Thursday, March 29, 2012

Dari si Bapak untuk mahasiswa

Check my dad's cool status facebook 8)

mejeng dulu berdua sama si babe ^^;
Adik-adik mahasiswa yang kemarin melakukan demo menentang rencana pengurangan subsidi BBM semua,

Saya ucapkan terimakasih karena sudah bersedia kepanasan, kecapekan, disemprot water canon polisi.

Jika perjuangan adik-adik berhasil, saya akan dapat menghemat pengeluaran bahan bakar mobil pribadi saya yang masih baru.

Adik adik mahasiswa sekalian, sebenarnya saya malu secara tidak langsung digolongkan sebagai masyarakat miskin, mengingat saya adalah pemilik mobil pribadi.

Namun, dengan perjuangan adik-adik sekalian, saya tidak perlu merasa malu untuk membeli bahan bakar bersubsidi. Saya toh tidak melanggar aturan manapun dengan membeli bahan bakar bersubsidi.

Semula, saya bersedia membayar harga yang lebih mahal, agar sebagian uang saya bisa digunakan membantu masyarakat yang sama sekali tidak membeli BBM bersubsidi. Karena kebaikan hati adik-adik sekalian, saya tidak perlu membayar lebih mahal.

Saya juga tidak perlu merasa bersalah jika di dalam bahan bakar yang saya beli dengan harga murah itu ada dana yang mestinya bisa digunakan membantu rakyat miskin, misalnya membeli raskin.

Adik-adik mahasiswa sekalian, percayalah, saya tidak sendirian. Ada jutaan pemilik mobil, bahkan yang mobilnya lebih mewah dari saya (termasuk para anggota parlemen yang mobilnya mewah-mewah itu) dalam hati yang paling dalam ikut mensyukuri perjuangan adik-adik mahasiswa sekalian.

Sekali lagi, terimakasih kami sampaikan untuk adik-adik mahasiswa sekalian. Atas jasa kalian lah kami para pemilik mobil pribadi dapat terus menikmati bahan bakar murah di negeri tercinta ini.

Hidup mahasiswa Indonesia!

(Jika anda mengira bahwa menolak pengurangan subsidi BBM itu membela rakyat miskin, kamilah yang sebenarnya anda bela).

= to be continue =

alia said : kayaknya daripada jadi status mendingan jadi notes aja ya, hehe

Here We Are

Review komiiiiiik ! :D
Cover buku komik volume 16

Komik ini berjudul Bokura Ga Ita (Jepang) / Here We Are (Indonesia) / We Were There (Amerika Utara). Ew, translasi judulnya banyak ya, hehe. Dari wikipedia.org, diketahui bahwa komik ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa seperti Indonesia, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Argentina. Pengarangnya bernama Yuki Obata. Di Jepang, komik ini diterbitkan oleh Shogakukan, di Amerika Utara diterbitkan oleh Viz Media, sedangkan di Indonesia diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Komik ini diterbitkan dalam 16 jilid.

Here We Are pertama kali diterbitkan menjadi serial di majalah komik Betsucomi. Kalau di Indonesia semacam Nakayoshi, Shonen Star, Shonen Magz, Cherry, dan majalah komik lainnya. Serial Here We Are berlangsung cukup lama, yaitu melakukan debut pertama di tahun 2002 dan berakhir di tahun 2012. Chapter terakhirnya, yaitu chapter 70, terbit di Betsucomi pada bulan Februari 2012. Waktu yang lama ini juga dikarenakan Obata Sensei sempat melakukan hiatus selama kurang lebih satu tahun di tahun 2008.

Genre dari komik Here We Are adalah Romantic dengan mengambil segmen shoujo (remaja perempuan). Pada tahun 2005, komik Here We Are mendapat penghargaan Shogakukan Manga Award dalam kategori shoujo. Hingga saat ini, Here We Are sudah diadaptasi ke dalam bentuk anime dan tahun ini akan dibuat live actionnya dengan tokoh utama Ikuta Toma (berperan sebagai Motoharu Yano) dan Yoshitaka Yuriko (berperan sebagai Nanami Takahashi).

Poster Live Action Bokura Ga Ita

Dari wikipedia, live actionnya akan ditayangkan di Jepang dalam 2 part. Part 1 akan tayang di musim semi, dan part 2 akan ditayangkan 4 atau 5 minggu setelahnya. Oya, karena animenya diproduksi di pertengahan sebelum cerita manganya sendiri selesai, maka jalan cerita di anime agak sedikit berbeda dari manganya.

Sinopsis komik :

Dua tokoh utama yang ada di komik ini bernama Nanami Takahashi (Nanami) dan Motoharu Yano (Yano). Keduanya bersekolah di SMA yang sama dan menjadi teman sekelas. Awal perkenalan mereka adalah ketika Nanami menanyakan salah satu nama teman di kelas dan Yano sengaja memberikan nama yang salah. Kejadian ini membuat Nanami merasa malu dan kesal terhadap Yano.

Suatu saat, Nanami mendapatkan nilai jelek dan memutuskan untuk menyendiri di atap sekolah. Ternyata Yano juga ada di sana. Setelah beberapa pertemuan di atap, Nanami mengetahui sedikit tentang masa lalu kelam Yano, yaitu kematian pacarnya setahun lalu akibat kecelakaan mobil. Nanami pun menjadi bersimpati dan perlahan jatuh cinta padanya. Nanami berniat untuk membantu Yano mengatasi rasa trauma akibat masa lalunya itu.

Cover buku komik volume 5

Cerita mengalir sampai pada kelas 3 SMA, saatnya masing-masing menentukan impian masa depannya. Ibu Yano memutuskan untuk pindah ke Tokyo, Yano pun melanjutkan semester akhir SMAnya di Tokyo. Hubungan jarak jauh antara Nanami dan Yano awalnya berlangsung baik. Hingga pada kejadian bunuh diri Ibu Yano yang membuat Yano merasa sangat bersalah dan berpindah tempat tinggal kembali. Mulai saat itu, Nanami sama sekali tidak mendapat kabar apapun tentang Yano walaupun Nanami sudah menyusulnya ke Tokyo untuk menepati janji agar bisa berkuliah bersama di sana.

lima tahun berlalu hingga Nanami dan Yano bertemu kembali. Mereka masing-masing telah menjalani kehidupan yang berbeda. Nanami bekerja sebagai editor di sebuah majalah, berteman dengan Akiko Sengenji, teman sekantornya yang pernah menjadi teman sekelas Yano di Tokyo, dan sempat menjalani hubungan dengan Masafumi Takeuchi, teman SMA Nanami yang juga sahabat Yano. Sedangkan Yano sempat tinggal di Sapporo bersama ibu tirinya. lalu kembali ke Tokyo bekerja di perusahaan arsitektur dan tinggal bersama Yuri Yamamoto, teman sekelas waktu SMA dan juga adik dari mantan pacarnya yang kecelakaan dulu.

Yano tinggal bersama Yuri karena berniat untuk menemani Yuri yang sedang menunggui ibunya yang sakit. Yuri menyukai Yano, tetapi Yano bersedia tinggal bersama hanya karena rasa bersalahnya pada mantan pacarnya dan ibu Yano yang bunuh diri. Takahashi yang mengetahui hal ini merelakan Yano, tetapi tetap tidak bisa melupakan cintanya pada Yano.


Setelah ibu Yuri meninggal, Yuri merelakan Yano untuk meninggalkannya. Yano pun menghubungi Nanami kembali. Beberapa telpon tidak dapat dijawab oleh Nanami karena kesibukannya bekerja. Hingga pada saat Nanami pulang kerja dan hendak pulang menggunakan kereta bawah tanah, mereka dapat berbicara satu sama lain. Tetapi karena menelpon sambil naik tangga, Nanami malah tergelincir jatuh dan dibawa ke rumah sakit. Takeuchi dan Sengenji mengetahui hal ini dari Yano dan segera pergi ke rumah sakit. Yano yang sedang berada di luar kota juga bergegas secepatnya kembali ke Tokyo.

Syukurlah Nanami tidak mengalami cedera yang parah, namun tetap harus dirawat akibat kelelahan bekerja.

Akhir cerita, Nanami dan Yano kembali ke kampung halaman mereka di Hokkaido. Di sana Yano melamar Nanami, yang dilanjut dengan berziarah ke makam Nana, mantan pacar Yano yang meninggal karena kecelakaan.

Opini :

sebenernya komik shoujo itu ada banyaaaaak banget judulnya. tapi hanya sedikit yang konfliknya benar-benar serius dan digarap secara utuh. dan menurut gw, Here We Are adalah salah satu yang sedikit itu :)

penceritaan karakter masing-masing tokoh dibangun secara utuh. jangka waktu yang cukup panjang membuat kita sebagai pembaca tidak merasa bosan, tetapi malah menunggu-nunggu kisah selanjutnya. apalagi setelah Yano pergi ke Tokyo dan mengalami insiden tentang ibunya, jalan cerita jadi terpusat pada Nanami, membuat kita bertanya-tanya bagaimana kabar Yano, yang baru terkuak di volume-volume selanjutnya.

saat komik ini hiatus pun, para pembaca masih begitu semangat membicarakannya. gw sudah berkeliling di internet dan menemukan forum-forum yang berdiskusi tentang jalan cerita yang ada di komik dan mereka-reka jalan cerita selanjutnya antara Yano dan Nanami. para pembaca juga menjadi terbagi dua kubu, yang satu membela Yano, dan satu lagi membela Nanami. sangat seru ketika menyimaknya ^^

oya, artwork Obata sensei ciamik banget loh. warna-warnanya ceria dan soft. apalagi yang dipake jadi cover setiap buku komiknya, sangat menggambarkan perasaan cinta antara Yano dan Nanami ^^ (fyi: cover Here We Are hampir semuanya Yano dan Nanami kecuali di volume 8 saat Yano pergi ke Tokyo dan di volume 12 yang covernya kembang api)

Cover buku komik volume 8
Nanami melepas kepergian Yano ke Tokyo di stasiun

siplah kalo begitu, mari menunggu live actionnya muncullll ! x)

= to be continued =

Wednesday, March 21, 2012

Politik Santun dalam Kartun

the easiest way for people who wants to know about politics in indonesia nowadays. and I want this book too !

I am a fan of Benny and Mice Cartoons. Too bad they get divorce now (err, they're not married alia, please -__-"). but I always adore their works :)

if you like it too, now you can follow Mice's facebook (link) or twitter (@mice_cartoon) to see his daily comics that published in some newspaper :D

= to be continued =

Tuesday, March 20, 2012

i've got my sim !

alhamdulillah, finally i've got my driving license !

yak, kira-kira beginilah wajah sim gw :D
picture from : (link)

didapat pada hari sabtu, 17 maret 2012. proses berlangsung dari pukul 08.30 hingga 13.00.

bangga nggak punya sim ? :P *pertanyaan macam apa ini ?*
nggak sih, biasa aja. apalagi bikinnya pake acara nyogok, ahahaha.

kan gw udah cerita kalo di bulan februari gw ikutan les nyetir yang bertempat di depok. nah si sekolah nyetir inilah yang menawarkan bantuan ke gw. jumlahnya lumayan juga setelah gw searching di internet dan nanya ke bokap (yang juga nyogok tapi udah beberapa taun yang lalu juga sih). sempet kesel dan marah-marah sama si tempat les itu karena udah 2 kali nggak jadi-jadi ngebikin simnya dan yang terakhir ini juga tadinya terancam gagal.

pertama gagal, jadi si tempat les bilang kalo mau bikin sim, si "orang dalem" mereka bisanya antara rabu sama sabtu. trus gw udah confirm nih rabu aja. tapi gw bilang gw bakal baru bayar selasa karena weekend gw pulang ke rumah dan senin gw ada kuliah. si mbak admin udah oke2 aja tuh. eh pas selasa gw mau bayar, mbak adminnya malah bilang nggak bisa karena bayarnya mesti minimal 2 hari sebelumnya. What the.. ! usut punya usut ternyata mbak adminnya ada 2 dan mereka nggak saling berkomunikasi GRRR ! jadilah gw gagal tuh pas rabu. tapi tetep jadi gw bayar pas di selasa itu. yah, yang penting kuitansi udah di tangan lah.

kedua gagal, gw confirm lagi untuk bikin di hari sabtu 2 minggu setelah kegagalan pertama. buat gw cukup sulit ngosongin weekend karena ada bta yang nggak bisa ditinggalin. yaudah nih udah ijin dan udah bikin janji sama bokap biar dianterin, jeng jeeeeeng ! sehari sebelumnya, gw dikasi tau kalo bakal ada sidak dari atasan kepolisiannya ! gagal lah kembali gw sodara-sodara. emang nasib ye gara-gara mau pake cara nggak jujur uhuhu. tapi yaudahlah, mungkin ini hikmah juga soalnya bokap emang abis sakit dan dirawat karena DBD+tipes jadi belum bisa nganter juga

ketiga hampir gagal, soo gw bikin jadwal lagi. udah oke lah ya, bokap bisa nganter, dan ijin bta udah keluar. eh kembali sehari sebelumnya, si mbak admin yang setia mengsms bilang kalo gw bikin sabtu besok bakal lama banget makan waktu dari pagi sampe sore. ealaaaaah ! ini tempat les nyetir minta diapain sih kenapa gw jadi dihalang-halangin buat bikin sim ?? sudahlah karena lagi pms juga, gw semprot aja di sms huahahahahahahah. gw tanya di sana emang ngapain aja sampe lama, gw bilang tentang biaya yang udah gw bayar dan gw ancem mau gw tarik lagi. eh si mbaknya ngebales yaudah kalo mau ngambil balik ambil aje. gini ya kalo ada di posisi butuh tuh seenaknya diombang-ambingkan uhuhu

sebodo teing lah, gw tetep dateng ke kantor polisinya sabtu terakhir itu. dan untunglah ternyata nggak selama yang diterorkan si mbak admin. jam 1 siang gw udah bisa dapet simnya, yeayyy !

proses yang gw lewatin padahal cuma 2 macam, tes teori dan foto. tes teori cuma 15 menit dan foto cuma 5 menit. yang bikin lama apaan ? nunggunya itu lhooooo ! boring abisssss.

kira-kira beginilah suasana ujian teori
picture from : (link)


tes teori cuma dikasi 15 menit untuk menjawab 30 soal. berasa balik ke jaman sma deh mesti jawab pake bulet-buletin LJK hahahah. tapi gw nggak heran kenapa banyak yang nggak lulus, waktunya kurang bro buat mikir ! yang ada jadi mengeluarkan skill nembak kan hahahah. nah, kenapa waktunya sempit banget adalah banyak banget orang yang mau ujian tapi ruang ujiannya hanya sedikit. gw cuma tau ada yang namanya ruang kelas 2 dan kelas 3. nggak tau apakah ada ruang ujian lainnya. jadi walaupun di dalem cuma 15 menit, tapi nunggu orang yang ujian sebelumnya kelar dan dikasi pengarahannya udah 30 menit sendiri.

berlanjut ke tes praktek. nah, gw kan ceritanya nggak pake acara praktek nih. tapi si "orang dalem" sepertinya berharap gw tetap mendapatkan skill-skill praktek walaupun nggak ikutan tes. jadilah gw disuruh ke tempat praktek sekedar mendengarkan pengarahan. tapi si pemberi pengarahan nggak dateng2, malah ada orang yang pake kaos tulisannya "Penguji" cuma ngomong, "Pokoknya sabar aja nunggu ya, ntar pasti kedapetan kok buat praktek. Nggak usah marah2, buang energi dan waktu. Sabar dan santai aja.." ealaaah.. -___-"

semangat mbak ujian prakteknya ! :D
picture from : (link)

lanjut ciao aja ke ruang tunggu buat foto. ternyata supaya bisa foto gw mesti megang formulir yang menyatakan gw lulus teori dan praktek. nunggu lageee. kayaknya 2 jam ada kali tuh. pas mau foto juga ngantri di depan loket. gw milih loket khusus wanita. tapi ya gitu kalo cewe2 ngantri kan. pas udah dibuka pintunya buat masuk, pada dorong2an seru banget. tas gw sempet kejepit padahal badan gw udah masuk. alhasil berentilah di depan pintu buat narik2 tas dulu. untung tas gw kuat ya alhamdulillah jadi ga brodol digencet2 hahahahha.

satu loket juga cuma ada satu alat foto + sidik jari + tanda tangan. padahal satu loket sekali putaran bisa diisi 30 orang. yasudlah, ngantri lageeee.

nah abis foto, ke ruang tunggu untuk ngambil sim yang udah jadi. nah ngantri yang ini menyenangkan nih karena nggak begitu lama dan abis itu selesailah perjuangan mendapatkan sim ! yeayyyyyyy !

yak, itulah sekelebat perjuangan gw dalam mendapatkan sim. sayang gw nggak sempet foto suasana di kantor polisi sana untuk bukti betapa rame dan nggak efisiennya proses yang ada di sana. yasudlah ya, god bless calo ! hahahahahahah

= to be continued =

Wednesday, March 14, 2012

keep fighting !

Takdir bukanlah suatu ketetapan yang telah dipastikan sejak awal. Semua tergantung dengan hasil ikhtiar dan tawakal seseorang.

Nggak ada orang yang ditakdirkan menjadi dokter. Yang ada, muncul orang-orang yang ingin menjadi dokter, memiliki tujuan yang baik dengan ingin menjadi dokter, terus-menerus belajar menjadi dan melalui tahap-tahap yang mesti dilewati untuk menjadi dokter, lalu konsisten berdoa meminta ridha Allah untuk melapangkan jalannya. Jika sudah begitu, tinggal tawakal kepada Allah, insyaAllah jika itu semua untuk tujuan yang baik, Allah akan menunjukkan jalanNya.

Maka untuk semua cita-cita, jangan menunggu dia datang, tapi teruslah berusaha dan berdoa untuk menggapainya. Tetap semangat !

Quote by Haryo Wisanggeni

= to be continued =

a few things from Personality Puzzle

Buku Personality Plus merupakan salah satu buku bertema Psikologi yang gw sukai. Banyak hal yang gw dapat dari buku ini, terutama tentang bagaimana memahami karakteristik kekuatan, kelemahan, dan bagaimana bergaul dengan berbagai tipe orang. Di buku ini, pengarangnya membuat 4 klasifikasi kepribadian : Sanguinis yang Populer, Melankolis yang Sempurna, Koleris yang Kuat, dan Phlegmatis yang Damai. setelah mengikuti kuisnya, gw mengetahui bahwa gw berkepribadian sebagai Phlegmatis yang Damai :)

Bulan Januari kemarin, ketika ke toko buku, gw melihat serial buku Personality Plus yang lain, yaitu Personality Puzzle ! sebenarnya kalau dilihat dari tanggal terbit, dia sudah muncul dari tahun 1997, tapi karena baru lihat jadi saya menganggapnya buku baru haha. dan seperti biasa, buku ini memberikan ketertarikan yang sama bagi gw untuk membacanya.



gw akan share sedikit tentang Phlegmatis yang Damai yang buat gw cukup menarik :)

----------------------------------------------

Kepingan Phlegmatis yang Damai tidak tampak jelas bagi pengamat sambil lalu. Tetapi ditemukan bahwa kebutuhan emosional orang Phlegmatis yang Damai adalah penghormatan dan perasaan diri berharga.

Karena sifat mereka yang pendiam dan puas diri, orang Phlegmatis yang Damai tampaknya merasa senang di mana pun mereka berada dan apapun yang terjadi. Penampilan itulah yang memberi mereka kebutuhan akan penghormatan dan perasaan diri berharga.

Watak Sanguinis yang Populer mengukur orang dengan seberapa lucu dan menyenangkan mereka. Karena orang Phlegmatis yang Damai biasanya tidak menciptakan kelucuan dan kegembiraan, orang Sanguinis yang Populer cenderung tidak menghargai orang Phlegmatis yang Damai.

Watak Melankolis yang Sempurna menghargai orang yang mengatur kehidupannya, mendalam, dan berpikir masak-masak. Karena orang Phlegmatis yang Damai cenderung mengambang dalam kehidupan dan mungkin tidak pernah membual mengenai kehidupannya, orang Melankolis yang Sempurna mungkin tidak pernah menghargai orang Phlegmatis yang Damai.

Orang Koleris yang Kuat menilai seluruh kehidupan dengan produksi, dan karena orang Phlegmatis yang Damai lebih suka beristirahat daripada bekerja, mereka sering dibuat merasa tidak berharga oleh orang Koleris yang Kuat.

Kehidupan yang diluputkan dari perhatian dan mendapat penghormatan rendah menciptakan keinginan yang mendalam akan penghargaan dan rasa diri berharga pada orang-orang Phlegmatis yang Damai.

diambil dari buku Personality Puzzle karya Florence Littauer dan Marita Littauer

= to be continued =

Wednesday, March 7, 2012

that's why i hate them


= to be continued =
© alia's blog 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis