Monday, May 28, 2012

akhir april - awal mei 2012 part 3

udah akhir mei, tapi masih ngomongin awal ya haha

jadi tempat kejadian tetap berada di Tegal, kampung halaman nyokap :D
ada dua peristiwa alam yang sempat gw rasakan saat berada di sana

yang pertama adalah Halo

saat kejadian, kami sekeluarga sedang berkendara ke sebuah tujuan (lupa kemana hehe). lalu di perjalanan, gw sempatkan memandang langit. waw, ternyata ada pelangi berbentuk lingkaran sempurna yang mengelilingi matahari ! bertanyalah kepada si babe dan beliau menjawab itu adalah Halo.

ini Halo yang gw liat, emang mesti pake 
kamera canggih kayaknya biar keliatan jelas


bersumber dari tulisan pada web kompasiana (link) dan wikipedia (link), Halo, dalam bahasa dan tulisan Latin ἅλως, juga disebut sebagai nimbus atau gloriole. Merupakan fenomena optik yang menampilkan bentuk cincin di sekitar sumber cahaya. Di alam biasanya kita lihat saat bulan purnama atau saat matahari terang di siang hari.

Fenomena Halo adalah lingkaran seperti pelangi yang mengelilingi matahari. Fenomena tersebut terjadi akibat refleksi dan refraksi cahaya matahari/bulan oleh kristal-kristal es yang terdapat di awan cirrus, awan yang terletak di tingkatan atmosfer yang disebut troposfer, sekitar 5-10 km dari permukaan bumi. Fenomena ini bergantung pada bentuk dan arah kristal es, cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinar matahari menjadi terpecah kedalam beberapa warna karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi.

Eh, btw busway, dari postingan di kompasiana itu, penulisnya bercerita kalau dia melihat si Halo di Yogyakarta tanggal 4 Mei 2012 pukul 11.22, yang berarti nggak begitu jauh dong sama Halo yang gw liat ? asik asik gw nggak sendirian menikmati indahnya langit ini :D *apasih*


ini halo yang ada di postingan kompasiana, 
beneran yang di yogya bukan ya ? sumber : kompasiana (link)

--------------------

yang kedua, kalau peristiwa yang ini pasti banyak yang liat deh karena diumumkan secara internasional yaitu SUPER MOON !!! :D

yak oke, jadi gw tau info tentang Super Moon ini dari berita di halaman depan website Yahoo. itu loh berita yang kadang nggak penting tapi sering gw baca juga hahaha :P maklum lah ya punya email di Yahoo, jadi kalau logout langsung di-direct ke halaman depannya dia.

Bersumber dari website kompas (link), Super moon terjadi ketika Purnama bersamaan dengan waktu perigee, saat Bulan berada di titik terdekat Bumi. Saat Supermoon, Bulan akan 10 persen lebih dekat (jarak dari Bumi hanya sekitar 350.000 km. Dampaknya, Bulan akan 14 persen lebih besar serta 30 persen lebih terang.

Gw mendapat kesempatan untuk menyaksikan keindahannya di hari Minggu, 6 Mei 2012, kira-kira pukul 8 / 9 malam. Saat itu kami sekeluarga kembali sedang berkendara, kalau tidak salah mau menuju hotel setelah membeli tahu aci buat oleh-oleh :9 (foto beli tahu aci bisa dilihat di postingan ini (link)). Sebelumnya waktu lagi menunggu si tahu, gw sudah mulai curi-curi pandang ke langit menengok munculnya si cantik Super Moon, tapi masih ketutupan gedung. Nah waktu berkendara, muncullah dia yang aihhhh, subhanallah cantiknyaaaaaa :3

Sayangnya gw nggak bisa mengabadikannya dengan baik karena kamera yang ada nggak bisa menangkap momen luar biasa tersebut. Jadi terima kasih pada artikel Yahoo (link) yang sudah menyimpan beberapa peristiwa cantik ini ^^

kira-kira beginilah bentuk bulan yang gw liat
foto ini diambil di Palm Spring, California, sumber dari : yahoo (link)

oya, gw pernah baca beberapa komen yang bilang Super Moon itu kejadian biasa aja karena besar bulannya juga ga signifikan berubah. ada juga beberapa foto Super Moon yang kayaknya adalah hasil photoshop di mana bulannya keliatan gede banget. komentar gw adalah, kalau mau bulannya segede itu *ngelirik foto bulan segede bagong* nunggu kiamat dulu kali yee. soalnya kalo bulannya keliatan gede, berarti udah mau kiamat alias bulannya mau nabrak bumi dong dong dong...

= to be continued =

Monday, May 21, 2012

Bye bye kuliah tamu dan diskusi publik :'(

mau sedikit mengeluh, keluhan yang sebenarnya mungkin nggak sepantasnya dilakukan sih. jadi minggu-minggu ini jadwal alhamdulillah cukup padat. lumayan daripada sebelum-sebelumnya yang terasa banyak waktu kosong kurang bermanfaat. tapi kepadatan ini membuat adanya acara lain yang muncul tidak bisa diikuti.

beberapa acara yang ketinggalan gw ikuti :


Diskusi Publik 5 : Reformasi Birokrasi BUMN
Tata Kelola, Prospek BUMN ke depan, dan Tantangan yang Dihadapi

Pembicaranya ada Pak Dahlan Iskan (Menteri BUMN), Pak Shalahuddin Haikal (dosen manajemen keuangan), dan Edo Yuliandra sebagai moderator. Acara ini dilaksanakan oleh BOE FEUI.

Penasaran sama acaranya. Apalagi ada Pak Dahlan Iskan mau dateng, pengen banget ngeliat gimana sih beliau ini yang sebenarnya, apakah sama seperti yang banyak diceritakan di berita-berita bahwa beliau sudah berbuat banyak untuk perubahan BUMN menjadi lebih baik ??

Kalau Pak Haikal, udah pernah diajar oleh beliau di dua kelas. Beliau punya perspektif menarik tentang kondisi keuangan di Indonesia, sehingga pastinya akan seru sekali melihat beliau berdebat dengan pelaku di salah satu sektor yang sarat dengan keuangan di pemerintahan ^^ 

Acaranya Rabu, 16 mei 2012 lalu. Gw telat tau acara ini dan sebenernya tau pun nggak bakal bisa dateng T______T

 ---------------

Kuliah Tamu tentang Ekonomi, Sistem Perdagangan, dan Daya Saing Nasional bersama Pak Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan RI)

Acara ini diadakan oleh Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi FEUI dan Kementerian Perdagangan RI untuk hari Selasa, 23 Mei 2012, dimulai pukul 10.00

Seperti Pak Dahlan Iskan, Pak Gita Wirjawan adalah salah seorang yang ingin gw lihat secara langsung bagaimana beliau menyampaikan ide-idenya tentang perkembangan ekonomi nasional. Apalagi melihat sistem ekonomi di Indonesia yang memakai sistem ekonomi campuran. acaranya besok dan gw fix nggak bisa dateng arghhhhhhh T______T

 ---------------

NGRUJAK : Ngobrol Seru Jakarta (link)

Acara ini akan diadakan Rabu, 23 Mei 2012, dimulai pukul 13.00 - 16.30. Acara ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Program Vokasi Komunikasi Jurusan Hubungan Masyarakat Universitas Indonesia 2010. Tujuan acara ini ialah untuk ngobrol santai dengan para calon pemimpin ibukota. Selain diskusi, akan ada bazaar, penandatanganan petisi, mini seminar, dan stand up comedy.

Yang akan mengisi acara ini adalah para calon gubernur DKI Jakarta, sebagai panelis akan ada Pak Sutiyoso, Pak Marco Kusuma Wijaya, dan Pak J.J. Rizal. Moderatornya ialah Pak Joshua Matulessy.

Gw tertarik dengan acara ini karena sejujurnya gw sangat belum mengenal dekat orang-orang yang akan bersaing memperebutkan kursi nomor 1 dan 2 di DKI Jakarta. Gw nggak tau visi misi mereka, tujuan mereka, program kerja mereka, apa saja hal-hal yang menjadi target perbaikan mereka, dan hal lain terkait. Tentu saja gw sebenarnya bisa mencari di tv, pasti sudah ada stasiun tv yang mengundang mereka untuk debat, bukan ? atau lihat di koran tentang berita mereka. atau paling gampang mungkin tinggal digoogle, selidiki dari website atau twitter masing-masing.

tapi gw masih merasa kalau bisa melihat debat secara langsung akan terasa lebih baik, bisa lewat tv, atau syukur-syukur datang ke acaranya. Nah, waktu kampus sendiri mengadakan, malah nggak bisa datang, uhuuuuuuu T______T

---------------

begitulah tiga acara yang gw sudah dan akan lewatkan dalam waktu dekat. gw sangat bersyukur bisa berkuliah di UI yang banyak mengadakan acara bagus dan bisa mengundang narasumber yang langsung kepada ahlinya. gw pun bersyukur beberapa minggu ini kegiatan gw terisi hal-hal yang bermanfaat. maafkan aku ya Allah yang sering terlalu banyak meminta, mungkin ini belum jodohnya bisa datang ke tiga acara tersebut. semoga dapat dipertemukan kepada kesempatan yang lebih baik, amiiiin.. !

= to be continued =

Friday, May 18, 2012

akhir april - awal mei 2012 part 2

tanggal 4-7 mei 2012, gw sekeluarga pergi ke Tegal, Jawa Tengah, untuk menghadiri pernikahan sepupu yang biasa gw panggil mbak Riza. kami berangkat jumat sore dan pulang senin pagi. perjalanan menggunakan mobil (btw yang nyetir hanya bokap, gw nggak ikutan). di sana asik juga, soalnya udah lama kita nggak jalan-jalan liburan sekeluarga. tapi liburan di tengah jadwal kuliah dan tugas tuh deg-deg-ser gimana gitu ya hahaha :P

----------

di hari pertama perjalanan kita sempat menginap di hotel Santika cirebon. kasian bokap udah capek dan melakukan perjalanan di malam hari dirasa agak berisiko. nggak nolak juga karena bisa ketemu kamar hotel adem plus wifi, hihihi (fyi tau kan ya kl jawa tengah itu panas ? :P).

----------


hari kedua, kita makan siang di restoran bersama peserta reuni smanya nyokap. seru juga liat temu kangen mereka. trus dari beberapa orang teman yang datang (lupa tepatnya, yang pasti kurang dari 10) cuma satu orang yang cewek. eew, nyokap dlu ternyata tomboy juga ya temennya kebanyakan cowok hihihi. 
peserta reuni

lanjut ke tempat sodara yang akan melangsungkan pernikahan. di sana rieweh banget. malemnya ada acara namanya Malam Pacar. well, gw nggak ngerti ini sebenernya ngapain. kayaknya sih udah semacam ritual budaya gitu ya. yang ada di kepala gw adalah kita ngadain pengajian dan doa-doa buat si calon pengantin wanita. tapi entah kenapa malah disediain biduan wanita yang nerima request lagu arab dan dangdut, trus orang-orang yang lagi ngumpul diajakin joget -___-

untungnya tempat cewek-cowok dari awal emang udah dipisah. dan gw dengan sangat jelas menolak ditarik untuk disuruh (paksa) ikutan joget. no waaaaaay i can dance -___- abisan juga yang pada goyang isinya sepupu-sepupu kurus yang kayaknya mau ngapain aja juga asik, dan emang ada yang bisa tari perut juga heuhhhh. untunglah gw nggak ikutan atau akan terjadi awkward moment di mana gw bengong mau ngapain dan cuma bisa ngeliatin mereka.

---------

hari ketiga, acara nikahannya baik ijab kabul maupun resepsi. bangun pagi buat dimakeup segala macem. untunglah pake jilbab jadi ga perlu menderita acara rambut disasak. 

oya, gw suka banget sama undangan si sepupu ini karena warnanya mayoritas merah marun :D trus seorang sepupu menjelaskan arti dari undangan si mbak yang menikah, ternyata maknanya banyak juga. warnanya mayoritas merah dan putih karena mereka sama-sama bekerja di lembaga riset bernama LSI yang logonya berwarna merah dan putih. ada gambar hati dengan ukiran karena si pengantin pria adalah orang jepara. trus juga bikin undangannya pake perjuangan supaya bisa mendapat harga murah dengan minta tolong didesain sama temen, percetakan juga kenalan temen, beberapa bagian dari undangan juga ada yang dicari sendiri bahannya, wewww !

yang nikah yang mana hayooo ?  
Hint --> kika : Haniz (adik), Riza (kakak)


lanjut ke resepsi, bertugas sebagai penerima tamu. yang setelah itu ada sepotong pembicaraan di postingan : Sepupu : "Diet !" (link).

bagian penerima tamu
di sinilah pembicaraan itu terjadi -__-

sisa hari kita isi dengan makan malam dan beli tahu aci buat oleh-oleh :9

 si mami n babe bukan promosi lho

----------

hari keempat, yaitu senin, otw pulaaaaang :D

sengaja banget nyempil biar nggak keliatan gendut :P



= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis