepada mahasiswa/i yang telah berminat pada Konsentrasi Operasi sudah dapat mengambil mata kuliah - mata kuliah Wajib Konsentrasi Operasi yang ditawarkan di Semester Gasal 2012/2013 (Semester 5 dan Semester berikutnya) dan bagi mahasiswa/i yang berminat dan belum mendaftar dimohon untuk datang langsung ke Sekretariat Prodi S1 Reguler Manajemen Lantai 1 dengan Bapak Aji/Sdr. Andi.

Demikian disampaikan. Terima kasih.


Akademik - EMA

11 Jun 2012

sumber : www.academic.ui.ac.id

= to be continued =

Friday, June 15, 2012

ngetik sambil makan durian

kondisi kesehatan hari ini : tidak terlalu baik

badan kedinginan. curiga meriang, tapi belum ngukur suhu karena nggak tahu termometernya ada di mana. berharap cuma gejala flu saja.

perut nyeri yang kadang muncul kadang hilang.
nyeri perut ini sudah dimulai dari kemarin. awalnya sih sepertinya karena maag. tapi nggak minum obat karena pas gejalanya muncul langsung buru-buru makan. ternyata perut masih banyak berisi angin. besokannya (hari ini), malah jadi timbul nyeri.

bodohnya, hari ini makan tetep ga dikontrol. pagi sarapan mie pake sambelnya. siang makan nasi + sayur asem, pake sambel juga. sore di rumah si mami dapet kiriman mie kocok bandung, makan pake sambel juga. sekarang sambil ngetik ngemil sepotong durian. ahaha.

sebelum makan durian menyempatkan diri minum promag sih. semoga bisa cepat sembuh~

= to be continued =

Monday, June 11, 2012

Film di bulan Mei dan awal Juni 2012


Mari ngomongin film yang sudah gw tonton di bulan Mei dan awal Juni 2012 ! :D

--------------------


Judul : Mirror Mirror
Sutradara : Tarsem Singh
Genre : Fantasy
Remake dari film berjudul Snow White
Pemain : Lily Collins, Julia Roberts, Armie Hammer, Nathan Lane
Durasi : 106 Menit

Sinopsis :

Udah pernah baca atau nonton salah satu cerita princess Disney yang terkenal ini dong yaa ? :D

Diceritakan terdapat sebuah kerajaan yang diselimuti kebahagiaan. Raja dan ratu yang baik hati, dan penduduk desa yang setiap hari bersuka cita. Tetapi kemudian sang ratu meninggal saat melahirkan anak perempuan pertamanya, yang kemudian diberi nama Snow.

Raja kemudian mencoba membesarkan Snow sendirian. Namun raja menyadari dirinya tak bisa membesarkan Snow tanpa kehadiran sosok seorang ibu. Hal inilah yang membuat raja menikahi seorang ratu yang selanjutnya menjadi ibu tiri bagi Snow.

Ternyata sang ibu tiri menikah dengan raja karena raja telah diberi ramuan cinta. Ratu lalu ingin menguasai istana sendirian sehingga membuat rumor bahwa ada makhluk mengerikan yang mengancam kerajaan. Sang raja dan pasukannya pun pergi untuk mengusir sang makhluk, namun mereka tak pernah kembali.

Snow kemudian hidup dalam asuhan sang ibu tiri. Snow dikurung di dalam kamar dan tidak diperbolehkan mengetahui keadaan di luar istana. Dengan bantuan ibu kepala pelayan, Snow bisa keluar istana dan melihat situasi penduduk desa. Kini mereka hidup dalam kemiskinan, dan semakin terjerat dengan pajak yang ditarik secara paksa melalui kebijakan ratu. Snow pun berniat mengambil alih tahta !

Opini :

Cerita yang dikisahkan di film ini agak berbeda dengan film kartun Snow White yang diproduksi Disney dulu. Cerita film kartun yang gw ingat hanyalah Snow White yang kerjanya adalah mengepel dan menyapu, lalu dibuang oleh ratu hanya karena cermin ajaibnya berkata Snow White lebih cantik dari dirinya. Snow White kemudian tinggal di hutan dengan para kurcaci. Hidup cukup bahagia, tapi kemudian didatangi kembali oleh ratu yang menyamar menjadi seorang nenek penjual apel. Apel beracun tersebut dimakan oleh Snow White, dan matilah dia. Kematiannya digagalkan oleh seorang pangeran yang kebetulan lewat dan bergegas mencium jasad Snow White yang diletakkan di sebuah peti kaca.

Gw memang pernah mendengar bahwa Disney tidak ingin lagi memproduksi film tentang putri lemah tak berdaya yang diselamatkan oleh pangeran. Pastinya mereka menyadari bahwa sekarang sosok perempuan sudah tidak bisa diremehkan baik dalam politik, ekonomi, dan sosial. Hidup GIRL POWER !!!

Satu hal yang membuat alis gw sedikit naik adalah di scene terakhir bagian penutupan, Snow menikah dengan pangeran, lalu dia mengungkapkan kegembiraannya dengan menyanyikan sebuah lagu berjudul "I Believe in Love" dengan gaya bollywood plus tarian dan musik pengiringnya juga. Gw baru tahu kenapa ada bagian seperti itu karena ternyata sutradaranya adalah orang india. Pinter juga ya tetep bisa menyelipkan ciri kebudayaannya di sebuah film Amerika :P

Film ini ditonton bersama Diah, hari Jumat,10 Mei 2012, di Margo XXI :D

-------------------


Judul : Avengers
Sutradara : Joss Whedon
Genre : Heroes, Action
Diadaptasi dari komik terbitan Marvel berjudul sama
Pemain : Robert Downey, Jr.(Iron Man), Chris Evans (Captain America), Mark Ruffalo (Hulk), Chris Hemsworth (Thor), Scarlett Johansson (Black Widow), Jeremy Renner (Hawkeye), Tom Hiddleston (Loki), Clark Gregg (Phil Coulson), Cobie Smulders (Maria Hill), Samuel L. Jackson (Nick Fury)
Durasi : 143 Menit

Sinopsis :

Nick Furry, pemimpin organisasi S.H.I.E.L.D menguji coba sebuah benda bernama tesseract yang mempunyai kekuatan luar biasa. Uji cobanya membuka sebuah gerbang yang menghubungkannya dengan luar angkasa hingga Loki, adik Dewa Petir Thor, masuk ke dalam markas dan menghancurkan markas tersebut.

Mencegah terjadinya hal yang lebih buruk, Nick Furry mengumpulkan 5 superhero : Iron Man, Hulk, Black Widow, Hawkeye, dan juga Thor, untuk bersatu mengalahkan Loki.

Opini :

Great movie from Marvel !

Film ini bergenre action, tapi banyak unsur komedi yang diselipkan di dalamnya. Unsur romance juga hadir lewat adegan Tony Stark dengan Ms. Potts asistennya (yang muncul di film Iron Man), dan antara Black Widow dengan Hawkeye walaupun tidak begitu kentara. 

Karakter yang paling keren menurut gw di sini adalah : IRON MAN !
Jenius, kaya, dan gayanya yang kadang tengil itu bikin gw kesengsem sama oom Tony hahahaha :P

Terus di akhir film ada teaser yang menandakan akan hadirnya film sekuelnya. Aih oom Tony, aku tak sabar menunggu aksimyuu :3

Film ini gw tonton sebanyak dua kali, pertama bareng Diah di Detos, dan kedua bareng si buncit di Blitz GI

--------------------




Judul : Madagascar 3 : Europe's Most Wanted
Sutradara : Eric Darnell, Tom McGrath, Conrad Vernon
Genre : Comedy
Pemain : Ben Stiller, Chris Rock, David Schwimmer, Jada Pinkett Smith
Durasi : 85 menit

Sinopsis :

Empat sekawan, singa bernama Alex, zebra bernama Marty, jerapah bernama Melman, dan kuda nil betina bernama Gloria, merasa terkurung di Afrika dan merindukan tempat tinggal mereka di kebun binatang yang terletak di New York, Amerika. Mereka pun bergegas menyusul para pinguin dan monyet yang pergi dengan pesawat ke Monte Carlo.

Sampai di Monte Carlo, mereka menemukan pinguin dan monyet sedang bermain di sebuah kasino. Terjadilah keributan karena kehadiran para hewan ini di depan para pengunjung kasino. Petugas keamanan pun memanggil regu khusus yang terbiasa menangkap hewan-hewan liar yang dipimpin oleh Captain Dubois.

Dimulailah pengejaran antara para hewan dan Captain Dubois, hingga para hewan menumpang pada sebuah kereta api sirkus yang berjalan menuju Roma, dan kemudian dijanjikan untuk ke Amerika jika promotor yang menyaksikan menyukai aksi mereka.

Empat sekawan ini akhirnya membeli kepemilikan sirkus dan mencoba menampilkan pertunjukkan sirkus sebaik-baiknya. Di penampilan pertama mereka gagal total. Ternyata kegagalan ini disebabkan sebuah insiden masa lalu seorang pemain sirkus Vitaly si harimau yang terkena kecelakaan dan membuat pemain sirkus lainnya kehilangan semangat. Alex dan teman-teman pun mencoba mengembalikan semangat mereka dengan memberikan ide baru tentang sirkus.

Opini :

Madagascar adalah salah satu seri film yang membuat studio Dream Works tampil luar biasa ! Ide yang menarik dikemas dengan ide yang kadang di luar akal sehat tapi tetap tampil memukau !

Kapan lagi ada hewan-hewan liar yang dengan pede berjalan ke mana-mana tanpa takut manusia ?
Kapan lagi ada sekumpulan pinguin super pintar strategi yang bisa membuat sebuah pesawat, memenangkan game kasino hingga bisa mengumpulkan banyak emas, dan mengalahkan kumpulan pasukan Captain Dubois ?
Kapan lagi ada sirkus super ciamik yang dibintangi hanya oleh para hewan dengan warna-warni fantastis dan aksi biasa yang dikemas luar biasa ?

Tiga scene yang paling gw sukai adalah :
1. saat kejar-kejaran antara para hewan dan Captain Dubois, ide yang mustahil tapi luar biasa dan mengundang tawa!
2. Saat Sonya si Beruang menangis karena sepeda roda tiganya rusak, kemudian oleh King Julien yang jatuh cinta padanya dibelikan sebuah Ducati ! Hahahahahah
3. saat sirkus tampil dengan ide baru dari Alex, ditambah backsong Fireworks dari Katy Perry, woow !

Ditonton dua kali, pertama bersama keluarga, kedua bersama si buncit, keduanya ditonton di TIM XXI

= to be continued =

Saturday, June 9, 2012

Have you reached it ?

source : 9gag.com (link)

= to be continued =

Friday, June 8, 2012

mimpi semalam

lagi online di bta 55 :)

udah lama ya ga ngeblog, udah lebih dari seminggu, tepatnya 11 hari ! haha *lebay ya? :P*

padahal rencana posting udah ada. udah  disave di draft. kayaknya udah ada sekitar 3 postingan yang ngantri tapi belum selesai dikerjain. kangeeeeeeen.. !

beberapa hari ini isi aktivitas saya adalah uas, ngebinglas, dan ngajar. belum sempet menemukan waktu yang bisa bikin saya duduk tenang dan menarikan jari-jemari melukiskan perasaan di hati :P *halah*

sekarang cerita yang lain deh ya

jadi semalam saya bermimpi. sampai saat ini saya memandang mimpi hanya sebagai hiburan. tidak sampai berpikiran kalau mimpi tersebut akan menunjukkan sesuatu. malah kadang saya mimpi sesuatu yang pas sebelum tidur memang sedang dipikirkan. jadi cukup mudah jika ingin mengartikan mimpi saya.

tapi kadang mimpi yang saya impikan nggak beraturan. kadang ada kenalan saya yang muncul di dalamnya. seperti mimpi semalam.

di mimpi itu, saya sedang berada di sebuah villa yang terletak di tepi pantai. pergi beramai-ramai tapi nggak begitu jelas siapa aja yang ada di sana. tapi seketika terlihat seorang lelaki yang begitu saya liat, saya langsung kaget. lelaki itu, berpeci..

peci merupakan bagian dari pakaian yang biasa dikenakan oleh orang-orang yang biasa mengenakannya. harusnya nggak ada yang aneh, kecuali kalau orang yang saya liat sangat tidak terbiasa memakai peci..

selanjutnya saya dan rombongan cewe-cewe yang rame banget itu masuk ke villa, ke lantai dua ruangan yang khusus untuk cewe. jadi sepertinya di mimpi itu villanya pake hijab segala. nah sepertinya villa ini jalanannya agak menurun karena ketika para cewe naik ke lantai dua, di sana ada kolam renang yang airnya berasal dari laut di luar. desain aliran air untuk kolam renangnya sepertinya digali dari dasar laut hingga ke dalam kolam renang tersebut. karena ketika saya mencoba mengintip ke luar (sambil mainan air tentunya) saya bisa melihat para lelaki yang juga main air di pantai sana.

ketika melihat ke arah luar, ada pemandangan yang kembali membuat saya takjub. si lelaki berpeci kini memang tak berpeci, tapi dia berpakaian lengkap walaupun sedang bermain di pantai.

yang membuat saya takjub adalah, walaupun dia sedang bermain di pantai, dia tetap menutup auratnya. sesuatu hal yang di dalam kepala saya waktu itu bahwa dia tidak biasa melakukan hal tersebut dan kini dia melakukannya.

ketika bangun saya terkesiap. 
sepertinya saya sedang rindu padanya.

tapi rindu ini adalah rindu yang tak bisa tersampaikan. malah sangat mungkin ditertawakan. jadi biarlah hanya tertulis di sini saja :)

= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis