Tuesday, April 24, 2012

100 Peristiwa dan Nguping Jakarta

Beberapa buku yang minggu lalu baru gw beli :


nggak semua dari buku di atas adalah buku yang baru terbit. Buku Nguping Jakarta dan 100 Peristiwa yang Bisa Menimpa Anda udah terbit dari tahun 2011. Hanya Partikel saja yang memang baru terbit di bulan April 2012 ini.

----------
Untuk buku Nguping Jakarta, buat yang udah sering mampir ke blog www.ngupingjakarta.blogspot.com (link) pasti udah tau ya isinya apa :D ya, buku ini berisi sepotong obrolan-obrolan menarik hasil "menguping" para kontributor blog tersebut. Ternyata lewat "menguping" saja, kita bisa menemukan banyak lelucon menarik yang dapat membuat terpingkal-pingkal. well, kebanyakan dari lelucon itu nggak secara sengaja ditujukan untuk melucu, tapi karena kesalahan pemakaian kata atau kelemotan (lemah otak.red) orang-orang di obrolan tersebut.

Beberapa potong obrolan hasil kupingan :

... And Stay There, Forever !
Dosen bahasa inggris : (kepada dua mahasiswa yang mengintip dari balik pintu karena terlambat datang) "Wait outside!"
Mahasiswa terlambat #1 : "Hei, ayo masuk! Itu disuruh dosennya masuk."
Mahasiswa terlambat #2 : "Ayo, tapi lo duluan, ya."
Universitas di Jakarta, didengar satu kelas yang memahami kenapa dua mahasiswa itu mengambil kelas bahasa inggris.

Aduh, Jadi Maluz
Anak SMA : "Bang, berenti di Gonz, ya?"
Sopir angkot : "Hah, Gons di mana, neng?"
Anak SMA : "Yang sekolahan itu, bang."
Sopir angkot : "Ohhh, Gonjaga.."
Anak SMA : "Pake 'z' kali, bang.."
Sopir angkot : "Iya, Gonjagaz."
Pejaten, didengar oleh penumpang angkot yang berharap abangnya langsung tancap gaz

Karena Mau Diserbu yang Minta Traktiran
Teman #1 : "Lo gak selametin? Kan, dia ulang tahun?"
Teman #2 : "Selametin? Emang dia dalam bahaya?"
Didengar oleh teman lain yang langsung menyiapkan kotak P3K

Aku Kira Bandrek
Bapak : "Aduh, udah lama ya gak minum kopi susu.."
Ibu : "Lah, yang kamu minum tiap pagi itu apa?"
Bapak : "Oh, gitu ya?"
Didengar oleh anak yang merasa bapaknya manja berlebihan

----------
Buku 100 Peristiwa yang Bisa Menimpa Anda sebenarnya adalah sebuah komik karya Benny Rachmadi. Yep, seperti beberapa postingan yang lalu, gw suka banget sama karya mereka berdua. Gw baru berkenalan dengan karya mereka setelah diterbitkan dalam bentuk buku. Padahal mereka sudah rutin mengisi koran Kompas setiap hari minggu dari tahun 2003 hingga 2010 (kini digantikan Mice Cartoon). Buku mereka yang pertama kali gw nikmati adalah Jakarta Luar Dalem dan Jakarta Atas Bawah.

Nah, karena sekarang mereka telah berpisah, mereka jadi menerbitkan buku sendiri-sendiri nih. tetapi karya mereka masih sangat menarik untuk dicermati. dan kadang sesungguhnya gw nggak terlalu ngeh buku yang mana buatan Benny atau Mice karena style menggambar mereka yang mirip, dan sebenarnya gw berharap akan selalu seperti itu :)

Buku 100 Peristiwa yang Bisa Menimpa Anda, seperti judulnya, berisi 100 kejadian yang dengan mudah dijumpai pada keseharian kita. Beberapa kejadiannya adalah :

1. Pengalaman naik kereta api, digambarkan ada tokonya yang telat sehingga harus naik kereta ekonomi dan berdesak-desakan, ada juga tokohnya sudah datang tepat waktu tapi malah keretanya mengalami gangguan sehingga kembali harus naik kereta ekonomi
2. Pengalaman kehilangan sandal saat shalat di masjid
3. Salah kostum ketika menghadiri acara pernikahan
4. Malam-malam naik ojek melewati tempat angker, eh si tukang ojeknya malah semangat menceritakannya pada si tokoh
5. Makan risol dan ternyata ada cabai ngumpet di dalamnya
6. Pengamen datang silih berganti saat makan di luar
7. Harus super hati-hati dan menundukkan kepala ketika melewati jalan yang di sekelilingnya terdapat preman, orang mabuk, dan sedang narkobaan
8. Sabar melewati kemacetan saat pulang kantor

dan masiiiih banyak lagi. Yah, masih 92 kejadian lagi lah ya kira-kira kalau baca di komiknya :D

----------
Kalau buku Partikel karya Dee, sayang sekali gw baru mau mulai membaca sehingga belum bisa memberkan reviewnya. Mungkin nanti kalau sudah selesai membaca, postingan ini akan diedit atau ditulis di postingan baru ya, hehe.

----------
Waktu berkeliling mencari cover ketiga buku tersebut, sempat menyasar ke Blog Buku Indonesia, atau disingkat BBI (link). sesungguhnya masih belum tau banyak tentang blog ini tapi sepertinya cukup menarik. dilihat sekilas, isinya adalah sebuah blog yang berisi daftar member-member mereka yang sangaaaat rajin membaca dan mereview buku, eew amazing!

lalu di web yahoo juga ada artikel tentang beberapa perpustakaan yang tersembunyi di jakarta. sepertinya cukup asyik untuk jadi agenda liburan nanti ya didatengin satu per satu :D ada yang punya ide lain yang asyik untuk mengisi liburan dengan budget terbatas ? hehee

terakhir, tadi sempet mencari-cari beberapa tanggal rilis film-film di bioskop. film terakhir yang gw tonton sampai saat ini adalah The Artist. sayangnya setelah The Artist, belum ada lagi film yang menarik minat. Terima kasih kepada www.terlambat.info (link) yang telah memberikan informasi jadwal tayang film untuk Mei, Juni, Juli, dan Agustus mendatang :)
* The Avengers Rilis pada 4 Mei 2012
* The Dictator Rilis 11 Mei 2012
* Dark Shadows Rilis 11 Mei 2012
* What to Expect When You're Expecting Rilis 11 Mei 2012
* Men in Black 3 Rilis 25 Mei 2012
* Snow White and the Huntsman Rilis 1 Juni 2012
* Piranha 3DD Rilis 1 Juni 2012
* Prometheus Rilis 8 Juni
* Abraham Lincoln: Vampire Slayer Rilis 22 Juni 2012
* Brave Rilis 22 Juni 2012
* G.I. Joe Retaliation Rilis 29 Juni
* The Amazing Spider-Man Rilis 30 Juni 2012
* The Dark Knight Rises Dirilis pada 20 Juli 2012
* Total Recall Rilis 3 Agustus 2012
* The Bourne Legacy Rilis 3 Agustus 2012
* The Expendables 2 Rilis 17 Agustus 2012

Source : TribunNews
= to be continued =

Wednesday, April 18, 2012

Sedikit Fakta UI

dicopas dari blog seorang teman, http://isnidalimunthe.tumblr.com/ (link) :)

FAKTA UI (based on tracer study UI 2011)

- Ternyata 59% mahasiswa UI berasal dari SLTA di Jakarta, 30,2% dari Jawa non Jakarta, 8,8% dari Sumatera, sisanya di bawah 1% (Bali dll).

- Pendidikan orangtua para mahasiswa UI kebanyakan lulus SLTA (29,9%) dan lulus S1 (27,7%), sementara yg berpendidikan maksimal SD 4,4%.

- 74% mahasiswa UI lulus tepat waktu, 26% lebih lama dari seharusnya. Kebanyakan alasan yang tidak lulus tepat waktu adalah karena skripsi yang lambat, banyak mengulang karena gak lulus dan alasan bekerja.

- Rata-rata IPK lulusan UI adalah 3,16. Sementara FEUI ‘hanya’ 3,11. Paling tinggi Fasilkom & FIK 3,43. Paling rendah FMIPA 3,07.

- Hanya 12% mahasiswa UI yang pasif dan kurang aktif berorganisasi, cukup aktif 35% dan 53% aktif dan sangat aktif.

- Rata-rata masa tunggu kerja lulusan UI adalah 3 bulan. FEUI 2 bulan.

- Banyak lulusan UI yang memilih tidak mencari pekerjaan. Yang menarik, 10%-nya adalah karena memulai bisnis sendiri. Artinya enterpreneur UI meningkat 3%.

- Yang juga menarik adalah fakta bahwa 19% alasan tidak bekerja setelah lulus adalah karena Menikah.

- Yang menarik dari lulusan UI adalah menjadikan uang atau gaji sebagai pertimbangan kedua dalam mencari pekerjaan. Yang pertama adalah tantangan kerja.

- Terkait gaji, rata-rata lulusan UI bergaji 3,5 juta. Tertinggi adalah FE yakni 5 juta per bulan. Paling rendah FIB.

Dikutip dari tweetannya pak @BanuMuhammad :D


= to be continued =

Thursday, April 5, 2012

The Outernet

source : 9gag.com

when the internet become outernet

= to be continued =

Wednesday, April 4, 2012

Rabu Komedi

Yaampun, hari ini penuh dengan komedi dalam hidup gw. Seharian gw senyam-senyum walaupun terbersit beberapa rasa keki juga. Alhamdulillah ya Allah masih Engkau beri kebahagiaan buatku hari ini =)

Mari kita simak ceritanya :D

Komedi I

part 1

Sebenernya ini nggak komedi-komedi amat sih. Jadi gw pagi ini menunaikan tugas suci memenuhi kewajiban demi BTA tercinta. diminta standby dari jam 06.30 - 11.30. Berhubung tempatnya deket sama sekolah kedua adek gw, jadilah gw berangkat bareng mereka diantar bokap yang sangat baik hati. nyampe jam 06.10. pede dong gw secara ini kan ngambil tempat di sekolah orang lain, masa sih bakalan telat ??

eh nggak taunya udah ditunggu sampe jam 06.30, cuma bertambah satu orang. baru pas jam 7 kurang pada muncul satu per satu. satu pikiran yang gw simpulkan adalah, dateng awal ? nggak mau lagi ah, nanti jadi...


Part 2

gw ngawas sebuah kelas ips. jadi di sekolah itu total kelas 12nya adalah 2 kelas ipa dan 4 kelas ips. gw udah dikasih tau sama koordinatornya supaya gw nggak usah terlalu banyak mondar-mandir biar bisa melihat anak-anaknya secara keseluruhan. hasilnya apa ?

sepanjang ngawas, gw mondar-mandir kesana-kemari, sampe anak yang diawasin berkali-kali bilang, "Kak, udah duduk aja..". Kayaknya sampe capek sendiri mereka ngeliat mereka mondar-mandir. gimana nggak keliling mulu gw kalau hasil observasi gw ke mereka adalah :

- Ada yang tidur sepanjang waktu, padahal soal udah dibagiin
- Ada yang langsung girang tau seorang teman pintar punya kode soal yang sama (fyi: kode soalnya ada 2, A dan B)
- Ada yang nggak berenti-berenti ngelirik kesana-kemari
- Ada yang komat-kamit ke temen-temen di sebelahnya
- Ada yang duduk nyender ke tembok dan ikutan komat-kamit
- Ada yang udah jelas-jelas nyontek ngotot dia nggak nyontek
- Ada yang mainan handphone
- Ada yang naro cermin di meja biar bisa berkomunikasi sama temen di bagian belakang

challenging banget lah ngawas di sini. dan sumpah sepanjang ngawas gw ketawa-ketawa, senyam-senyum ngeliat tingkah anaknya. dikira gw nggak pernah sekolah kali ya sampe bisa dikibulin dengan trik-trik kek gitu.

coba gw boleh bertindak anarkis ya, kalo itu bukan di sekolah orang tapi beneran di BTA, udah gw robekin kali LJK anak-anak satu per satu. plus gw permalukan dan gw ceramahin gede-gede biar kedengeran satu kelas supaya maluuuuuuuu ! hahahahahahahahah *ketawa jahat*

tapi ya berhubung di sekolah orang ya gw cukup senyam-senyum aja. untungnya 5 menit sebelum waktu berakhir mereka udah pada selesai (iyalah nyontek), jadi gw bisa ngasi ceramah sedikit. itung-itung belajar jadi ustadzah yeee

inilah yang gw jelasin :


gw tekankan sama mereka, ngerjain dengan jujur dan nyontek, persentase lulusnya gedean kalo jujurr ! ada sebesar 50% ! kenapa bisa begitu ? karena kalau ngerjain nyontek, muncul satu lagi kemungkinan, yaitu nggak lulus karena nyontek ! kalau di ujian sebenernya, ketauan nyontek itu berarti langsung nggak diproses LJKnya. mau abis nyontek sama orang paling jenius juga sebodo, kalau curang yaudah curang !

ya sebenernya itu gw jelasin secara gampang aja sih, tinggal 100% dibagi kemungkinan yang ada. persentasi yang sebenarnya tergantung pada kemampuan mereka, kemampuan orang yang dicontek, dan dapet pengawas yang cuek apa peduli sama mereka.

tapi yah, ngeliat mereka tuh sebenernya gw sediiiiih banget. UAN sma itu tinggal kurang dari 2 minggu lagi. masa hari gini ngerjain tryout aja masih contek-contekan sihhh ??? segitu nggak pedenya sama kemampuan sendiri ya ? jadi kepikir selama 3 tahun ini mereka ngapain aja di sekolah.. -____-" padahal mereka sekolah di jakarta dan sekolahnya juga memiliki guru yang kompeten di bidangnya loh.. (info dari koordinator gw, wahai anak yang bersekolah di situ kalo salah salahin koordinator gw yee). terus kenapa adek-adekku yang manis masih nyontek ajaaa ? :((

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Komedi II

nah abis ngawas TO, gw menuju sebuah salon di kampung melayu. lumayan memanjakan diri sejenak *asik asik*. trus pulang naik angkot dari kampung melayu. angkotnya nggak begitu penuh. gw duduk di bagian tengah, di depan gw ada seorang mbak. komedi ada di antara percakapan kami berdua

gw : *asik menikmati jalan*
si mbak : *asik makan seplastik pempek*

setelah berjalan beberapa waktu, pluk ! asik banget si mbak buang sampah plastik di bawah bangku

gw : *nyolek si mbak*
si mbak : *nengok*
gw : "mbak, mau minta plastik yang di bawah dong"
si mbak : *ngambil dan ngasih ke gw*

hening beberapa waktu

si mbak : *noleh ke gw* "emang mau diapain plastiknya ?"
gw : *santai* "saya lagi ngumpulin plastik mbak"
si mbak : *menyeringai* "boong ya ?"
gw : *tersenyum*

hening beberapa waktu

si mbak : *noleh ke gw* "mau diapain sih mbak plastiknya ??" *penasaran, tipe kepo sepertinya*
gw : *dalem hati: biar lo nggak buang sampah sembarangan dul ! tapi boleh deh diisengin dikit*

gw : "kan plastiknya bekas mbak nih, mau saya pake buat pelet biar mbak suka sama saya"
si mbak : *tiba-tiba panik* "YA AMPUN JANGAN MBAKKKK" *narik plastik dari tangan gw dan seketika dibuang ke luar jendela*

gw : *terperangah dan cengok ngeliat reaksi mbaknya*

gw : " saya itu mau ngambil plastiknya biar saya bisa buang di tempat sampah.."
si mbak: "boong yaa ?!"
gw : "nggak boong lah mbak. masa buang sampah di tempat sampah dibilang boong ?"
si mbak: "ngapain rajin banget ??"
gw: "ya kita kan warga jakarta mbak, emangnya mbak nggak mau jakarta bersih ?"

hening beberapa waktu

gw : "ya ampun mbak lucu banget deh." *dalem hati ngakak*
si mbak : *muka masih panik* "lucu apa sih.."
gw : "abis dibilangin begitu percaya aja"
si mbak: "abis mbak bilang pelet ihh amit-amit deh"
gw : "ya masa saya naksir sama si mbak.." *dalem hati masih ngakak*
si mbak : "saya kira tadi mbak pengen pempek.."
gw : "trus plastiknya mau saya makan gitu ? nggak lah mbak.." *makin ngakak*

hening

lalu setelah beberapa waktu, deket lagi sampe tempat gw turun. walaupun ternyata pembicaraan tidak berlanjut lagi, gw sudah berniat memberikan pesan terakhir kepada si mbak.

gw : *nyolek si mbak* "makanya mbak, kalo takut dipelet, jangan buang sampah sembarangan. ntar ada yang nguntit trus mungutin sampah mbak buat dipake pelet gimana coba ? *nyengir*
si mbak : "yee, yang ada ntar mbak yang melet saya" *agak nyolot*

akhirnya gw berdiri karena udah mau turun. eh si mbak berdiri juga !

gw : "lah, rumahnya di deket sini juga mbak ?"
si mbak : *jawab pendek* iya. *kayaknya udah takut deket-deket gw*

dan akhirnya setelah turun dari angkot, gw memfokuskan diri ke arah rumah gw. tadinya gw mau ngeliatin tuh si mbak jalan ke arah mana. tapi ntar dia makin geer lagi dikira gw beneran suka -___-"

yang terbersit gw setelah pembicaraan tadi adalah :
1.) apakah sudah sebegitu langkanya orang yang mau buang sampah pada tempatnya sampe gw yang mau melakukan itu dibilang boong ??
2.) ketakutan si mbak, emangnya ada ya tukang pelet yang sejujur itu mau melet pake bilang dulu ? dan apakah beneran ada metode melet dengan memakai sampah ?
3.) gw dikira suka sama mbaknya ? oh come on mbak -___-" gw cewe normal kok, pake jilbab pula -___-"
4.) dia beneran panik loh pas gw bilang mau melet. ngomongnya pake acara teriak juga sampe beberapa orang nengok. nyokap pas denger cerita gw menasihati biar ga mengulangi karena takut gw dikeroyok dikira beneran mau melet. sekarang pertanyaannya, segitu nggak bisa bercandanya kah orang jaman sekarang ? atau, becandaan gw nggak lucu ? atau, gw ngomong serius banget sampe dikira beneran naksir dan mau melet.. ? -___-"

ya okelah, ternyata jadi cukup panjang juga ya. well, walaupun judulnya komedi, sebenernya pas diceritain jadi nggak lucu juga sih ya haha. nggak papa lah, yang penting gw masih bisa menikmati indahnya hidup, terima kasih ya Allah :D *versi nabila*

= to be continued =

Monday, April 2, 2012

are girls stupid ?


alia said : but pleasee don't do it too often. because we girls just have one heart. and once you broke it, although she will forgive and still stupid enough to love you, she will never forget the hurt feeling caused by you. please take care and protect her heart if you really want her to be the one. or just tell the truth if you don't want her, and not give her any hope that can be any other injuries for this sensitive heart.

sincerely, alia

= to be continued =

can i meet me ?

sometimes i wonder why personality quizzes usually say the right thing about us ? because i always think there are so many people in this world, and no one is clearly the same person with the others, even the twins !

but although we have our own differences, sometimes we just too afraid to show who really we are, and being common like others. just like this answer that www.exootlab.com give from the question, "What your birthday color say about you ?", which i reply, "Oh soo trueee !"


then i'm asking to myself,
"How many people have the same feeling after knowing answer from exootlab.com ?"
"Why exootlab.com know me (us) so well ?"
"Are they divide us into some categories ?"
"How much the categories that exootlab.com have?

aaaand the final question,
"Can i meet the person who get the same answer with me ?"

well, i always want to meet the person that have the same personality with me, to see how much fun and annoying that i be :P

oookay, get back to your midtest aliaaaa !

= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis